Benarkah Air Putih Bisa Basi? Simak Ulasannya

Gak usah dibilang lagi deh seberapa pentingnya air putih untuk tubuh kita, yang jelas penting banget. Makanya setiap harinya kita harus minum sebanyak 8 gelas atau 2 liter untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Lalu kenapa masih banyak juga orang yang tidak menyukai air putih ini? Ya mungkin mereka mengalami sesuatu ya makanya gak suka, oh iya guys ternyata air putih juga bisa basi lho. Gak percaya? Yuk, lihat penjelasannya.

Kenapa Minum Air Putih Itu Penting?

Hai guys, di dalam tubuh kita itu 70 % nya adalah cairan, untuk itu kamu harus banyak minum air putih. Meskipun cuma air putih, tetapi kamu bakalan merasakan manfaat jika kamu minum banyak air putih secara rutin. Jangan pernah anggap sepele air bening ini ya, karena air tersebut mengandung banyak manfaatnya.

Sebut saja misalnya darah yang mengandung cairan untuk membawa nutrisi ke sel-sel dalam tubuh, air juga diperlukan untuk membuang racun yang dihasilkan organ vital tubuh. Air juga yang menciptakan lingkungan lembab untuk telinga, hidung dan tenggorokan. Sehingga organ-organ dalam tubuh ini bekerja dengan baik. Selain itu, air juga bermanfaat untuk mencegah batu ginjal dan sembelit.

Kalau tubuh kamu kekurangan air, maka sel-sel dalam tubuh akan lebih sulit untuk melakukan kerjanya. Kamu juga bisa mengalami dehidrasi, hal ini dapat menguras energi kamu dan membuat kamu lelah. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition dan melibatkan wanita membuktikan bahwa kekurangan cairan sebanyak 1,36% setelah olahraga dapat mengganggu suasana hati dan konsentrasi, serta dapat menyebabkan sakit kepala.

Haus merupakan tanda dari tubuh kamu yang mengatakan bahwa tubuh kamu sedang membutuhkan air. Kamu harus mengenali tanda haus tersebut dan jika kamu mengikutinya, mungkin air yang kamu minum dalam sehari bisa kurang dari 8 gelas atau lebih. Jangan paksa untuk minum sebanyak 8 gelas kalau kamu merasa tubuh sudah cukup terdehidrasi dan kamu juga tidak perlu menahan haus jika memang masih haus walaupun sudah minum 8 gelas.

Alasan Orang Tidak Suka Air Putih

Kenapa ya ada orang yang tidak suka minum air putih? Tanpa minum air putih, tubuh akan mengalami dehidrasi sehingga organ-organ tubuh tidak berfungsi dengan baik. Selain itu, air putih juga menyegarkan dan mampu melepas dahaga. Tapi, mungkin inilah penyebab mereka tidak suka air putih:

Ketagihan gula

Orang yang ketagihan gula biasanya lebih menyukai minuman yang ada rasanya, tidak hambar atau tawar seperti air putih. Ini karena indra pengecap orang yang ketagihan gula baru akan bereaksi secara positif kalau kamu minum minuman seperti teh manis, soda rasa buah-buahan atau jus kemasan.

Nah karena tidak terbiasa dengan makanan atau minuman yang hambar, air putih pun jadi terasa tidak sedap di lidah. Cara mengatasinya supaya tidak terlalu hambar, tambahkan irisan buah-buahan segar atau rempah dedaunan dalam air putih. Minum infused water memang akan membuat air minum kamu lebih sedap dan manis rasanya.

Cobalah untuk menambahkan irisan buah lemon, stroberi, kiwi, anggur, apel, nanas atau jambu. Rempah dedaunan seperti daun mint juga bisa menambah cita rasa yang khas pada air minum kamu. Selain rasanya lebih enak, infused water juga tampak lebih berwarna daripada air putih biasa. Hal ini bisa mengecoh pikiran sendiri karena seolah kamu sedang minum jus buah yang manis bukan minum air putih.

Kembung setelah minum air

Ada orang yang tidak suka air putih karena setelah minum perut jadi terasa kembung. Ini mungkin karena cara kamu minum salah. Seharusnya saat perut kosong, minum satu atau dua gelas air putih tidak bikin kembung. Akan tetapi, kalau kamu minum seliter air sekaligus, perut kamu bisa kelebihan cairan dan kamu pun jadi merasa kembung dan mual. Begitu juga kalau kamu baru minum air sesudah makan. Masalahnya perut kamu sudah dipenuhi makanan dan cairan dari makanan.

Cara mengatasinya adalah lebih baik sering minum tapi sedikit-sedikit saja. Jangan langsung minum banyak sekaligus. Misalnya minum setengah gelas air putih setiap satu jam. Kamu juga sebaiknya minum air putih sebelum makan atau saat kamu makan. Ini supaya kamu bisa mengukur perut kamu sudah terasa penuh atau belum. Sesudah makan, minumlah air secukupnya saja dan tidak perlu berlebihan.

Rasa airnya aneh atau tidak sedap

Hati-hati kalau kamu tidak suka air putih karena rasanya yang aneh atau tidak sedap. Meskipun air minum memang rasanya berbeda-beda, seharusnya air putih rasanya tidak terlalu tajam atau pahit. Rasa air yang terlalu tajam bisa saja disebabkan oleh pencemaran, penambahan bahan kimia berlebihan atau keseimbangan Ph air yang berubah.

Untuk mengatasi kalau air minum di rumah kamu terasa aneh, segera periksa kualitas airnya. Misalnya kamu langganan membeli air minum galon, tanyakan dan pastikan pada penjual bahwa air belum kedaluwarsa dan disimpan di tempat yang ideal. Bila kamu biasa merebus air dari keran PAM, segera hubungi petugas PAM. Kalau kamu merebus air yang berasal dari sumur tanah, bawa sampel airnya untuk dicek di laboratorium.

Air Putih Bisa Basi

Makanan dan minuman yang sudah lama tentu saja akan basi, nah ini juga berlaku untuk air putih lho. Air putih yang biasa kamu minum itu bisa juga basi layak makanan dan minuman yang sudah kadaluwarsa dan berikut inilah penjelasannya:

Lihat tanggal kadaluwarsanya

Jika kamu suka minum air kemasan botol, kamu harus perhatikan tanggal kadaluwarsanya ya. Sebenarnya tanggal kedaluwarsa yang ada pada botol air putih, tidak terlalu mempengaruhi kualitas air. Maksudnya di sini, apabila tanggal kadaluwarsa sudah lewat, kualitas air mungkin masih cukup baik dan dapat diminum. Namun hal ini juga dipengaruhi dari cara penyimpanannya.

Bila botol air terlalu sering terpapar sinar matahari, maka air minum semakin berpotensi terkontaminasi zat-zat kimia yang berasal dari botol minuman tersebut. Dan memang lebih baik untuk menghindari minuman yang telah melewati tanggal kedaluwarsanya.

Terkontaminasi Jamur dan Bakteri

Ya memang sih air putih yang basi bukan seperti makanan dan minuman lain, air putih yang basi disebabkan oleh jamur, bakteri ataupun kuman. Contohnya, kamu meninggalkan air putih dalam gelas atau wadah yang terbuka selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Maka ketika kamu melihatnya kembali, kamu dapat melihat air sudah berubah warna sedikit, menjadi sarang nyamuk atau mungkin ditumbuhi oleh jamur. Hal ini yang membuat air putih menjadi basi dan tentunya mengonsumsi air tersebut dapat membahayakan kesehatan.

Ya itulah penjelasan kenapa orang gak suka air putih, seharusnya kamu menyadari betapa pentingnya air putih untuk kesehatan. Namun tetap harus hati-hati kalau meminum air putih yang sudah terkena bakteri ataupun jamur, bisa-bisa kamu keracunan atau malah sakit perut. Semoga artikel ini bermanfaat…