Menilik Kekayaan Dan Kemegahan Yang Dimiliki Dubai

Ketika mendengar Dubai, mungkin yang langsung terlintas dalam pikiran kamu adalah kemewahan dan kemegahan. Yap, tentu saja itu adalah hal yang benar. Di Dubai terdapat hal-hal yang menakjubkan seperti bangunan yang besar, tinggi dan hal-hal yang paling mahal yang membuat kita menjadi tertegun. Untuk mengenal lebih dekat lagi mengapa Dubai bisa terkenal dengan kekayaannya dan kemewahannya, mari kita simak sama-sama artikel di bawah.

Mengintip Tentang Dubai Yang Kaya Raya

Dubai merupakan salah satu propinsi di wilayah Uni Emirat Arab (UAE). UAE sendiri merupakan sebuah negara federasi yang terdiri dari tujuh emirat yang kaya akan minyak bumi. Hampir semua orang tahu tentang Kota Dubai dan hamparan luas kekayaannya. Kota yang terletak di Uni Emirat Arab dan sangat identik dengan sumber daya alamnya dan kebanyakan orang beranggapan bahwa Dubai menjadi kota kaya karena berada di Teluk Arab yang memiliki sumur minyak bumi yang melimpah. Namun, anggapan kebanyakan orang itu salah karena pendapatan kota itu yang menyumbang sekitar $ 100.000.000.000 bagi pendapatan negaranya ternyata berasal dari bisnis real estate, perusahaan penerbangan dan pelabuhan.

Mungkin kamu berpikir sebagai negara Timur Tengah, kamu akan membayangkan negara bernama Uni Emirat Arab tersebut sebagai negara Islami yang punya tatanan layaknya Saudi Arabia atau Mesir sana. Sewajarnya negara Timur Tengah, bayanganmu pasti UEA ini adalah negara tandus yang nggak punya hal menarik bukan?

Pada awal 1980-an, banyak yang memprediksi bahwa ekonomi Dubai tidak akan mampu bertahan jika hanya fokus pada bisnis sektor sumber daya minyak bumi semata. Sehingga perlu bagi pemerintah dan pengusaha di kota ini memikirkan investasi pada sektor lainnya. Salah satunya adalah investasi dibidang real estate yang sekarang menjadi tulang punggung utama perekonomian Arab.

Pada tahun 2000, sebagian besar pembangunan properti mulai dikerjakan. Hal ini memberikan dorongan segar bagi perekonomian di kawasan itu dan benar-benar menyebabkan investasi real estate di kota tersebut berkembang pesat. Masih pada tahun 2000, dunia menyaksikan pembukaan Dubai Internet City.

Kemudian pada tahun 2003 banyak investor asing yang melirik potensi besar di Uni emirat Arab dan berencana berinvestasi di sana. Menariknya, negara itu memiliki aturan bahwa pemilik properti hanya bisa memiliki properti masing-masing dalam jangka waktu sembilan puluh sembilan tahun dan tidak ada sama sekali aturan yang disebut aturan freehold.

Saat ini Dubai memiliki 352 bangunan bertingkat tinggi rampung, akan tetapi jumlah ini akan meningkat pesat pada masa yang akan datang. Dengan 302 bangunan tinggi yang sedang dibangun dan 350 bangunan tinggi disetujui, langit-langit Dubai tumbuh secara cepat. Selain itu, Dubai diperkirakan menjadi situs banyak bangunan dengan 100 tingkat atau lebih daripada kota-kota lain di dunia pada 2015.

Dubai yang dulunya hanya kota padang pasir yang tandus, kini sudah menjadi kota impian yang begitu luar biasa bukan? Padahal jika kita membandingkannya dengan tiga negara yang sudah maju pada abad ke 18 seperti, Inggris, Belanda dan Jepang dan bahkan saat ini sudah kalah saing oleh kota Dubai di Uni Emirat Arab ini.

Fakta Yang Mencengangkan

Jangan tanya lagi tentang kemewahan dan kekayaan yang dimiliki oleh Dubai. Gimana tidak, kalau di negara kita mungkin fasilitasnya masih yang sewajarnya saja tetapi di negara kaya ini tidak. Kenapa? Karena di Dubai banyak orang-orang yang mengendarai mobil mewah berkecepatan tinggi, armada polisi di Dubai juga tidak kalah cepat. Jadi jangan heran jika kamu melihat Lamborghini, Ferrari, Bentley atau Mercedes-Benz SLS AMG digunakan sebagai mobil polisi di jalan-jalan Dubai. Waw, gokil kan guys…

Nah yang anehnya lagi, Ada beberapa kasus perempuan asing yang berkunjung ke Dubai untuk bisnis kemudian diperkosa. Sayangnya, setelah ia melaporkan kejadian itu, dia justru yang masuk penjara. Salah satu contoh nyata adalah kasus Marte Deborah Dalelv dari Norwegia yang membawa tuduhan terhadap rekannya dan dijatuhi hukuman penjara enam belas bulan. Aneh bukan? Ada satu lagi, kalau hewan peliharaanmu biasanya kucing, anjing atau burung. Di Uni Emirat Arab sana, jangan kaget ketemu macan sampai singa yang dibawa jalan-jalan oleh penduduk Dubai sana.

Bahkan saat ini kota Dubai sudah merencanakan untuk membuat pengatur suhu 1 kota agar dapat mengontrol suhu dan cuaca di kota dubai, jika didengar memang mustahil, namun lihat saja nanti karena Dubai telah banyak membuktikan membangun hal-hal mustahil di sana.

Sekarang kalau ngomongin masalah macet, Indonesia sudah terkenal sekali dengan kemacetannya yang membuat kamu bakal pusing dan jengah. Nah, kalau macetnya di Uni Emirat Arab sana beda ceritanya guys. Pasalnya sih mobil-mobil yang memadati jalan bukan mobil biasa. Yang bikin macet adalah mobil-mobil mewah kelas Lamborghini, Mazda sampai Ferrari.

Bangunan Mewah Dubai

Dubai adalah salah satu kota yang terletak di Uni Emirat Arab yang merupakan kota dengan tingkat perkembangan Infrastruktur tercepat di dunia. Berbagai bangunan yang megah dan canggih dibangun di kota yang gemerlap tersebut. Kalau membahas tentang gedung, Dubai memiliki banyak gedung yang unik dan menarik yang bukan hanya megah tetapi juga terletak pada desain dan arsitekturnya yang beda dari yang lain.

Dengan keunikan arsitekturnya, kini gedung-gedung di Dubai sudah menjadi salah satu magnet utama dari kota ini yang tidak jarang banyak orang yang mengunjunginya bukan saja untuk berlibur tetapi untuk mengagumi bentuk dan nilai seni di dalamnya. Berikut ini merupakan bangunan-bangunan mewah miliki Dubai tersebut:

Burj Khalifa

Burj Khalifa atau dalam bahasa Indonesianya ‘Menara Khalifa’ yang memiliki ketinggian hingga 828 meter (2.717 kaki), bandingkan dengan tinggi Monas yang hanya 132 meter. Burj Khalifa adalah bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia dan bukan hanya menjadi bangunan tertinggi saja, Burj Khalifa juga merupakan bangunan dengan jumlah lantai terbanyak 160 lantai.

160 lantai tersebut terdiri dari perkantoran, apartemen mewah, restoran dan hotel. Dahulu menara ini bernama Burj Dubai dan kembali direnovasi oleh Sheik Khalifa bin Zayed Al Nahayan bersama disainer Giorgio Armani dengan biaya sebesar $1,5 milyar atau sekitar Rp15 triliun sampai akhirnya diresmikan pada tanggal 4 Januari 2010. Rencana lebih lanjut Armani juga akan membangun masjid tertinggi dunia di lantai 158 beserta kolam renang di lantai 76. Waw amazing.

Hotel Bawah Laut

Hydropolis merupakan resort hotel mewah bawah laut pertama yang ada di dunia. Terletak 66 kaki di bawah permukaan Teluk Persia, lepas pantai Jumeira, Dubai. Dilengkapi dengan beton dan besi, dinding plexiglas dan atap melengkungnya membuat para tamu dapat melihat ikan dan makhluk laut lainnya.

Terbagi menjadi tiga bagian, stasiun darat dimana tamu disambut, terowongan penghubung yang akan membawa tamu menggunakan kereta menuju wilayah utama hotel dan 220 suite berbentuk gelembung di komplek bawah laut. Luasnya akan mencapai 260 hektar dan hotel ini dianggap sebagai hotel berbintang 10 mengalahkan hotel bintang tujuh.

Selain kamar, hotel ini juga dilengkapi dengan ruang pertemuan, bioskop, sarana olahraga, restoran dan berbagai fasilitas umum lainnya. Bukan Dubai namanya jika tidak membuat orang-orang terkagum-kagum dengan desain bangunannya yang megah dan glamor. Jika kamu berniat mengunjungi Dubai, hotel bawah laut ini bisa menjadi salah satu pilihanmu.

Ski Indoor

Dubai ski adalah arena indoor ski yang pertama dan terbesar di dunia. Meskipun beriklim padang pasir, kita bisa bermain ski di Dubai yang panjang lintasan ski buatan ini mencapai 400 meter. Lokasinya berada di dalam Mall of Emirates.

Dubai Ski diklaim menjadi salah satu resort ski terbesar di dunia dengan area ski indoor seluas 22.5o0 meter persegi dengan tinggi 85 meter. Resort ski ini merupakan bagian dari Mall of the Emirates yang merupakan mall terbesar ketiga di dunia dengan 6.000 ton salju.

Setiap hari dibutuhkan 3.500 barel minyak sebagai konsumsi generator listrik guna menstabilkan temperatur -1° sampai -2° Celcius, sementara kalau malam saat produksi salju dimulai suhu resort ini bisa mencapai -6° celcius dan bayangkan saja ada hamparan salju ditanah gurun.

Pulau Buatan

Dubai memiliki sebuah pulau buatan yang bernama Palm Island. Pulau ini menjadi populer karena merupakan destinasi favorit bagi para orang kaya di dunia. Sama seperti namanya, pulau ini dibuat persis berbentuk pohon palem. Pulau ini terdiri atas batang dan mahkota yang terdiri atas 16 daun. Di sampingnya terdapat sebuah pulau berbentuk bulan sabit yang merupakan rumah bagi resort mewah.

Pembangunan Palm Island ini dimulai sejak tahun 2011. Dan saat ini, pulau ini merupakan “rumah” bagi 65.000 wisatawan. Pembangunan Palm ini menggunakan 7 juta ton batu alam. Pembangunan pulau ini menggunakan batu alam untuk mendorong terciptanya karang alami dan menjaga kelangsungan kehidupan laut di pantai Dubai. Palm Islands ini terletak di lepas pantai Uni Emirat Arab di Teluk Persia dan akan menambah 250 km pantai kota Dubai.

Taman Bunga Dubai

Dubai Miracle Garden yaitu sebuah taman di padang pasir yang ternyata baru dibuka pada bulan Februari 2013 lalu. Tak hanya menarik karena berada di tengah lautan pasir, destinasi wisata ini disebut-sebut sebagai taman terluas di dunia. Yap, kebun yang dirancang oleh Al-Ain based Akar Landscaping & Agriculture Company ini memiliki luas sekitar 72.000 meter persegi.

Lebih dari 45 juta bunga yang tumbuh memiliki berbagai spektrum warna dan gaya yang menarik. Beberapa bunga berkembang dan membentuk bintang, hati, lingkaran, patung bahkan menyerupai piramida. Kerennya lagi, sistem pengairan di taman tersebut menggunakan daur ulang air limbah melalui irigasi tetes. Benar-benar mengagumkan bukan?

Dubai Mall

Mall adalah sebuah pusat perbelanjaan yang memenuhi semua kebutuhan belanja one stop shopping jadi apapun yang diinginkan dan apapun yang dicari bisa didapatkan. Umumnya setiap kota besar di berbagai dunia pasti memiliki mal di dalamnya sebagai tempat belanja dan hiburan masyarakat setempat.

Nah, kalau Dubai Mall ini merupakan sebuah Mall yang terletak di kota Dubai yang menjadi salah satu tujuan wisata dunia dan memiliki kriteria termegah, terbesar dan teramai dikunjungi pengunjung. Dubai Mall memiliki luas sekitar 3.6 juta meter persegi dan sebagai sebuah bangunan yang besar, mall ini mampu menampung sampai 1.200 toko yang berjualan dan beroperasi di dalamnya. Jumlah pengunjung yang datang pun sungguh fantastis yaitu sekitar 30 juta pengunjung datang setiap tahunnya untuk menikmati dan menjelajahi keindahan dan kemegahan dari mall ini.

Ya itulah kurang lebih penjelasannya tentang kota terkaya dan maju di atas tersebut, semoga negara kita ini juga bisa mengikuti jejak Dubai untuk lebih maju dan berkembang lagi. Sampai di sini dulu pembahasan kita dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua….