Astaga, Bagaimana Bisa Remaja Ini Memiliki Gigi Sebanyak 232 Buah?

Pada tau gak berapa sih jumlah gigi yang tumbuh sebenarnya? Yap pintar, jumlah gigi normal manusia adalah sebanyak 32. Nah di artikel ini memang yang akan kita bahas adalah orang yang mempunyai gigi, lho kan memang semua manusia punya gigi? Hehehe becanda guys, yang dimaksud di sini ialah seorang laki-laki yang mempunyai gigi sebanyak 232. Ops jangan kaget ya guys, ini fakta kok. Penasaran gimana cerita selanjutnya? Yuk, mari baca artikel di bawah ini.

Pertumbuhan Gigi Yang Tidak Normal

Gigi merupakan bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Mereka memiliki struktur yang bervariasi yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan dan pada beberapa hewan, terutama karnivora dijadikan sebagai senjata. Akar dari gigi tertutup oleh gusi. Gigi memiliki struktur pelindung yang disebut email gigi yang membantu mencegah lubang di gigi. Pulp dalam gigi menciut dan dentin terdeposit di tempatnya.

Macam-macam gigi serta fungsinya:

  • Gigi seri (identis insisivus) adalah gigi yang terdiri satu akar yang berfungsi untuk memotong dan mengerat makanan atau benda lainnya. Gigi seri berada pada bagian depan dengan bentuk yang tegak dan tepi yang tajam. Seperti sekop atau tatah.
  • Gigi taring (identis kaninus) adalah gigi yang terdiri satu akar yang berfungsi untuk mengoyak makanan atau benda lainnya. Bentuk dari gigi taring adalah tinggi dan runcing.
  • Gigi geraham depan (pramolar) adalah gigi yang terdiri dari dua akar yang berfungsi untuk menggilas dan mengunyah makanan atau benda lainnya. Bentuk gigi gerahan depan adalah lebih rendah dan lebih rata dengan benjolan-benjolan kecil.
  • Gigi gerahan belakang (molar) adalah gigi yang terdiri dari tiga akar yang berfungsi untuk melumat, menghancurkan, menghaluskan dan mengunyah makanan atau benda-benda lainnya.

Ngomongin masalah gigi, bagaimana bisa guys seorang laki-laki ini memiliki gigi berjumlah 232? Pikir aja sendiri di mana aja itu letaknya, apa muat itu mulutnya di tumbuhi gigi segitu banyaknya? Kalau di tanya ke saya sih saya cuma bisa bilang OH MY GOD. Gimana tidak kaget, gigi normal manusia itu hanya 32 buah, lalu apa yang sebenarnya terjadi pada orang yang satu ini? Antara kaget bercampur kasihan melihatnya bukan?

Laki-laki yang masih berumur 17 tahun bernama Ashik Gavai yang berasal dari India mengalami pembengkakan di bagian rahang. Selama 18 bulan, ia menderita dan mencari sendiri apa penyebab sebenarnya. Dan pada akhirnya ia memberanikan diri untuk memeriksakan keluhannya ke dokter di daerah tempat tinggalnya.

Sayangnya sang dokter di desa gagal mengidentifikasi penyebab sakit Ashik dan merujuknya ke dokter kota. Saat ia diperiksakan ke dokter kota, dokter di sana terkejut mendapati bahwa di dalam mulut Ashik tumbuh banyak sekali gigi bahkan sampai ke langit-langit mulut. Wajahnya pun mulai bengkak sehingga ayahnya membawanya ke sebuah rumah sakit di Mumbai.

Ayah Ashik, Suresh Gavai kepada Mumbai Mirror mengatakan bahwa putranya mengeluh sakit beberapa bulan lalu. “Aku khawatir, mungkin itu bisa berubah jadi kanker jadi aku bawa dia ke Mumbai,” kata dia.

Dan karena hal itu, Ashik mengalami sakit dan perih yang luar biasa hebatnya. Dokter gigi mengatakan bahwa Ashik menderita kondisi bernama “Odontoma” dimana ada pertumbuhan gigi yang tak terkendali dan berantakan. Pertumbuhan ini terdiri dari enamel dan dentin yang merupakan jaringan pembentuk gigi. Hal ini cenderung terjadi pada orang yang berusia remaja seperti Ashik ini.

Operasi Memakan Waktu 7 Jam

Para tim dokter di India melakukan operasi berdurasi panjang yang berlangsung 7 jam. Dokter gigi yang menangani Ashik pun kesulitan untuk membuang ratusan gigi yang tidak dibutuhkan lelaki itu untuk mengunyah. Saking susahnya, tim dokter pun menggunakan bantuan pahat dan palu untuk mengeluarkan gigi Ashik yang tumbuh dimana-mana. Aduh gak kebayang gimana sakitnya, seperti mencabut paku aja ya guys.

“Awalnya, kita tidak bisa memotongnya jadi kita harus menggunakan pahat dasar dan palu untuk mengeluarkannya. Dan kami menghitung ada 232 gigi tumbuh di rongga mulutnya,”ujar dokter gigi Singh yang menangani Ashik.

Ketika dokter bedah Vandana Thorawade ditanya tentang seluruh kasus, dia mengaku heran dan terkejut atas kasus yang dialami Ashik ini. “Saya tidak pernah melihat sesuatu seperti ini sebelumnya dalam karir 30 tahun saya,” ujarnya. Dan menurut medis, diketahui hal tersebut mempengaruhi rahang atas dan maksimal 37 gigi telah diekstraksi dari tumor di masa lalu. “Tapi dalam kasus Ashik ini, tumor ditemukan jauh di rahang bawah dan tumbuh ratusan gigi,” ujarnya.

Berkat kerja sama tim dokter gigi dan dokter bedah menjalani operasi pencabutan gigi, akhirnya laki-laki ini sudah pulih sekarang dan bisa tersenyum lagi dengan 28 gigi normalnya. Ashik sangat berharap untuk sembuh dari tumor tersebut dan tidak ada lagi gigi yang tumbuh.

Ya begitulah kisah malang Ashik tersebut, semoga setelah dioperasi ia bisa sembuh dan tidak ada lagi gigi yang tumbuh. Jagalah selalu kesehatan ya guys…