Cuma Di Sini Kamu Bisa Makan Disaat Gempa 7,8 SR, Gak Percaya?

Gempa adalah hal yang paling ditakuti setiap orang, makanya ketika gempa terjadi semua orang merasa panik. Ada yang berlari sana-sini dan ada juga yang bersembunyi di bawah meja untuk menyelamatkan diri. Kalau kamu sendiri, apa yang akan kamu lakukan? Namun kali ini yang akan kita bahas adalah bukan gempa biasa yang sering terjadi karena gunung meletus, melainkan gempa buatan yang terjadi pada sebuah cafe. Mau tahu gimana kelanjutannya? Yuk, kita simak aja langsung.

Pengertian Gempa

Gempa bumi adalah getaran atau getar getar yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi (lempeng Bumi). Frekuensi suatu wilayah mengacu pada jenis dan ukuran gempa bumi yang dialami selama periode waktu. Gempa bumi diukur dengan menggunakan alat Seismometer.

Apa itu skala ritcher? Skala ritcher atau SR didefinisikan sebagai logaritma (basis 10) dari amplitudo maksimum yang diukur dalam satuan mikrometer dari rekaman gempa oleh instrumen pengukur gempa (seismometer) Wood-Anderson pada jarak 100 km dari pusat gempanya.

Penyebab Terjadinya Gempa

Kebanyakan gempa bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang disebabkan oleh lempengan yang bergerak. Semakin lama tekanan itu kian membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan dimana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan dan pada saat itulah gempa bumi akan terjadi.

Pergeseran lempeng bumi dapat mengakibatkan gempa bumi karena dalam peristiwa tersebut disertai dengan pelepasan sejumlah energi yang besar. Selain pergeseran lempeng bumi, gerak lempeng bumi yang saling menjauhi satu sama lain juga dapat mengakibatkan gempa. Hal tersebut dikarenakan saat dua lempeng bumi bergerak saling menjauh akan terbentuklah lempeng baru diantara keduanya.

Lempeng baru yang terbentuk memiliki berat jenis yang jauh lebih kecil dari berat jenis lempeng yang lama. Lempeng yang baru terbentuk tersebut akan mendapatkan tekanan yang besar dari dua lempeng lama sehingga akan bergerak ke bawah dan menimbulkan pelepasan energi yang juga sangat besar. Terakhir adalah gerak lempeng yang saling mendekat juga dapat mengakibatkan gempa bumi. Pergerakan dua lempeng yang saling mendekat juga berdampak pada terbentuknya gunung. Seperti yang terjadi pada gunung Everest yang terus tumbuh tinggi akibat gerak lempeng di bawahnya yang semakin mendekat dan saling bertumpuk.

Akibat Gempa Bumi

  • Bangunan roboh
  • Kebakaran
  • Jatuhnya korban jiwa
  • Permukaan tanah menjadi retak dan jalan menjadi putus
  • Tanah longsor akibat guncangan
  • Banjir akibat rusaknya tanggul
  • Gempa di dasar laut yang menyebabkan tsunami

Serunya Makan Sambil Merasakan Getaran Gempa

Ketika kamu sedang makan lalu tiba-tiba gempa, apa yang kamu lakukan? Apalagi kalau bukan lari untuk menyelamatkan diri. Tapi, tunggu dulu guys, kamu tidak akan melakukan hal tersebut ketika sedang berada di Disaster Cafe yang berada di Lloret de Mar, Spanyol.

Kenapa? Ketika gempa terjadi yang harus kamu lakukan adalah menjaga keseimbangan tubuh dan berharaplah makanan atau minuman kamu tidak jatuh. Disaster Cafe menyajikan pengalaman makan yang tidak akan kamu lupakan. Setiap pesanan makanan datang pada pengunjung, maka seisi kafe akan diguncang dengan gempa berkekuatan 7,8 skala ritcher.

Tempat ini sangat populer di Spanyol dan setiap pengunjung harus memesan meja terlebih dahulu jauh-jauh hari untuk mendapatkan tempat di kafe ini. Dari luar, bangunan kafe ini nampak biasa saja dan sama sekali tidak menggambarkan apa yang sedang terjadi di dalamnya. Begitu kamu memasuki ruangan kafe ini, hal pertama yang akan kamu jumpai adalah model anak tangga yang di desain dengan tema serba alien dan angkasa luar.

Saat akhir pekan pengunjung dapat menikmati pertunjukan bertema alien dan beberapa pertunjukan yang sangat menarik lainnya. Pada lantai kedua, pengunjung akan dibuat tercengang dengan nuansa yang ditampilkan. Pengunjung seolah-olah sedang dibawa menuju pusat bumi yang sangat dalam. Tempat duduknya pun sangat unik layaknya seperti sedang duduk di bebatuan gua.

Selanjutnya hal aneh yang akan mengejutkan kamu adalah pelayan yang mengenakan peralatan keselamatan seperti helm yang dipakai para pekerja di terowongan. Kemudian ketika pesanan datang, hal aneh yang membuat kamu heran adalah berat makanan yang berbeda dengan berat makanan pada umumnya. Tetapi ini tidak mempengaruhi kelezatan makanan yang disajikan kok.

Ketika menikmati makanan pastikan kaki kamu selalu menapak pada lantai seperti posisi siap berdiri. Karena beberapa saat setelah menikmati makanan kamu, gempa dengan kekuatan 7,8 skala ritcher akan mengguncang tempatmu berada. Lampu padam dan suara teriakan wanita pasti sangat kencang. Benda apapun di ruangan tersebut akan berhamburan seperti layaknya saat gempa terjadi.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir dengan cidera selayaknya ketika terjadi gempa yang alami. Yang harus diingat ketika mengunjungi kafe ini jangan sampai kamu mengenakan pakaian mahal atau baju kesayangan kamu ya guys. Karena makanan dan minuman yang tumpah ketika guncangan terjadi bisa saja mengotori pakaian kamu. So, lebih baik pakai kaos oblong aja deh hehehe.

Nah, begitulah kira-kira kisah di balik Disaster Cafe tersebut, seru juga kayaknya ya guys. Gimana menurut kamu, tertarik untuk mencobanya?