Bagaimana Bisa Ikan Mas Mengubah Air Menjadi Alkohol? Simak Ulasannya

Hello guys, ada info terbaru nih mengenai ikan mas. Apa ya kira-kita, apa harganya menaik atau menurun? Ohhh jangan-jangan ikan mas nya berubah nama? Hmmm semua jawaban salah, so what? Info terbarunya adalah kalau ikan mas dapat membuat air berubah jadi alkohol. Hah bagaimana bisa? Mau tau jawabannya kan guys, silahkan baca di sini.

Mengenal Tentang Ikan Mas

Ikan mas merupakan ikan yang sangat disukai masyarakat Indonesia. Ikan ini salah satu jenis ikan yang mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi dan hal itu bisa dibuktikan dengan begitu mudahnya kita mendapatkan ikan mas di mana pun kita berada tak terkecuali di negara-negara Asia sekalipun. Di Indonesia, ikan mas mulai dipelihara sekitar tahun 1920-an. Ikan mas yang terdapat di Indonesia merupakan ikan mas yang dibawa dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang.

Siklus hidup ikan mas dimulai dari perkembangan di dalam gonad atau ovarium pada ikan betina yang menghasilkan telur dan testis pada ikan jantan yang menghasilkan sperma. Ikan ini tergolong jenis omnivora, yakni ikan yang dapat memangsa berbagai jenis makanan baik itu yang berasal dari tumbuhan maupun binatang renik. Namun makanan utamanya adalah tumbuhan dan binatang yang terdapat di dasar dan tepi perairan.

Cara makan ikan yang punya habitat di perairan dangkal hingga sedang dan berarus tenang ini cukup unik. Ia membuka mulutnya lebar-lebar dan kemudian menyedot makanannya seperti alat penghisap. Dalam kondisi nafsu makan yang tinggi, apapun yang dianggapnya makanan akan dihisap kemudian dicicipi dan yang bukan makanan akan dibuangnya dengan cara disemburkan.

Nah buat para pemancing disarankan di pagi hari disaat sinar matahari mulai menyentuh permukaan kolam. Biasanya ikan mas akan mudah menyambar umpan. Karena dari kebiasaan peternak yang suka ngasih makan ikan di pagi hari, sedangkan kalau kita mancing ikan mas di siang hari kurang bagus karena suhu air melebihi ambang batas daya tahan ikan. Akan lebih buruk lagi kalau kondisi kolamnya dangkal, kurang dari 0,75 meter. Mancing ikan mas juga baik kalau dilakukan sore hari atau malam hari sampai pukul 24.00.

Klarifikasi Dan Ciri-Ciri Ikan Mas

Nah mau tau kan mengenai ikan mas lebih dalam, ikan ini memiliki sifat yang sangat adaptif pada setiap lingkungan baru sehingga ikan mas ini dengan ragam strain-nya tersebar luas berbagai daerah dan mancanegara. Umumnya, bentuk tubuh ikan mas agak memanjang dan sedikit memipih ke samping (compressed). Sebagian besar dari tubuh ikan mas tertutup oleh sisik kecuali beberapa strain yang hanya mempunyai sisik yang sedikit. Mulutnya ada di ujung tengah atau terminal dan dapat disembulkan.

Di bibirnya yang lunak ada dua pasang sungut yang tidak bergerigi. Di bagian dalam mulut ada gigi kerongkongan (pharynreal teeth) sebanyak 3 baris geraham. Insang ikan mas terletak pada bagian depan, insang ikan terdiri dari 3 bagian yaitu tulang lengkung insang, tapis insang dan juga lembaran daun insang. Selain itu, ikan mas ini tidak mempunyai lambung asli dan hanya menggunakan lambung palsu untuk penyimpanan makananan sementara.

Seperti halnya bunglon, ikan mas jenis koki dapat merubah warna sisiknya sesuai dengan warna tempat dimana ia disimpan , ikan bernama latin Cyprinus carpio ini mampu memproduksi pigmen bila terkena cahaya. Saat ikan ini diletakan di tempat yang terang saat malam hari, ia akan tampak lebih cerah saat pagi hari. Sedangkan jika ia diletakan ditempat gelap maka pagi harinya, ia akan terlihat kusam dan kehilangan warnanya.

Mengubah Air Menjadi Alkohol

Yang ini sudah pasti hal yang sangat aneh, ya jelas aneh dong karena bagaimana bisa seekor ikan bisa mengubah air menjadi alkohol? IFL Sience mengatakan bahwa ikan mas sama dengan Crucian Cap yang termasuk dalam keluarga ikan mas. Di negara Eropa utara, musim dingin terjadi sepanjang bulan sehingga mengajarkan mereka untuk bertahan dalam permukaan yang beku. Kondisi tersebut membuat mereka bisa membekukan air.

Para ilmuwan berkata kemampuan ikan tersebut untuk merubah air menjadi alkohol disebut dengan adaptasi evolusioner. Mirip seperti bunglon, ikan ini bisa memaksa diri untuk konsisten dengan lingkungan tempat di mana mereka berada dan hal itu bukanlah hal yang baru.

Nah karena konsumsi oksigen terbatas di permukaan yang membeku, crucian crab mengembangkan mekanisme respirasi baru. Ini disebut pernapasan anaerobik dan itu yang bisa mereka lakukan selama berminggu-minggu untuk bertahan pada musim dingin. Ikan mas cenderung membangun kadar asam laktat tertentu di tubuh mereka dan untuk mencegah agar tidak meningkat, ikan mas tersebut mengubah asam menjadi etanol alias alkohol yang dilepas ke air melalui insang. Kadar alkohol dalam darah ikan juga naik drastis hingga 50 miligram per 100 mililiter. Nah berkat alkohol itulah mereka sanggup bertahan untuk hidup.

Namun belum diketahui pasti, apakah alkohol yang diproduksi itu juga berfungsi sebagai unsur anti pembekuan darah saat musim dingin atau tidak. Yang jelas hanya ikan mas inilah yang bisa melakukan hal tersebut. Gimana guys, udah paham kan dengan penjelasan di atas dan udah pada gak penasaran lagi apa jawabannya tadi. Semoga dengan adanya artikel ini, pengetahuan kamu bertambah.