Buat Pecinta Vespa, Piaggio Luncurkan Model Terbaru

Siapa bilang vespa itu jadul? Buktinya masih banyka kok yang mengendarai vespa bahkan ada komunitas vespa. Skuter atau vespa masih bisa mengisi kekosongan hati para pecintanya. Gak sedikit juga orang yang memodifikasi vespa yang mereka punya menjadi lebih keren. Nah kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang vespa yang dimodifikasi serta vespa keluaran terbaru dari piaggio, silahkan disimak ya.

Kendaraan Yang Masih Diminati

Vespa diperkenalkan pertama kali pada tahun 1940-an dan ditargetkan sebagai kendaraan yang mudah dikendarai dan untuk produksi massal. Namun realita menunjukkan kalau akhirnya vespa yang diproduksi oleh Piaggio dan menjelma menjadi sebuah ikon dalam dunia otomotif selama bertahun-tahun.

Sejak kelahirannya dulu, motor vespa diciptakan dalam beberapa model yang yang sangat beragam. Walaupun dari segi bentuk bodi terlihat sama, tapi sebenarnya bila dibedah lebih detil maka akan terlihat perbedaan spesifikasinya. Vespa merupakan alat transportasi yang ramah lingkungan. Kamu cukup memerlukan 18 liter bensin untuk menempuh jarak 111 kilometer dengan kecepatan rata-rata. Jika kamu peduli dengan kelestarian lingkungan kita, maka vespa merupakan pilihan yang tepat buat kamu.

Yang menjadi keistimewaan dari vespa sebenarnya adalah kesenangan dan kenikmatan yang disediakan bagi pengendaranya. Bayangkanlah ketika kamu bisa berkendara di jalanan yang ramai dengan santai dan leluasa atau ketika kamu melakukan touring melalui jalanan pedesaan dengan terpaan angin pada rambut kamu, sungguh merupakan sensasi yang tiada taranya.

Skuter yang paling terkenal di dunia adalah Vespa dan Lambretta yang sampai saat ini masih banyak penggemarnya di Indonesia. Bahkan untuk harga satu unit skuter asal Italia ini sudah sangat tinggi dan jadi buruan pecinta atau kolektor vespa.

Banyak pemilik vespa yang mendapatkan skuter atau vespa tersebut dari warisan keluarga atau orangtua bahkan ada yang berburu ke daerah untuk meminang vespa tua atau klasik. Kalau mendapat warisan atau motor tua biasanya kondisinya sudah tidak terlalu baik bahkan mesinnya tidak hidup sama sekali. Kalau sudah begitu, mau tidak mau pemilik vespa harus melakukan restorasi atau mengembalikan motor sesuai kondisi aslinya. Kira-kira berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk merestorasi vespa ya?

Biasanya sih kalau vespa tahun 1950-an biaya restorasinya lebih mahal dibanding vespa tahun 1960 sampai 1970-an. Kalau untuk bodi saja seperti pengecetan dan perbaikan bodi sampai mulus Rp 6 sampai Rp 7 jutaan. Sedangkan untuk biaya pemasangan kelengkapan atau aksesori seperti karet bodi, lampu dan lain-lain tergantung merek yang dipilih. Kalau untuk full restorasi mulai dari bodi, aksesori dan mesin bisa sampai Rp 15 jutaan. Lumayan mahal juga ya.

Lalu dimana bisa merestorasi vespa?

Banyak pengguna Vespa atau Lambretta yang masih mencintai kendaraan ini dan rela mengeluarkan uang banyak untuk membeli atau memodifikasi skuter asal Italia tersebut. Sekarang ini masih banyak bengkel yang melayani restorasi (mengembalikan ke bentuk asli)Vespa dan Lambretta misalnya salah satunya “Lambro Workshop”.

Kalau kita memang spesialisnya skuter tua, seperti Vespa dan Lambretta atau skuter Eropa,” jelas Leo Nurichson, Owner Lambro Workshop. Untuk merestorasi vespa di bengkelnya ini meliputi bodi, aksesori dan mesin. Biasanya konsumen yang mau restorasi bicarakan konsep dahulu yang penting sesuai dengan pakemnya. Urusan budget bisa diakalin dengan part yang bakal dipakai nanti. Untuk merestorasi sebuah vespa memang tidak bisa sembarangan dan harus cocok dengan unit atau bahan yang dibawa. Meskipun semua itu balik lagi ke pemilik vespa yang sekaligus pemilik biaya untuk melakukan restorasi.

Piaggio Keluarkan Vespa Terbaru

PT Piaggio Indonesia (PID) meluncurkan model terbaru dari Vespa S di Tanah Air. Menghadirkan versi modifikasi dari Vespa Primavera 150 cc I-Get yaitu Arcobaleno dan Sprint 150 cc I-Get yaitu Sprint Sport. Keduanya hadir sebagai model edisi terbatas dan hanya diperuntukkan bagi pecinta berat motor asal Italia tersebut.

Vespa Arcobaleno dirancang untuk bersantai dan menemani perjalanan ke pantai dengan warna eksklusif azzuro incanto, yaitu seperti warna langit dan warna laut. Skuter ikonik ini juga dilengkapi dengan ransel dan handuk pantai Arcobaleno dengan label vespa dan warna sesuai dengan bodi motor. Sedangkan untuk Vespa Sprint Sport menggabungkan kenyamanan berkendara terbaik dengan sentuhan sporty dan ketangkasan menembus berbagai kondisi jalan atau lalu lintas.

Dengan warna dan desain yang berbeda dari dua model edisi terbatas ini, hal tersebut bakal bikin tertarik generasi milenial sekaligus memenuhi hasrat pecinta vespa yang ingin tampil beda. Mesin i-get pada vespa yang satu ini bakal meningkatkan performa, efisiensi bahan bakar dan mengurangi kebisingan saat berkendara. Soal harga, Arcobaleno dijual Rp 37,5 juta dan Sprint Sport Rp 42,5 juta. Vespa keluaran terbaru ini sudah tersedia di seluruh dealer Piaggio di Indonesia.

Gimana, keren banget kan vespa edisi terbaru dari Piaggio tersebut? Apa kamu punya vespa warisan atau ingin membeli vespa keluaran terbaru? Hmmmm silahkan tentukan pilihanmu ya guys, hehehe…