Olahraga Unik ‘Human Flag’ Bagaikan Bendera Yang Sedang Berkibar

“Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat”, kamu pasti udah gak asing lagi kan dengan pribahasa yang satu ini? Untuk mendapatkan jiwa yang sehat tentu kamu harus menjaga tubuh dimulai dari makanan dan istirahat yang cukup. Namun kedua itu tidak cukup kalau belum dilengkapi dengan berolahraga. Yap, tentu saja kamu harus berolahraga.

Banyak berbagai macam olahraga yang bisa kamu lakukan mulai dari yang ringan sampai yang berat. Nah ngomongin masalah olahraga, ada satu olahraga terbaru bernama Human Flag. Untuk lebih jelasnya lagi bagaimana sebenarnya olahraga tersebut, yuk sama-sama kita bahas di artikel ini.

Pengertian Olahraga

Pengertian olahraga secara umum adalah salah satu aktivitas fisik maupun psikis seseorang yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan seseorang setelah olahraga. Kata Olahraga datang dari bahasa Perancis Kuno desport yang bermakna “kesenangan”, serta pengertian berbahasa Inggris tertua ditemukan seputar tahun 1300 yakni “segala hal yang mengasyikkan serta menghibur untuk manusia”.

Setiap orang yang bergerak adalah orang yang melakukan olahraga, jadi olahraga merupakan suatu aktivitas gerak tubuh. Gerak yang dimaksud seperti berjalan, berlari, berdiri, jongkok, melompat, meloncat, melempar, menggenggam dan sebagainya. Dengan demikian aktivitas sehari-hari yang kita lakukan adalah olahraga.

Meskipun dikatakan begitu, kegiatan yang dilakukan sehari-hari masih kurang untuk membuat atau membentuk tubuh. Sehingga diperlukan aktivitas tambahan untuk mengolah tubuh seperti jogging, berenang, basket, sepakbola, bulu tangkis dan lain sebagainya.

Olahraga merupakan kesibukan yang benar-benar utama untuk menjaga kesehatan seorang. Olahraga juga adalah satu diantara cara utama untuk mereduksi stress. Olahraga juga adalah satu tingkah laku aktif yang mempengaruhi manfaat kelenjar didalam badan untuk menghasilkan system kekebalan badan dalam usaha menjaga badan dari masalah penyakit dan stress.

Berbicara tentang olahraga yang jika diartikan dalam bahasa Inggris yaitu sport, makna sport sendiri menurut UNESCO adalah “setiap aktivitas tubuh berupa permainan yang berisikan perjuangan melawan unsur-unsur alam, orang lain ataupun diri kita sendiri”.

Manfaat olahraga

Dengan berolahraga, tidak hanya otot-otot yang terlatih tetapi sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh pun menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh menjadi optimal. Tubuh akan terasa segar dan otak sebagai pusat saraf pun akan bekerja menjadi lebih baik. Berikut ini adalah manfaat dari olahraga yang baik untuk kesehatan:

  • Meningkatkan Fungsi Otak: Keteraturan dalam berolahraga dapat membantu meningkatkan konsentrasi, kreativitas dan kesehatan. Dengan olahraga, jumlah oksigen di dalam darah akan meningkat sehingga memperlancar aliran darah menuju otak. Hal tersebutlah yang berperan dalam meningkatkan fungsi otak.
  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh: Olahraga yang dilakukan dengan teratur akan meningkatkan fungsi hormon-hormon dalam tubuh di mana hormon-hormon ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Meringankan Kerja Jantung: Olahraga teratur bisa membuat kinerja jantung menjadi ringan karena dengan olahraga bisa membantu jantung dalam mengalirkan darah atau memompa darah ke seluruh tubuh.
  • Mencegah Terjadinya Obesitas: Obesitas bisa dicegah dengan melakukan olahraga secara teratur. Penyebabnya adalah ketika sedang berolahraga, lemak dan kadar kolesterol di dalam tubuh akan dibakar saat berolahraga sehingga tubuh akan tetap ramping dan terhindar dari kegemukan atau obesitas.

Olahraga Yang Menyerupai Bendera Di Tiang

Olahraga yang ada di dunia memang berbagai macam, namun yang satu ini begitu unik. Yap, human flag. Dari segi namanya sih pasti ada hubungannya dengan bendera. Ada yang berolahraga karena ingin menurunkan berat badan, ingin mengecilkan anggota tubuh tertentu atau membentuk otot. Apapun motivasinya, berolahraga membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Kalau ingin melatih atau membentuk otot, ada beragam jenis olahraganya antara lain pull up dan angkat beban. Nah ada satu lagi yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa membentuk otot dengan olahraga tersebut. Human flag adalah gerakan latihan yang membuat tubuh sejajar dengan tanah dan bertumpu pada tiang. Jadi seolah-olah tubuh adalah bendera yang dikibarkan di tiang.

Teknik latihan kekuatan ini terbilang cukup sulit karena menggabungkan dua kekuatan yaitu kekuatan tangan dan kekuatan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Olahraga ini memerlukan latihan sangat intensif pada bagian perut, tangan dan bagian lainnya.

Sebagian orang pun melakukan olahraga ini pun di berbagai tempat, misalnya di jalan raya, di pinggir tebing yang bawahnya laut atau sungai bahkan ada yang melakukannya di atas gedung pencakar langit. Bukan hanya di tiang, gerakan human flag juga bisa dilakukan di bebatuan yang ada di tebing pantai. Tapi ingat ya guys, faktor keselamatan tetap harus diutamakan. Pilihlah batu yang posisinya tidak terlalu menonjol sehingga ketika tubuh di angkat, kepala tidak membentur batu.

Olahraga memang penting, tapi kalau kamu melakukannya di atas gedung yang tinggi sih itu namanya mengundang bahaya untuk diri sendiri. Yang perlu diingat lagi, tidak sembarang orang bisa melakukan gerakan ini. Orang-orang yang berlatih human flag biasanya sudah terlatih atau sangat terlatih sehingga terbiasa dengan gerakan yang mengandalkan kekuatan otot tangan.

Nah, demikianlah uraian di atas tersebut tentang olahraga terbaru bernama human flag. Sepertinya olahraga tersebut sangat seru ya, namun harus tetap berhati-hati juga saat melakukannya. Sampai sini dulu perjumpaan kita dan sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya.