Umur Berapa Pertumbuhan Tinggi Badan Akan Terhenti? Simak Disini Jawabannya

Setiap manusia memiliki tinggi badan yang berbeda-beda. Sangat beruntung jika kamu memiliki tubuh yang tinggi dan terkadang ada orang yang sedih karena memiliki tubuh yang pendek. Namun apakah kamu tahu sampai kapan tinggi badan seseorang berhenti? Nah untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari simak penjelasannya disini.

Mengetahui Pertumbuhan Tinggi Badan

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan dan bukan berarti orang yang bertubuh tinggi sudah sempurna. Memang setiap orang memiliki tinggi badan yang berbeda-beda, apa kira-kira yang mempengaruhi tinggi badan seseorang? Seseorang yang mempunyai orang tua dengan “genetika tinggi”, umumnya juga akan memiliki postur tubuh yang tinggi pula.

Sebagai contoh mudah, wanita-wanita Indonesia tinggi tubuh normalnya adalah antara 165 sampai dengan 170 cm. Sehingga bila seseorang memiliki tinggi tubuh lebih dari 170 cm, ia termasuk wanita dengan postur tubuh yang telah tinggi. Dan ukuran ini tentu berbeda dengan orang-orang di negara Eropa atau Amerika, misalnya yang kebanyakan memiliki postur tubuh lebih tinggi dari rata-rata penduduk Indonesia.

Akan tetapi, seseorang yang tidak memiliki gen tinggi bukan berarti ia tidak bisa tinggi ya. Karena dengan beberapa latihan dan terapi tertentu, seseorang dengan gen yang tidak tinggi ternyata bisa menambah tinggi badannya. Bahkan beberapa olah raga sederhana seperti renang, skipping, bola basket bisa dipercaya dapat menambah tinggi tubuh seseorang. Dan beberapa orang juga menggunakan suplemen tertentu untuk menambah tinggi badan.

Menurut ahli kesehatan, konstruksi tulang pada tubuh manusia terbagi-bagi dalam beberapa bagian. Salah satunya adalah bagian lempeng epifisis atau lempeng epiphyseal plate. Epifisis merupakan pusat pertumbuhan tinggi badan manusia. Bagian ini terletak disetiap ujung tulang dan sudah ada sejak manusia lahir.

Pada saat bayi, jumlah tulang ada sedikitnya sekitar 300 buah yang lebih banyak terdiri dari tulang rawan. Ketika kamu beranjak dewasa, maka tulang rawan ini akan menjadi tulang-tulang yang kamu miliki sekarang. Proses ini disebut dengan osifikasi dan untuk masing-masing tulang memiliki proses berbeda-beda dalam mencapai pertumbuhannya.

Kapan Tinggi Badan Seseorang Terhenti?

Secara alami memang ada perbedaan antara batas pertumbuhan laki-laki dan perempuan. Perbedaan ini ditentukan oleh perbedaan jumlah hormon yang dimiliki tubuh. Di mana pada dasarnya pertumbuhan manusia diatur oleh hormon pertumbuhan, hormon tiroid dan hormon kedewasaan.

Pertumbuhan tinggi badan biasanya berhenti ketika lempeng pertumbuhan (lempeng epifisis) di ujung tulang menutup. Penutupan ini terjadi sekitar usia 16 tahun pada wanita atau 18 tahun pada pria. Pada wanita perkembangan jumlah hormon tersebut relatif lebih cepat, hingga akhirnya penutupan lempeng epifisis juga lebih cepat. Tetapi, kadang-kadang pada sebagian orang, baru tertutup pada usia sekitar 20-21 tahun.

Hal ini cukup penting diketahui karena jika seseorang sedang usaha untuk menambah tinggi badan maka akan sia-sia dan menjadi kecewa. Karena secara alami jatah pertambahan tinggi badan seseorang memang akan terhenti pada usia tertentu.

Tinggi badan sendiri merupakan sesuatu yang penting untuk kamu maksimalkan. Karena tinggi badan sangat banyak pengaruh dan manfaatnya di dalam kehidupan. Banyak pekerjaan yang mengharuskan kamu untuk mempunyai tinggi badan yang ideal. Contoh, misalnya kamu ingin menjadi seorang polwan, pasti membutuhkan tinggi badan yang sesuai persyaratan.

Ingin menjadi seorang pramugari juga pasti membutuhkan tinggi badan yang sesuai, Ingin menjadi model? Artis? Maka itu semua membutuhkan tinggi badan yang ideal.

Nah untuk kamu yang menginginkan diri kamu, anak atau keluarga kamu bertubuh tinggi, usahakan pada usia di bawah 14 tahun melakukan hal-hal yang dapat merangsang pertumbuhan tinggi badan. Pasalnya pada usia ini, masa pertumbuhan tulang memasuki masa emas.

Sangat penting bagi seseorang agar memperhatikan asupan dan pola makan pada usia emas ini. Bila asupan makanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan tubuh, maka akan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tulang. Dengan begitu, harapan untuk memiliki tubuh yang tinggi bukan merupakan suatu hal yang mustahil.

Agar kamu mendapatkan tinggi badan yang sesuai dengan harapan, maka kamu harus mau untuk berusaha lebih giat lagi. Jangan pernah menyerah dengan proses yang kamu hadapi, karena semuanya butuh waktu alias proses agar mendapatkan hasil yang bagus.

Gerakan Dan Olahraga Yang Bisa Meninggikan Badan

 

Mempunyai tinggi badan yang pas-pasan ternyata banyak sekali kerugiannya. Misalnya saja tidak diterima untuk menjadi seperti yang diimpikan atau di cita-citakan. Dan selain itu rasa percaya diri juga berkurang ketika bertemu atau berjajar dengan orang yang lebih tinggi. Maka dari itu, di bawah ini akan disebutkan beberapa gerakan dan olahraga yang dapat menambah tinggi badan:

  • Lompat Tali

Lakukan lompat tali dengan hitungan minimal 300 kali. Jika kamu bisa melakukan lebih, sebaiknya lakukan secara perlahan-lahan. Jadi dalam melakukan cara ini, secara perlahan hitungannya ditambah untuk tiap harinya dan usahakan melakukannya setiap hari secara rutin.

  • Berenang

Jika kamu mencari olahraga yang cocok untuk membantu meninggikan badan maka berenang adalah pilihan terbaiknya. Berenang dapat membantu memfleksibelitaskan otot-otot pada tubuh, merangsang sel-sel otot serta merenggangkan sendi-sendi tulang pada tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat melakukan olahraga berenang ini setiap hari selama 15 – 30 menit.

  • Melompat

Cara meninggikan badan seperti ini dilakukan dengan cara melompat dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah bolak balik dengan satu kaki bergantian selama sepuluh kali. Dan untuk ketinggian tempat yang digunakan tidak harus tinggi karena setengah meter saja sudah lebih dari cukup.

  • Basket

Selain berenang, untuk membantu menambah tinggi badan menjadi lebih optimal juga dapat kamu lakukan dengan rutin melakukan olahraga basket. Olahraga basket ini sangat efektif sekali untuk membantu meninggikan badan dengan cepat. Karena dengan melakukan olahraga basket, tulang kita seperti ditarik dan aktif melakukan peregangan secara terus menerus sehingga pertumbuhan tulang menjadi lebih cepat dan efektif.

  • Gerakan Super Strech

Contoh gerakan menambah tinggi badan kedua adalah gerakan Super strech, gerakan ini paling mudah dan paling favorit dilakukan dalam upaya menambah tinggi badan. Caranya adalah dengan berdiri dan mengangkat kedua tangan ke atas kepala. Kombinasikan kedua telapak tangan dan tarik setinggi mungkin. Bisa dilakukan juga sampai berjinjit dan selain dilakukan dengan berdiri, latihan ini juga bisa dilakukan sambil berbaring. Ulangi dengan rentang 4-7 detik.

  • Hanging

Hanging merupakan latihan olahraga yang mengkhususkan untuk manambah tinggi badan. Latihan olahraga ini merupakan pilihan terbaik jika kamu ingin menambah tinggi badan dengan cepat. Latihan ini dapat membantu merenggangkan hampir seluruh tulang pada tubuh kamu mulai dari tulang tangan, tulang belakang hingga tulang kaki kamu.

Ada 2 variasi gerakan hanging ini. Yang pertama hanging dengan mengangkat kaki kamu ke depan atas seara berulang-ulang dan yang kedua dengan mengangkat tubuh kamu menggunakan kekuatan tangan secara berulang-ulang. Kedua gerakan hanging ini sangat efektif sekali untuk mebantu menambah tinggi badan.

  • Spot Jump

Olahraga untuk meninggikan badan spot jump ini sangat mudah sekali. Pertama posisikan tubuh kamu berdiri dengan kaki merenggang seperti kuda-kuda, kedua tangan menghadap kedepan dengan lengan di tekuk dan tekuk lutut kamu seperti akan melompat. Kemudian lompatlah dengan menggunakan kekuatan otot kaki sambil mengangkat kedua tangan kamu keatas.

Lakukan olahraga ini berulang-ulang 8 – 12 kali. Olahraga ini dapat membantu merenggangkan tulang kaki dan tulang belakang serta membantu otot-otot pada seluruh tubuh menjadi lebih fleksibel sehingga pertumbuhan tubuh menjadi lebih cepat dan lebih optimal.

  • Menendang

Latihan fisik dengan menendang memakai satu kaki juga cukup baik untuk meningkatkan tinggi badan. Caranya berdiri agak menyamping dan kaki di buka lebar. setelah itu lakukan tendangan menyamping sekencang mungkin selama dua atau tiga puluh kali untuk setiap kaki. Jadi, dalam melakukan cara ini kedua kaki di gunakan secara bergantian. Jika kamu pernah atau sekarang ikut latihan bela diri, maka dengan sangat mudah kamu bisa melakukannya. Lakukan cara ini setiap hari secara rutin sehingga tulang kering dan juga tulang paha kamu bisa memanjang.

  • Downhill

Pilihan lainnya untuk membantu menambah tinggi badan juga dapat kamu lakukan dengan olahraga downhill. Olahraga ini secara aktif dapat membantu merenggangkan hampir seluruh otot dan tulang tubuh kamu. Sehingga tubuh dapat tumbuh lebih cepat dan optimal.

Cara kerjanya adalah dengan memposisikan tubuh anda berdiri, kemudian letakkan kedua tangan kamu di lantai di depan kamu, lalu ayunkan bagian tubuh mulai dari pinggang sampai kepala ke arah bawah secara perlahan-lahan. Dan mengulanginya hingga beberapa kali.

  • Bersepeda

Jenis latihan fisik untuk meninggikan badan juga bisa dengan bersepeda setiap hari. Gerakan mengayuh sepeda membuat jari kaki terus mencapai pedal. Ini merupakan peregangan yang bisa membuat kaki lebih panjang. Lakukanlah setiap hari dengan waktu sekitar sepuluh atau lima belas menit.

  • Pose Cobra

Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa olahraga ini mirip seperti pose ular cobra, yaitu dengan memposisikan tubuh kamu tidur tengkurap, ujung kaki lutut dan telapak tangan sebagai penyangga dan gunakan kekuatan otot tangan untuk mendorong tubuh kamu ke atas lalu di ikuti dengan menolehkan leher kamu ke atas hingga kepala menyentuh bahu. Lakukan pose ini selama beberapa menit, lalu ulangi beberapa kali.

  • Basic Leg Strech

Cara melakukan gerakan ini adalah duduk dengan kaki terpisah sejauh mungkin satu sama lain terus sampai jari kaki dengan tangan. Jaga agar lutut tetap lurus ya, kemudian sampai di ujung kaki yang lain. Tulang belakang kamu harus tetap lurus dan kamu hanya bergerak dari pinggul bukan lekukan bagian atas tulang belakang. Gerakan peregangan ini bagus untuk tulang belakang dan kaki. Ulangi dengan rentang 6-15 detik aja ya.

  • Gerakan Seperti Jembatan

Gerakan peregangan ini adalah dengan berbaring di mana lutut ditekuk dan telapaknya rata di lantai, sedekat mungkin dengan pantatnya. Kemudian pegang kedua kaki dengan masing-masing tangan, sambil mengangkat pinggul dan melengkungkan tulang belakang. Dengan posisi ini maka wajah menghadap ke langit-langit. Usahakan angkat perut setinggi mungkin, dengan posisi tangan masih memegang pergelangan kaki.

Makanan Peninggi Badan Alami

Memiliki tubuh yang tinggi bisa jadi adalah mimpi banyak orang. Jika postur tubuh tinggi, maka tentu saja dapat menjadi pusat perhatian. Tidak dapat dipungkiri bahwa tinggi badan sering menjadi sorotan dalam pergaulan. Anak yang tinggi cenderung lebih percaya diri.

Tubuh pendek juga bisa jadi adalah hasil dari pertumbuhan lambat karena gizi yang kurang memadai. Untuk itu mengikuti pola makan yang seimbang sangat penting untuk meningkatkan prospek pertumbuhan. Salah satu cara membantu meninggikan badan adalah mengkonsumsi makanan peninggi badan yang alami dan cepat. Apa ya kira-kira makanan yang dimaksud? Simak di bawah ini:

  • Kacang-Kacangan

Kacang mengandung banyak serat, protein, vitamin, asam folat dan karbohidrat. Banyaknya kandungan protein di dalam kacang akan menrangsang produksi hormon pertumbuhan sehingga tinggi tubuh kamu pun dapat bertambah beberapa inci. Kacang-kacangan yang direbus bisa langsung dikonsumsi. Bisa juga sebagai tambahan pada salad yang menjadi alternatif cara yang menggugah selera.

  • Susu

Minum 2 gelas susu setiap hari dapat membentuk tulang yang sehat dan membangun sebagian besar sel tubuh. Tidak hanya mengandung banyak kalsium, susu juga mengandung protein, vitamin B12 dan vitamin D. Seluruh kandungan tersebut sangat penting bagi kamu untuk pertumbuhan tulang dan meningkatkan tinggi badan secara alami. Bagi remaja, sebaiknya konsumsi susu bebas atau rendah lemak dan mengandung protein.

  • Bok Choy

Pernahkah kamu dengar nama bahan makanan bok choy? Bagi penggemar makanan khas Cina, pasti bok choy sudah tidak asing lagi di telinga dan lidah kamu. Apa itu bok choy? Bok choy ini sebenarnya sejenis sayuran seperti kubis tetapi asli dari Cina dan sering juga disebut kubis Cina. Jika berniat meninggikan badan kamu, tambahkan bok choy pada menu makanan sehat sehari-hari kamu.

Bok choy mengandung banyak mineral, vitamin, serat dan karbohidrat. Mengkonsumsi bok choy secara rutin akan merangsang pertumbuhan hormon-hormon yang tubuh yang mendorong naiknya tinggi badan. Kubis Cina atau bok choy adalah sayuran lainnya yang wajib kamu masukkan dalam diet untuk menambah tinggi badan.

Sayuran ini mengandung banyak mineral, vitamin, serat makanan dan karbohidrat. Mengonsumsi bok choy secara teratur akan membantu merangsang hormon pertumbuhan dan juga meningkatkan tinggi badan. Kamu dapat mengonsumsi tanaman ini dalam keadaan mentah atau dimasak setiap 3-4 kali dalam seminggu.

  • Kedelai

Mengapa kedelai termasuk makanan peninggi badan? Protein murni yang terkandung dalam kedelai dapat meningkatkan massa tulang dan jaringan. Bagi remaja yang sedang meningkatkan tinggi badan, direkomendasikan untuk mengonsumsi 50 gram kedelai setiap hari.

  • Bayam

Bayam tidak hanya membuat tubuh lebih kuat, namun juga membuat tubuh kamu lebih tinggi. Bayam membantu dalam fungsi tubuh, pertumbuhan otak, membangun sel-sel otot dan juga pertumbuhan tulang. Karena bayam kaya akan vitamin, zat besi, serat dan kalsium. Ambil segenggam bayam dan masukkan ke blender agar menjadi jus bayam atau kamu juga dapat menjadikan bayam sebagai salad segar untuk dikonsumsi.

  • Telur

Banyak orang menganggap telur apalagi bagian kuning telur sebagai sumber lemak yang akan membuat tubuh menjadi gendut. Namun kenyataanya, banyak binaragawan yang memasukan telur sebagai menu sarapan paginya. Dan itu pun dilakukan secara rutin.

Telur merupakan bahan makanan yang memiliki protein, vitamin D dan kalsium yang sangat sangat baik. Mengkonsumsi telur dapat menjadi makanan penambah tinggi badan beberapa inci dan tulang pun akan menjadi lebih sehat. Salah satu cara sehat untuk mengkonsumsi telur adalah dengan cara merebusnya. Jangan digoreng, karena merebus telur akan membuat kandungan nutrisi di dalam telur tetap terjaga.

  • Ikan

Salah satu makanan peninggi badan terbaik adalah ikan. Salmon dan tuna adalah dua jenis ikan yang sangat kaya akan vitamin D dan protein. Untuk memaksimalkan pertumbuhan anak, maka orang tua harus mencoba memasukkan sepuluh kelompok makanan peninggi badan ini secara teratur dalam diet anak. Kamu dapat merencanakan dan menyiapkan menu makanan mereka dengan mengingat informasi di atas dalam pikiran.

  • Lobak

Lobak adalah sayuran yang kaya akan manfaat. Di dalam lobak, terdapat lemak, vitamin, mineral, kolesterol, protein dan juga serat. Banyaknya kandungan yang ada di dalam lobak membuat lobak menjadi makanan wajib di meja, jika menginginkan tinggi badan bertambah. Kandungan dalam lobak ini akan membantu tubuh menghasilkan hormon yang berguna untuk proses pertumbuhan. Konsumsi lobak secara teratur jika ingin tinggi badan bertambah secara signifikan.

Apakah Obat Penambah Tinggi Bermanfaat Meskipun Sudah Lewat Umur?

Ada banyak sekali produsen yang membuat obat penambah tinggi badan dan menyatakan bahwa produknya bisa berhasil dan efektif untuk meninggikan badan. Apakah itu memang benar? Saat ini ada banyak produk obat penambah tinggi badan yang bisa dibeli dan dikonsumsi dengan mudah oleh masyarakat.

Sayangnya, dari sekian banyak produk obat penambah tinggi badan yang beredar, ternyata hanya sebagian kecil saja yang terbukti bisa meningkatkan tinggi orang yang mengkonsumsinya.

Berbagai produk obat penambah tinggi badan tersebut menyatakan bahwa mereka mengandung hormon pertumbuhan yang dapat membuat seseorang menjadi lebih tinggi dari sebelumnya. Padahal, sampai saat ini pemakaian hormon pertumbuhan harus melalui persetujuan dokter. Pemberian hormon pertumbuhan biasanya dilakukan melalui suntikan dan yang mendapatkan hormon ini adalah anak-anak yang mengalami masalah pertumbuhan serta metabolisme.

Sedangkan untuk orang dewasa, pemakaiannya juga diatur dengan cukup ketat, yaitu hanya boleh diberikan pada orang yang mengalami short bowel syndrom yaitu ketidakmampuan usus untuk menyerap zat gizi yang masuk serta penurunan massa otot yang sering terjadi pada penderita HIV/AIDS. Nah mungkin karena hal inilah yang membuat tidak semua obat peninggi badan efektif terbukti benar, hanya beberapa saja yang mungkin efektif.

Demikianlah ulasan artikel di atas tersebut, semoga dengan membaca artikel ini dapat memberikan pengetahuan yang baru untuk kalian semua. Semoga bermanfaat ya dan sampai ketemu lagi…