Gak Cuma Enak di Mulut, Ternyata Rujak Juga Banyak Manfaatnya

Kalau udah ngomongin rujak, hmmm pasti gimana gitu rasanya, ada pedas campur manis pokoknya nikmat sekali. Apalagi kalau makan rujak sambil ditemenin segelas es doger, wah makin mantap deh. Tapi, ngomongin tentang rujak, sebenarnya rujak berasal darimana ya? Hayo pasti bingung kalau ditanya seperti itu kan? Nah daripada penasaran, yuk kita lihat jawabannya di artikel berikt ini.

Mengenal Tentang Rujak

Rujak adalah semacam salad yang terbuat dari buah-buahan segar dengan saus manis pedas. Buah-buahan yang dipakai antara lain: mangga muda, bengkuang, salak, pepaya yang hampir matang, kedondong, jambu, timun, belimbing dan lain-lain. Saus yang dipakai terbuat dari gula jawa, kacang tanah, asam, garam, jeruk nipis dan cabai. Buah dikupas terlebih dulu, dicuci lalu diiris tipis-tipis. Bahan untuk saus dihaluskan lalu diberi sedikit air agar kental. Saus kemudian disiramkan ke atas buah-buahan sebelum disantap.

Rujak merupakan makanan tradisional yang banyak disukai oleh semua orang mulai dari anak-anak sampai kakek nenek kita. Di Jawa, campuran buah-buahan tersebut adalah salah satu unsur penting dalam upacara tujuh bulanan. Ketika seorang wanita hamil dan usia kandungannya sudah memasuki usia tujuh bulan, maka akan diadakan upacara tujuh bulanan. Salah satu makanan yang ada dalam upacara itu adalah rujak. Berbeda dengan yang biasa, rujak yang dipakai dalam upacara ini menggunakan bahan dari kulit bagian dalam kelapa muda yang dicincang sampai berbentuk serat pendek dan kecil-kecil dan dicampur dengan cincangan kecil buah-buahan.

Buat ibu-ibu yang sedang hamil muda pasti selalu memburu rujak untuk melampiaskan ngidamnya. Entah benar entah tidak ngidamnya bisa hilang setelah makan rujak, cuma ibu hamil itulah yang tahu hehehe. Meskipun begitu, pada kenyataannya rujak memang identik dengan ibu hamil.

Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini, mulai dari perkampungan sampai kota-kota besar pasti tau. Makanan ini gampang banget dijumpai di pinggir jalan bahkan ada toko yang memang khusus menjual rujak. Kamu kalau lagi kepengen makan buah-buahan segar yang disiram bumbu kacang yang nikmat, silahkan deh keliling-keliling dijalanan pasti entar ketemu sama abang penjual rujak dan rasakan sensasi pedas manisnya. Kamu juga bisa kok minta ke penjualnya mau rujak yang pedas banget, yang pedasnya sedang bahkan sama sekali tidak pedas juga bisa karena cabai yang dipakai sedikit saja.

Jenis – Jenis Rujak

Nah, rujak ini tidak hanya ada satu jenis saja lho. Banyak berbagai macam jenisnya dan ada campuran sayurnya juga tergantung daerah asalnya seperti berikut ini:

Rujak bebeg

Rujak bebeg atau rujak bebek berasal dari pulau Jawa khususnya Cirebon. Biasa dihidangkan saat hajatan tujuh bulanan bagi ibu hamil dan mempunyai rasa yang sangat segar. Dinamakan rujak bebeg sebab cara membuatnya diebek-ebek atau dilumatkan. Potongan buah mangga, mentimun, jambu, bengkuang, nanas bahkan mengkudu dimasukkan dalam lesung kecil atau alu lalu ditumbuk bersama bumbu yang terbuat dari gula merah, terasi, asam jawa serta cabai dan garam.

Rujak cingur

Yang paling terkenal dan nikmatnya tak diragukan adalah rujak cingur dari Surabaya, Jawa Timur. Cingur adalah mulut atau moncong sapi yang direbus dan diiris menjadi campuran bersama timun, bendoyo, bengkuang, lontong, tahu, tempe, kecambah, kangkung dan sayur alur. Gurihnya kacang yang diuleg bersama petis, cabai dan pisang klutuk menjadikan rujak cingur sebagai salah satu rujak terbaik yang pernah ada.

Asinan

Asinan dihasilkan dari pengacaran buah dan sayuran menggunakan garam dan cuka. Bedanya adalah asinan ini disajikan dalam keadaan asam, manis, asin sementara rujak disajikan segar. Dari jenis asinan yang ada, asinan betawi dan asinan bogor paling digemari. Asinan betawi lazim berisi sayuran seperti sawi, kubis, tauge, tahu, selada dan kuahnya diberi tumbukan kacang yang sudah bercampur cuka dan cabai. Selain itu, asinan betawi juga dilengkapi krupuk mi. Sementara itu, asinan bogor berisi potongan buah segar yang telah diacar seperti mangga muda, jambu air, pepaya mengkal, kedondong, bengkuang serta nanas dan disajikan bersama kuah cuka yang asam, manis, segar dengan taburan kacang goreng.
Enak gak ya?

Rujak petis Madura

Cara membuatnya sederhana saja, petis dari pulau Madura yang asin dan pekat dihaluskan bersama air dan cabai hingga bisa dicocol dengan potongan buah mangga muda atau mentimun. Menikmati rujak petis ala Madura sangat cocok ditemani segelas es dawet penghilang dahaga. Hmmm segerrrr banget pastinya.

Rujak asin

Di Paciran, Kabupaten Lamongan, kita bisa menjumpai rujak asin yang dari segi rasa hampir sama dengan rujak petis Madura. Hanya saja rujak asin menggunakan campuran kacang, terasi, asam jawa serta pisang klutuk yang ditumbuk jadi satu sebagai bumbunya lalu dicocol dengan potongan buah berukuran besar.

Manfaat Rujak Untuk Kesehatan

Terlepas dari ibu hamil yang ngidam rujak, ternyata rujak sendiri memiliki manfaat untuk kesehatan. Gimana tidak sehat, secara semua buah-buah yang digunakan untuk membuat rujak memiliki banyak vitamin yang bisa menyehatkan tubuh.

Mangga

Selain tinggi vitamin C, mangga juga memiliki beberapa senyawa antioksidan diantaranya quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam gallic dan methylgallat. Semua senyawa tersebut dapat membantu mencegah kanker payudara, kanker usus besar, kanker prostat dan bahkan leukemia.

Kedondong

Kedondong merupakan salah satu buah dengan antioksidan potensial dan mengandung vitamin A dan C. Antioksidan dalam buah ini dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, mempercepat pemulihan pasca sakit, meningkatkan kesehatan kulit hingga mencegah kanker.

Nanas

Nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang baik untuk pencernaan. Enzim tersebut membantu memudahkan pencernaan dalam memecah makanan dengan protein terkonsentrasi (misalnya daging). Selain itu, nanas juga tinggi vitamin C.

Jambu air

Kandungan serat dan kombinasi nutrisi lainnya (seperti vitamin A, vitamin C, zat besi dan kalium) dalam jambu air telah diteliti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Hal ini berarti menurunkan risiko terkena aterosklerosis serta mencegah stroke dan serangan jantung.

Bengkoang

Bengkoang memiliki kandungan serat yang tinggi terutama inulin. Serat larut ini membantu mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus guna menjaga kesehatan pencernaan dan daya tahan tubuh. Selain itu, buah ini juga rendah kalori sehingga baik untuk mereka yang sedang diet.

Mentimun

Rajin makan mentimun dapat memperlancar buang air besar. Ini karena mentimun memiliki kadar air tinggi sehingga baik untuk menghidrasi tubuh. Selain itu, kandungan pektin di dalamnya berperan dalam mencegah konstipasi.

Nah, itu dia kurang lebih penjelasan tentang rujak, gimana? Pasti langsung ngilerrr tuh makan buah-buahan segar tersebut kan? Gak cuma itu, rujak juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Sering-sering deh mengkonsumsi segarnya buah yang dicampur bumbu kacang yang nikmat itu ya biar tetap sehat.