Wow, Wanita Ini Melukis Dengan Teknik Muntah

Apa kamu pecinta seni? Banyak sekali berbagai macam seni di belahan dunia ini, salah satunya adalah seni lukis. Seni yang satu ini tidak semua orang bisa melakukannya, hanya orang-orang berbakat saja yang bisa. Membuat lukisan juga membutuhkan teknik-teknik agar mendapatkan hasil yang sempurna. Kalau ngomongin teknik dalam seni lukis, ada seorang wanita yang melakukan dengan cara muntah. Yap, mungkin kamu langsung penasaran kan apa maksudnya atau kamu berpikiran bagaimana bisa melukis dengan muntah. Daripada kamu bingung, mari simak artikel di bawah ini.

Mengenal Seni Lukis

Menurut para ahli, seni lukis adalah ungkapan perasaan pencipta yang disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan pelukis. Melukis merupakan kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu. Medium lukisan bisa berbentuk apa saja seperti kanvas, kertas, papan dan bahkan film di dalam fotografi bisa dianggap sebagai media lukisan.

Sedangkan lukisan adalah salah satu karya seni yang unik dan sarat akan makna keindahan. Seseorang yang memiliki jiwa apresiasi seni yang tinggi tak akan memperhitungkan nilai uang yang harus dikeluarkan demi mendapatkan lukisan idaman. Lukisan yang indah tentu saja diciptakan oleh para pelukis-pelukis yang sudah handal.

Alat: 

  • Kuas
  • Palet
  • Alat pembersih kuas
  • Pisau palet
  • Easel (penjepit kanvas)

Bahan:

Cat dan Tinta: Cat dan tinta yang biasanya digunakan dalam melukis antara lain cat air, cat minyak, cat poster, cat akrilik, cat tekstil dan tinta bak. Selain menggunakan cat atau tinta, pelukis juga bisa menggunakan pensil warna ataupun pastel atau crayon.

Teknik dalam melukis:

Seni lukis memiliki sejarah yang panjang dalam perkembangannya dan pada setiap era memiliki tujuan dan fungsi tertentu. Teknik yang berbeda juga akan menghasilkan karya yang berbeda. Teknik seni lukis juga terdiri dari beberapa ragam berdasarkan sudut pandang tinjauannya. Berikut ini adalah teknik-teknik yang dipakai oleph para seniman:

  • Teknik Aquarel: Teknik ini adalah teknik melukis menggunakan cat air (aquarel) dan goresan warna yang tipis, sehingga lukisan yang dihasilkan teknik melukis ini terkesan tembus pandang atau transparan. Pada teknik ini baiknya menggunakan cat yang sedikit encer agar menghasilkan sapuan yang tipis dan ringan. Media yang sering digunakan dalam teknik ini yaitu kertas lukis. Teknik aquarel umum biasanya diterapkan pada kegiatan melukis di sekolah dengan menggunakan cat air dan kertas gambar.
  • Teknik Spray: Teknik lukis spray adalah teknik melukis dengan cara menyemprotkan cat ke media lukis. Cara melukis teknik ini adalah menggunakan bahan cair yang kemudian disemprotkan dengan alat sprayer.
  • Teknik Plakat: Plakat ini merupakan teknik melukis yang menggunakan cat air, cat akrilik atau cat minyak dengan sapuan warna cat yang tebal dan kental, sehingga lukisan yang dihasilkan akan tampak pekat atau menutup seluruh medianya.
  • Teknik Pointilis: Teknik ini membutuhkan kesabaran yang lebih daripada teknik lukis lainnya, karena cara kerjanya dengan menggunakan titik-titik untuk menghasilkan lukisan yang menawan. Sering kali para pelukis menggunakan gradasi warna untuk mengatur gelap terang lukisan.

Aliran-Aliran Dalam Seni Lukis

Selain menggunakan teknik, seni lukis juga memiliki aliran-aliran. Jenis lukisan biasanya dibedakan berdasarkan aliran yang dianut oleh seniman lukis. Adapun jenis aliran seni lukis yang sering dipilih oleh beberapa seniman seperti berikut ini:

Aliran Realisme

Aliran realisme merupakan salah satu aliran yang populer di dunia. Lukisan yang beraliran realisme biasanya mengangkat potret-potret kehidupan yang digambarkan se-real mungkin tanpa penambahan unsur-unsur estetika tertentu.

Aliran Kubisme

Aliran ini cenderung melakukan usaha abstraksi terhadap objek ke dalam bentuk-bentuk geometri untuk mendapatkan sensasi tertentu. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Pablo Picasso.

Aliran Naturalisme

Naturalisme biasanya menggambarkan keajaiban dan keindahan alam sebagai objek lukisan. Pelukis dari aliran naturalisme biasanya akan melukiskan keindahan alam dari aspek-aspek sudut pandang yang menarik dan harmonis. Kadang kala aliran naturalisme sering disamakan dengan aliran realisme. Salah satu tokoh pelukis yang dikenal dengan aliran naturalisme yang menyerupai realisme adalah Monet.

Aliran Impresionisme

Aliran Impresionisme adalah seni yang berusaha menampilkan kesan yang ditangkap objek. Aliran Impresionisme juga biasanya memiliki gambar yang agak kabur dan tidak mendetail.

Melukis Dengan Teknik Muntah

Pada awalnya pasti kamu berpikiran bagaimana bisa melukis dengan muntahan namun ini memang benar adanya lho guys. Seorang pelukis bernama Millie Brown asal Inggris ini sangat unik dalam menuangkan idenya. Ia menggunakan muntahannya sendiri. Sebelum melukis, ia akan meminum susu kedelai yang telah diberi pewarna kemudian sengaja memuntahkannya di atas kanvas putih.

Seniman cantik ini punya cara yang cukup kontroversial untuk menghasilkan karya-karya lukisnya yang abstrak. Cara unik ini rupanya telah dilakukan Millie Brown sejak tahun 2005 silam. Banyak orang pun mengaitkannya dengan seniman bernama Jackie Pollock yang terkenal dengan gaya melukisnya bernama ‘drip painting’. Millie pun tak menyangkal jika dirinya memang terpengaruh dari seniman Jackie Pollock. Namun Millie lebih nyaman jika gaya berkaryanya ini disebut lebih orisinil.

Walau sering memuntahkan minuman secara sengaja, Brown mengatakan hal tersebut tidak mempengaruhi kesehatannya. Ia tetap mempertahankan gaya hidup vegan yang sehat dan selalu memberi jeda selama sebulan untuk setiap penampilannya. Ia mengaku bisa meminum hingga 4 liter susu, tergantung apakah dirinya akan tampil secara langsung atau hanya melukis diatas kanvas kecil. “Tiap kali minum susu, saya hanya meminum yang warnanya sama sehingga warna tersebut tidak bercampur di dalam perut. Bila ingin meminum warna lain, saya akan keluar ruang pertunjukkan dulu agar tubuh cepat pulih kembali,” jelas Brown.

Ia pun juga mengatakan ketika beraksi untuk difilmkan, Millie bahkan sempat mengalami migrain. Pasalnya, ia harus muntah sepanjang syuting yang dilakukan selama berjam- jam. Kendati demikian, ia tetap merasa baik baik saja. “Saat syuting adalah yang paling menguras tenaga. Kamu harus muntah seharian penuh yang pada akhirnya membuatmu migrain, tapi aku selalu merasa baik-baik saja setelah perform, ini seperti pembersihan tubuh dan pikiran,” jelas Millie.

Millie menuturkan reaksi publik ternyata sangat beragam. Pujian hingga ancaman mati pernah Millie terima gara-gara aksi melukisnya yang unik itu. “Reaksi orang-orang terhadam karya-karyaku sangat beragam. Mulai dari tertawa hingga menangis, memuji hingga diancam mati”, jelasnya.

Gimana menurut kalian semua tentang teknik lukis yang dilakukan seniman cantik tersebut? Sangat mengagumkan atau malah membuat kamu juga ingin muntah ketika melihatnya? Ya, gimanapun setiap orang memiliki cara masing-masing untuk mengekspresikan karyanya. Sekian dulu ya pembahasan kita kali ini dan semoga bermanfaat untuk para pembaca.