Golden Milk, Sensasi Kopi Latte Dengan Rasa Kunyit

Ngantuk? Minum aja kopi. Yap, ngantuk sangat identik dengan kopi. Siapa sih yang gak suka dengan minuman ini, minuman yang sangat mudah dijumpai di manapun. Mulai dari warung pinggir jalan sampai cafe atau restoran dan rasanya pun juga berbagai macam. Nah yang uniknya lagi, ada rasa terbaru yaitu kopi rasa kunyit lho guys. Hayo penasaran kan gimana jadinya kalau kopi dicampur jadi satu dengan kunyit? Yuk, kita simak sama-sama.

Definisi Kopi

Kopi merupakan sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan biji kopi. Kata kopi sendiri berasal dari bahasa Arab yaitu “qahwah” yang artinya kekuatan, karena pada awal ditemukannya kopi ini digunakan sebagai minuman berenergi tinggi. Kemudian kata qahwah diubah menjadi “kahveh” yang berasal dari bahasa Turki dan akhirnya diubah lagi menjadi “koffie”. Dalam bahasa Belanda, penggunaan kata koffie langsung diartikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang sampai sekarang dikenal dengan nama “kopi”.

Sejarah mencatat bahwa penemuan biji kopi ini menjadi minuman yang sangat berkhasiat dan pertama kali ditemukan bangsa Ethiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun yang lalu atau 1000 tahun sebelum Masehi. Kemudian kopi ini pun terus berkembang sampai sekarang ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia.

Jenis Kopi Di Indonesia

Untuk negara Indonesia sendiri telah memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya yang kemudian di ekspor ke berbagai penjuru dunia. Jenis kopi Indonesia yang mendunia adalah:

Kopi Luwak

Sering dong dengar kopi yang satu ini? Kopi luwak termasuk jenis kopi termahal yang pernah ada. Selain mahal, kopi ini mengalami langkah produksi yang cukup aneh. Kopi harus dimakan dulu oleh luwak, kemudian kotoran luwak yang mengandung biji kopi yang tidak tercerna dikumpulkan. Banyak orang percaya kalau proses fermentasi biji kopi oleh luwak menjadikan rasa kopi ini lembut dan eksotis, makanya banyak sekali yang menyukai kopi jenis ini.

Kopi Jawa

Kopi Jawa atau “Java” merupakan salah satu jenis kopi yang berpengaruh di dunia sampai-sampai “Java” merupakan slang bahasa Inggris untuk kopi. Produksi kopi di Jawa dimulai pada abad ke-17 oleh pemerintah kolonial Belanda dan Jawa menjadi salah satu produsen kopi terbesar di dunia sejak saat itu.

Kopi Toraja

Kopi ini merupakan kopi yang sebagian besar berasal dari Tana Toraja di sekitar daerah Kalosi dan kopi ini sangat terkenal. Kopi Toraja adalah kopi yang memiliki kandungan asam rendah dan memiliki tekstur yang berat. Kopi Sulawesi dan kopi Sumatera memiliki rasa khas yang serupa, seperti rasa tanah dan hutan. Rasa tersebut muncul karena terpengaruh saat memproses biji kopi yang baru dipetik.

Kopi Sumatera

Kopi Sumatera terdiri dari bermacam-macam jenis kopi yang berasal sebagian besar dari Mandailing, Lintong dan Gayo. Kopi dari daerah ini biasanya lembut dan halus, agak asam dan beraroma kakao, tembakau dan berbau tanah.

Kopi Bali

Kopi Bali atau Kintamani merupakan kopi arabika yang terasa lembut dan manis. Kopi ini diproduksi dalam sistem Subak Abian yang mendorong pengolahan kopi secara organik dan kerja sama. Kopi ini sudah mendapatkan sertifikasi Indikasi Geografis dari CIRAD (Centre de Cooperation en Recherches Agronomiques pour le Developpement/Pusat Kerjasama dalam Penelitian Pertanian untuk Pembangunan Internasional Perancis)sebagai kopi unik yang berasal dari Bali.

Kopi Lanang

Kopi Lanang bukan merupakan satu jenis biji kopi khusus, namun sebutan untuk biji kopi yang bulat dan tunggal tidak terbelah seperti biji kopi pada umumnnya. Kopi ini banyak diproduksi di daerah Jawa Timur. Kadar kafeinnya yang sangat tinggi membuat penikmatnya jadi tidak mudah mengantuk.

Kopi Wamena

Kopi Wamena atau kopi Papua pada umumnya merupakan jenis Arabika. Perkebunan-perkebunan yang terkenal berada 15.000 kaki dari pantai dengan suhu 20–25 derajat celsius. Kopi-kopi ini merupakan kopi organik dengan kualitas terbaik. Karena tanah Papua yang masih sangat subur, kopi yang dihasilkan pun sangat baik. Aroma kopinya harum, halus, dan memiliki after taste (rasa yang muncul setelah minum kopi) yang sangat manis. Di antara kopi Arabika lainnya kopi ini mengandung kafein paling sedikit.

Kopi Dengan Campuran Kunyit

Ya, Indonesia memang terkenal sebagai negeri rempah-rempah. Tidak heran begitu banyak makanan dan minuman yang diolah dengan campuran rempah-rempah. Sebut saja salah satunya ramuan yang dikenal dengan jamu, salah satu rempah yang dicampur ke jamu adalah kunyit. Yap kunyit memiliki peran yang sangat penting untuk makanan ataupun minuman agar bisa menciptakan warna kuning alami. Kalau kunyit untuk ramuan jamu itu sih sudah biasa tapi kalau untuk campuran kopi gimana jadinya ya? Ternyata kunyit juga bisa menjadi bahan dasar pembuatan kopi, waw gak nyangka banget kan guys.

Kopi latte dengan cita rasa unik ini dikenal sebagai tren kunyit di kalangan remaja dan pecinta kopi di Inggris. Kopi dengan kunyit ini hadir dengan nama yang cukup mewah, yaitu “Golden Milk”. Apalagi kalau bukan karena campuran kopi, susu dan kunyit yang menghasilkan tampilan minuman kopi latte berwarna emas.

Kehadiran minuman yang menggunakan campuran ramuan kunyit ini sendiri bukanlah hal yang baru, karena sebenarnya minuman kunyit sudah lama hadir di hipster cafe dan konsep sehat di Inggris. Namun, kedai kopi ternama Starbucks lah yang disebutkan membawa minuman kopi latte kunyit ini ke dalam ranah yang lebih mainstream lagi.

Starbucks sendiri diketahui mulai menjual kopi safron latte atau Golden Milk ini pada tanggal 7 September 2017 mendatang di seluruh 200 gerai Starbucks penjuru London, Inggris. Golden milk ala kedai kopi ini akan hadir dari minuman kopi espresso latte dengan steamed milk yang akan dituangkan bubuk kunyit harum.

Untuk masalah harga, kopi kunyit latte ini akan dijual seharga 2,65 Euro atau sekitar Rp 41 ribu untuk ukuran gelas saji pendek, 2,95 Euro atau sekitar Rp 46 ribu untuk ukuran gelas tinggi dan 3,25 Euro atau sekitar Rp 51 ribu untuk Segelas ukuran grande.

Dengan menggunakan bumbu seperti kunyit untuk campuran minuman sudah banyak digunakan untuk keperluan kesehatan. Pasalnya banyak orang yang percaya bahwa kunyit hadir dengan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena berfungsi sebagai zat anti-inflamasi alias yang menangkal peradangan dan mendetoksifikasi tubuh untuk mencegah timbulnya kanker. Ya mungkin terdengar agak aneh sih tapi yang jelas minuman ini harus kamu coba guys, mana tau kamu ketanggihan.