Bukan Hanya Direndang, Ternyata Olahan Jengkol Ini Juga Menggugah Selera

Siapa yang suka makan jengkol tunjuk tangan hayoooo??? Dari 100%, mungkin hanya 10% orang saja yang tidak menyukai makanan yang rasanya seperti daging rendang ini. Ya, makanan satu ini memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Nah buat kamu yang hobi makan jengkol, wajib tahu nie kalau ada olahan jengkol terbaru. Misalnya saja salah satunya steak jengkol, hmm biasanya sih steak itu terbuat dari daging ya tapi gimana dengan steak jengkol guys? Pada penasaran kan semuanya, ya udah yuk langsung aja kita simak sama-sama artikel di bawah ini.

Sejarah

Jengkol adalah tumbuhan khas di daerah Asia Tenggara, jengkol termasuk suku polong-polongan (Fabaceae). Buahnya berupa polong dan bentuknya gepeng berbelit membentuk spiral, berwarna lembayung tua serta biji buah berkulit tipis dengan warna coklat mengilap. Jengkol dapat menimbulkan bau tidak sedap pada urin setelah diolah dan diproses oleh pencernaan, terutama bila dimakan langsung sebagai lalap.

Bijinya yang keras akan berubah menjadi lunak dan lembut setelah direbus. Aromanya yang khas serta rasanya yang bagi sebagian orang nikmat menjadikan jengkol sebagai salah satu makanan populer. Pohon jengkol dapat ditemukan di Indonesia, Malaysia, Myanmar dan Thailand.

Namun, makanan jengkol ini kurang populer bagi masyarakat Jawa. Jengkol lebih populer di kalangan orang Betawi, Sunda dan Sumatra. Tetapi untuk orang-orang Sumatra, jengkol cenderung dianggap sebagai makanan murahan. Karena biji jengkol dapat menyebabkan bau nafas dan menimbulkan bau yang menyengat pada urin.

Biji jengkol dapat dimakan langsung atau diproses terlebih dahulu. Yang paling umum diproses dalam semur dan dikenal oleh masyarakat Sunda sebagai ati Maung atau “hati macan“. Jengkol juga dapat digoreng dengan atau tanpa balado serta dibuat gulai. Setelah diproses, jengkol akan mengeluarkan aroma khas yang bagi sebagian orang dianggap dapat menggugah selera dan memiliki rasa khas.

Selain disemur, jengkol dapat juga dijadikan keripik seperti halnya emping dari melinjo dengan cara ditumbuk hingga pipih, dikeringkan dan digoreng dengan minyak panas. Dampak negatif yang ditimbulkan oleh jengkol dapat dikurangi dengan cara merendam atau merebusnya.

Biji jengkol sedikit beracun karena adanya kandungan asam jengkol, asam amino yang dapat menyebabkan “djenkolism” (keracunan biji jengkol). Gejala yang muncul antara lain terjadinya kram otot, asam urat, retensi urin dan gagal ginjal akut. Kondisi tersebut dialami terutama pada laki-laki.

Memakan jengkol dalam jumlah sedikit atau banyak dapat merusak penampilan karena akan menimbulkan bau mulut, keringat, kotoran dan urin. Bau ini dapat diatasi dengan membersihkan diri dengan perlengkapan kebersihan yang mengandung keharuman, pasta gigi, obat kumur, sabun dan deodoran. Bau ketika buang air kecil dapat berkurang jika pembilasan dilakukan sebelum dan setelah buang air kecil dengan jumlah air yang cukup atau jika diperlukan bilas dengan cairan pembersih.

Olahan Jengkol Yang Nikmat

Mengkonsumsi jengkol hampir sama seperti makan buah simalakama. Jika dimakan takut dengan efek bau yang luar biasa, tidak dimakan tetapi jengkol sangat menggiurkan dan mampu menambah selera makan. Tidak sedikit pula orang yang anti dengan jengkol.

Banyak yang tidak menyukai bau dari makanan yang satu ini, padahal jika diolah dengan tepat jengkol akan menghasilkan rasa yang enak. Tidak hanya rasa yang lezat, jika dimasak dengan suhu yang pas juga akan menghasilkan jengkol dengan tekstur yang lembut.

Berikut ini adalah olahan jengkol yang nikmat dan menggugah selera pecinta jengkol:

Rendang Jengkol

Jengkol biasa diolah menjadi makanan dengan menggunakan bumbu yang banyak atau bisa juga diolah jadi makanan yang sudah umum ada di Indonesia. Misalnya kayak semur jengkol, gulai jengkol, sambal goreng jengkol atau rendang jengkol.

Dari olahan jengkol tadi, salah satu menu yang menjadi kesukaan pecinta jengkol adalah rendang jengkol. Rasanya tentu tidak kalah sama rendang daging sapi. Jengkol dimasak menggunakan bumbu rendang yang pedas dan gurih serta teksturnya yang empuk. Pasti akan sangat menggoda untuk segera melahap nya apalagi kalau makannya pakai nasi yang masih panas, bakalan tambah mantap lagi pastinya.

Semur Jengkol

Olahan ini adalah olahan jengkol yang paling terkenal. Biasanya menjadi teman santapan nasi uduk dan semur jengkol banyak digemari oleh kebanyakan orang. Tidak perlu membeli, kamu pun bisa membuatnya di rumah. Masak jengkol yang sudah direbus dengan bumbu halus yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah, lada dan ketumbar. Tuangkan kecap manis secukupnya dan tambahkan daun salam serta lengkuas untuk menambah aroma serta cita rasa dari semur jengkol.

Untuk membuat masakan ini pilihlah jengkol yang sudah tua karena akan menghasilkan tekstur yang sangat empuk. Jangan memilih jengkol muda karena tidak akan menghasilkan rasa enak bahkan tidak empuk, jengkol muda ketika disemur akan memiliki rasa yang sedikit pahit.

Steak Jengkol

Kebanyakan steak terbuat dari daging, tapi kali ini ada yang lebih unik. Di Festival Jengkol Indonesia ada steak jengkol yang berbahan dasar jengkol murni tanpa campuran lainnya. Soal rasa sih pastinya lebih nendang yang daging ya, tapi steak jengkol di sini punya kelebihan tersendiri. Pasalnya jengkol yang digunakan adalah jengkol tua yang pasti jauh dari bau, jadi cocok buat kamu yang tidak suka dengan aroma jengkol. Jengkol yang ditumbuk halus bercampur tapioka ini menjadi hidangan baru yang lezat.

Jengkol Saus Tiram

Jika kamu bosan dengan olahan jengkol yang itu-itu saja, kamu bisa mengolahnya menjadi tumisan yang lezat. Kuncinya adalah saus tiram yang bisa membuat rasa dan aroma jengkol menjadi terasa berbeda. Untuk mengolahnya, kamu hanya perlu menumis jengkol yang sudah direndam dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih dan cabai merah. Tuangkan kecap, ikan dan saus tiram untuk memperkaya rasa dan aroma.

Kerak Jengkol

Siapa yang tidak kenal dengan kerak telor? Makanan khas Betawi ini menjadi favorit banyak orang, terutama jelang perayaan ulang tahun Ibukota Jakarta. Tapi, apakah kamu pernah mencoba kerak telor jengkol? Cara pembuatannya hampir sama dengan kerak telor Betawi. Salah satu chef dari Indonesia Chef Association, penambahan jengkol dalam kerak telor berfungsi untuk menggantikan ebi dalam kerak telor biasa. Buat kamu yang alergi dengan ebi, sekarang bisa menikmati kerak teror dengan jengkol.

Keripik Jengkol

Tidak hanya kentang dan singkong yang bisa dijadikan olahan keripik, ternyata jengkol juga bisa diolah menjadi keripik. Caranya mudah, kamu bisa menggunakan jengkol tua yang dipipihkan lalu rendam jengkol dan bumbui dengan garam, lada serta bumbu lainnya. Kemudian goreng jengkol di minyak panas sampai warna jengkol kecoklatan. Suhu api sangat menentukan tekstur renyah jengkol.

Jengkol Balado

Makanan apapun yang diolah dengan cara balado akan terasa lebih nikmat. Termasuk jengkol, jika diolah dengan cara balado akan menghasilkan rasa pedas gurih yang lezat. Cara mengolahnya cukup mudah, kamu hanya perlu menghaluskan bumbu seperti cabai merah, bawang putih, bawang merah dan tomat lalu tumis sampai bumbu matang dan masukkan jengkol. Bumbui dengan garam dan gula untuk mendapatkan rasa gurih kemudian masak sampai jengkol matang.

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Jangan menilai jengkol hanya dari baunya saja. Memang sih, tidak sedikit orang yang menghindari jengkol karena baunya yang kurang sedap. Akan tetapi, tahukah kamu kalau jengkol memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan? Nah berikut ini adalah manfaatnya untuk kesehatan:

  • Mencegah berbagai penyakit kronis

Manfaat jengkol yang pertama adalah mencegah pertumbuhan kanker. Ya, jengkol mengandung ternyata mengandung banyak antioksidan yang bisa kamu jadikan senjata untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh. Jenis antioksidan yang dimiliki jengkol adalah polifenol, flavoniod, terpenoid dan alkaloid. Zat-zat antioksidan tersebut memiliki kemampuan untuk menjaga tubuh dari efek samping radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes dan gangguan metabolik lain.

  • Membasmi radikal bebas

Jengkol banyak mengandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B 1, vitamin B 2 dan vitamin C. Vitamin A bisa berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata dan serta meningkatkan ketajaman indra penglihatan. Vitamin A dan vitamin C juga bisa berperan sebagai antioksidan. Antioksidan sangat berperan ampuh dalam menangkal zat-zat radikal bebas penyebab penyakit kanker.

  • Mencegah diabetes

Kegunaan lainnya dari buah jengkol adalah mencegah penyait diabetes. Buah ini memiliki beberapa kandungan gizi yang tidak akan menaikkan kadar gula dalam darah kamu sehingga penyakit diabetes tidak akan menyerang tubuh kamu. Jengkol mengandung zat asam jengkolat dalam bentuk kristal yang tidak larut dalam air yang dapat mencegah timbulnya diabetes.

  • Menguatkan gigi dan tulang

Khasiat jengkol yang selanjutnya yaitu menguatkan struktur tulang dan juga gigi. Hal ini didukung oleh banyaknya kandungan kalsium sebagai sumber utama tulang dan gigi agar tetap kuat dan juga sehat.

  • Mengobati penyakit jantung koroner

Siapa sangka jika khasiat jengkol yang satu ini dapat membuat jantung kamu kembali sehat. Ya, buah ini mampu menjadi obat bagi mereka yang menderita penyakit jantung koroner jika mengonsumsi buah ini dengan rutin setiap harinya.

  • Mencegah anemia

Jengkol juga kaya akan zat besi di mana zat besi ini sangat berperan untuk mencegah dan mengatasi kurangnya produksi sel-sel darah merah dalam tubuh. Kamu pastinya tahu bahwa bila tubuh kekurangan zat besi, produksi sel-sel darah merah akan berkurang.

Akibatnya suplai oksigen dan zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh seluruh sel dalam tubuh juga akan berkurang. Efek dari kurangnya suplai oksigen dan zat-zat makanan pada sel akan menurunkan fungsi atau kinerja sel. Tak heran jika seseorang mengalami kekurangan zat besi, ia akan terlihat lemas, mudah lelah dan tidak bersemangat.

  • Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin dalam buah jengkol bisa membantu dalam merawat kesehatan mata sehingga mata tidak mudah mengalami kerusakan atau jika sudah terlanjur rusak tidak mengalami kerusakan yang lebih parah.

  • Melangsingkan tubuh

Tubuh yang langsing adalah dambaan setiap wanita. Buat kamu yang ingin mendapatkan tubuh ideal, kamu bisa mencoba mengonsumsi buah ini. Manfaat jengkol yang satu ini yaitu membentuk tubuh agar menjadi lebih langsing. Nah masih gak mau nih makan jengkol?

Ya itulah penjelasan tentang jengkol dan olahan jengkol yang akan menggugah selera kamu. Jadi, masih mau nolak makan jengkol? Selain nikmat, makanan ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan lho. Jadi kamu gak bakalan rugi deh makan jengkol. Okey sampai di sini dulu ya pembahasan kita tentang jengkol, see you…