“Sidik Jari”, Cara Lain Untuk Mengetahui Kepribadian Seseorang

Apa yang kamu ketahui tentang sidik jari? Ya, sidik jari mungkin mengingatkan kamu dengan ijazah. Akan tetapi, kamu tahu gak apa sih sebenarnya fungsi sidik jari tersebut? Mungkin sekarang sidik jari tidak hanya untuk ijazah ya, banyak teknologi yang menggunakan sidik jari, misalnya saja handphone dan daftar hadir yang disebut finger print.

Kamu juga bisa melihat kepribadian dari sidik jari lho. Oh iya apakah kamu pernah berpikir bahwasanya sidik jari manusia di dunia ini ada yang sama? Jika kamu berpikiran seperti itu, kamu salah. Kenapa? Nah untuk mendapatkan jawabannya, silahkan simak artikel di bawah ini.

Apakah Ada Sidik Jari Yang Sama?

Sidik jari adalah hasil reproduksi tapak jari, baik yang sengaja diambil, dicapkan dengan tinta maupun bekas yang ditinggalkan pada benda karena pernah tersentuh kulit telapak tangan atau kaki. Kulit telapak adalah kulit pada bagian telapak tangan, mulai dari pangkal pergelangan sampai ke semua ujung jari dan kulit bagian dari telapak kaki mulai dari tumit sampai ke ujung jari yang mana pada daerah tersebut terdapat garis halus menonjol yang keluar satu sama lain yang dipisahkan oleh celah atau alur yang membentuk struktur tertentu.

Sidik jari merupakan struktur genetika berbentuk rangka yang sangat detail pada diri manusia dan tidak dapat dihapus atau diubah sampai kapan pun. Sidik jari adalah simbol yang menandakan bahwa tidak ada pribadi yang sama di dunia ini bahkan untuk kembar identik sekalipun meski mereka berbagi DNA sama.

Peluang kamu menemukan satu set sidik jari lain yang benar-benar duplikat langsung dari milik kamu sendiri hanya satu di antara 64 miliar kemungkinan. Tapi sampai saat ini, tidak ditemukan ada dua orang di dunia yang memiliki sidik jari sama persis. Jika di dunia ini hidup 6 miliar orang, maka ada 6 miliar pola sidik jari yang ada dan belum ditemukan seseorang yang memiliki sidik jari yang sama dengan lainnya.

Karena keunikannya tersebut, sidik jari dipakai oleh kepolisian dalam penyidikan sebuah kasus kejahatan (forensik). Makanya pada saat terjadi sebuah kejahatan, TKP akan diclear up dan dilarang bagi siapa saja untuk masuk karena dikhawatirkan akan merusak sidik jari penjahat yang mungkin tertinggal di barang bukti yang ada di TKP.

Daktiloskopi adalah ilmu yang mempelajari sidik jari untuk keperluan pengenalan kembali identitas orang dengan cara mengamati garis yang terdapat pada guratan garis jari tangan dan telapak kaki. Daktiloskopi berasal dari bahasa Yunani yaitu dactylos yang berarti jari jemari atau garis jari dan scopein yang artinya mengamati atau meneliti. Kemudian dari pengertian itu timbul istilah dalam bahasa Inggris, dactyloscopy yang kita kenal menjadi ilmu sidik jari.

Fleksibilitas dari gelombang pada kulit berarti tidak ada dua sidik jari atau telapak tangan yang sama persis pada setiap detailnya. Pengenalan sidik jari melibatkan seorang pakar atau sebuah sistem pakar komputer yang menentukan apakah dua sidik jari berasal dari jari atau telapak yang sama.

Ada beberapa keunikan pada sidik jari, yaitu bersifat spesifik. Setiap orang memiliki pola sidik jari yang berbeda antara satu dengan lainnya bahkan sidik jari pada tangan seseorang memiliki pola yang berbeda di setiap jarinya kemudian sidik jari bersifat permanen. Berbeda dengan anggota tubuh lainnya yang senantiasa berubah dari waktu ke waktu.

Jenis Sidik Jari

Ada tiga jenis sidik jari yaitu Whorl (lingkaran), Loop (sangkutan) dan Arch (busur). Sifat-sifat atau karakteristik yang dimiliki oleh sidik jari adalah parennial nature yaitu guratan-guratan pada sidik jari yang melekat pada manusia seumur hidup.

Immutability yang berarti bahwa sidik jari seseorang tak akan pernah berubah kecuali sebuah kondisi yaitu terjadi kecelakaan yang serius sehingga mengubah pola sidik jari yang ada dan individuality yang berarti keunikan sidik jari merupakan originalitas pemiliknya yang tak mungkin sama dengan siapapun di muka bumi ini sekali pun pada seorang yang kembar identik. Mengenai bentuk dan pola sidik jari yang terdiri dari tiga jenis di atas memiliki ciri-ciri yang khas yaitu :

  • Whorl yaitu bentuk pokok sidik jari, mempunyai 2 delta dan sedikitnya satu garis melingkar di dalam pattern area, berjalan di depan kedua delta. Jenis whorl terdiri dari Plain whorl, Central pocket loop whorl, Double loop whorl dan Accidental whorl.
  • Loop adalah bentuk pokok sidik jari dimana satu garis atau lebih datang dari satu sisi lukisan, melereng, menyentuh atau melintasi suatu garis bayangan yang ditarik antara delta dan core, berhenti atau cenderung berhenti ke arah sisi semula.
  • Arch merupakan bentuk pokok sidik jari yang semua garis-garisnya datang dari satu sisi lukisan, mengalir atau cenderung mengalir ke sisi yang lain dari lukisan itu dengan bergelombang naik di tengah-tengah.

Sidik jari yang mengalami kerusakan atau cacat dibagi menjadi dua, yaitu :

  • Cacat sementara adalah cacat pada bagian kulit luar (epidermal) dan garis yang cacat atau rusak tersebut dapat sembuh kembali seperti semula.
  • Cacat tetap adalah cacat yang disebabkan karena ikut rusaknya garis yang sampai lapisan dermal. Sidik jari yang cacat tetap atau sementara biasnya tidak akan mempengaruhi identifikasi terhadap jari kecuali apabila sidik jari rusak sama sekali.

Proses Terbentuknya Sidik Jari

Meskipun para ilmuwan setuju bahwa sidik jari mulai berkembang di sekitar minggu ke-10 kehamilan dan akan komplit di akhir bulan ke-4, tidak ada yang tahu pasti proses tepatnya sampai sidik tercipta. Sidik kulit yang termasuk sidik jari, sidik telapak dan jejak kaki mulai terbentuk sejak janin berusia sekitar 13-19 minggu. Secara morfologis, sidik kulit ini ditentukan oleh kromosom. Pakar genetika telah membuktikan bahwa sidik kulit dibentuk dan diwariskan secara genetis.

Pada janin, lapisan basal bertumbuh lebih cepat daripada lapisan tetangganya sehingga melengkung dan terlipat ke segala arah. Sementara lapisan basal terus tumbuh meregang, tekanan ini menyebabkan dua lapisan kulit lainnya ikut tertarik dan menyebabkan epidermis ringsek terlipat ke dalam dermis.

Saraf juga dikatakan berperan dalam proses pembentukan sidik jari, karena pakar menduga saraf adalah asal dari kekuatan yang menarik epidermis. Proses lipatan ini akan terus terjadi sampai pada akhirnya menghasilkan pola kompleks dan unik yang kita lihat di ujung-ujung jari kita saat ini.

Perkembangan ini tak hanya bergantung pada faktor genetik, namun juga kondisi fisik yang unik. Tak terhitung faktor yang diperkirakan dapat memengaruhi pembentukan polanya termasuk tekanan darah, kadar oksigen dalam darah, gizi ibu, tingkat hormon, posisi janin dalam rahim di waktu-waktu tertentu, komposisi dan kekentalan cairan ketuban yang berputar-putar di sekitar jemari bayi saat mereka menyentuh dinding kantung ketuban dan sekitarnya sampai ke kekuatan tekanan jari saat bayi menyentuh lingkungan sekitarnya.

Tahukah kamu kalau sidik jari bisa dicuri lewat foto? Waspadalah jika memakai pose mengangkat tangan dekat dengan wajah dan mengacungkan dua jari karena telah diketahui gaya itu berpotensi mengancam keamanan data serta privasi. Menurut kelompok peneliti National Institute of Informatics (NII) asal Jepang, pose yang identik dengan simbol damai atau peace tersebut ini dapat mengekspos sidik jari sehingga dapat diidentifikasi dan dicuri oleh oknum yang tak bertanggung jawab. “Hanya dengan menunjukkan pose dua jari di depan kamera, sidik jari dapat dengan mudah tersebar,” ujar Profesor Isao Echizen, peneliti keamanan dan media digital dari NII kepada media lokal Sankei Shimbun.

Dengan berfoto selfie sambil bergaya dengan dua jari dari ponsel dan kemudian mengunggahnya ke media sosial, maka hal itu telah membuka potensi peretasan sidik jari. Sidik jari saat ini dimanfaatkan sebagai alat rekognisi data diri dan verifikasi. Karena sifatnya yang unik, fitur pemindaian sidik jari diterapkan untuk menambah keamanan perangkat ponsel pintar, tablet sampai dengan laptop.

Kepribadian Menurut Sidik Jari

Sidik jari tidak hanya berfungsi untuk mencari tahu identitas seseorang saja. Namun, lewat sidik jari ternyata kita bisa mengetahui pribadi seseorang. Pola sidik jari terdiri dari dua bagian, berbentuk lingkaran dan gelombang. Untuk menganalisis pribadi seseorang, gunakan tangan kiri pada pria dan tangan kanan pada wanita. Cara membacanya mulai dari ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan kelingking. Untuk mempermudah, kita gunakan simbol O untuk lingkaran dan W untuk gelombang. Penasaran kan pastinya, silahkan lihat di bawah ini:

  • Bentuk: OOOOO (semua jari berbentuk pola lingkaran)

Artinya: Kamu adalah orang yang sangat percaya diri, mandiri, memiliki karakter yang kuat dan temperamen. Keberuntungan Kamu dalam menjalani hidup di setiap periodenya akan selalu berubah secara dramatis. Sifat temperamen yang ada pada diri Kamu memiliki dampak negatif. Dengan begitu, sangat penting bagi Kamu untuk belajar lebih bersabar dan tenang dalam menghadapi sesuatu.

  • Bentuk: WWWWW (semua jari berbentuk pola gelombang)

Artinya: Kamu memiliki karakter jujur, lugas dan hidup yang teratur sesuai dengan jalur. Kamu termasuk pribadi yang sensitif, pemalu, tidak nyaman dalam situasi sosial. Oleh karena itu, Kamu sangat cocok dalam aktivitas desain atau karya-karya kreatif. Karena Kamu kurang nyaman dalam lingkungan yang melibatkan banyak orang, Kamu tidak cocok untuk bekerja di PR (Public Relation),politikus atau jenis pekerjaan yang mengharuskan Kamu untuk bertemu banyak orang.

  • Bentuk: OWWWO

Artinya: Kamu adalah tipe orang pekerja keras. Sifat ini membuat Kamu mendapatkan pilihan karir kerja yang cukup bergengsi. Jika Kamu memilihnya, maka Kamu akan mendapatkan posisi penting di dalamnya. Namun, hal ini jangan sampai menjadikan Kamu sombong karena dapat menghancurkan karir yang telah susah payah Kamu dapatkan. Kamu juga harus berhati-hati dalam menjaga jabatan yang Kamu pegang karena akan ada beberapa orang yang merasa cemburu dan beberapa lainnya mencoba mengkhianati. Sebaiknya Kamu pikirkan keuntungan segala sesuatu dalam jangka panjang.

  • Bentuk: OWWOW

Artinya:Kamu harus bekerja keras di awal meniti karir. Kamu baru akan mendapatkan pengakuan dan kekayaan di pertengahan usia. Hasil kerja keras yang Kamu lakukan pada usia muda akan menjadikan kehidupan yang lebih baik di masa tua.

  • Bentuk: OWOWW

Artinya:Terkadang Kamu selalu berpikir sempit dalam mengambil sebuah keputusan dan bertindak. Cobalah untuk lebih rendah hati dan belajar sebanyak mungkin, karena dengan begitu Kamu akan mendapatkan bantuan yang akan berpengaruh terhadap bisnis dan kehidupan karir Kamu.

  • Bentuk: WOOOO

Artinya: Kamu adalah orang yang selalu berpikir jernih dan baik hati. Selama Kamu bekerja keras, Kamu akan sukses. Meskipun Kamu termasuk orang yang cenderung terburu-buru, namun akan selalu ada orang yang membantu.

  • Bentuk: OOOOW

Artinya: Kamu termasuk orang yang sopan dan berhati baik. Dengan sifat tersebut akan memudahkan Kamu dalam mendapatkan bantuan dari orang lain. Kamu juga akan mendapatkan kesuksesan dalam karir Kamu. Kamu tidak mudah percaya pada orang, sehingga membuat Kamu menjadi terlalu konservatif.

  • Bentuk: OOOWW

Artinya: Kamu memiliki sifat mudah marah dan cepat memberi penilaian, tidak jarang hal ini membuat Kamu salah dalam bertindak. Sebaiknya Kamu segera memperbaiki sifat ini dan cobalah untuk bersikap tenang.

  • Bentuk: OWWWW

Artinya: Kamu memiliki karakter yang baik. Kamu akan benar-benar menjadi sukses di usia yang lebih tua. Jadi, bersiaplah untuk bekerja keras di usia muda.

  • Bentuk: WOWWW

Artinya: Kamu sangat pintar bersosialisasi dan berani mengambil resiko. Saat usia bertambah, sebaiknya Kamu tidak mengambil resiko terlalu besar.

  • Bentuk: WWOWW

Artinya: Kamu memiliki visi dan tanggung jawab yang besar. Sebaiknya Kamu berhati-hati karena visi yang Kamu emban bisa menjadi penyebab kesulitan yang serius. Sikap hati-hati bisa meminimalisir bahaya resiko yang akan Kamu dapatkan.

  • Bentuk: WWWOW

Artinya: Kamu sangat cerdas dan akan menikmati banyak penghargaan. Kamu juga memiliki kehidupan yang nyaman dan keberuntungan materi. Jika Kamu bekerja keras, Kamu akan menjadi orang besar dan sukses.

  • Bentuk: WWWWO

Artinya: Kamu akan mewarisi bisnis atau harta dari orangtua. Kamu adalah orang yang mampu dan bisa sukses dalam bisnis sendiri, namun sifat ketidaksabaran yang ada pada diri Kamu bisa menimbulkan kesulitan.

  • Bentuk: OOWWW

Artinya: Kamu termasuk orang yang cenderung bangga dan sombong di luar meski sebenarnya Kamu adalah orang yang baik hati. Sebaiknya Kamu memperbaiki keterampilan sosial karena ada kerabat/orang terdekat yang cenderung mengambil keuntungan dari Kamu.

  • Bentuk: WOWOO

Artinya: Kamu orang yang sangat ramah, periang, dan senang berpesta. Di pertengahan usia, ada kemungkinan Kamu bergantung pada orang lain. Jika Kamu tidak mempersiapkan diri, maka Kamu akan mendapat kehidupan sulit di masa depan.

  • Bentuk: WOWOW

Artinya: Kamu termasuk pemberontak yang mudah mengendalikan dan meyakinkan orang lain. Namun, terkadang Kamu mudah berubah pikiran dan tidak jelas dengan apa yang Kamu inginkan. Jika Kamu fokus, maka Kamu akan mendapatkan apa yang diinginkan.

  • Bentuk: WOWWO

Artinya: Kamu termasuk orang yang berpikir panjang, bahkan di usia muda Kamu sudah berpikir masa depan. Kamu akan menikmati kehidupan yang lancar, bahagia dan damai.

  • Bentuk: WWOWO

Artinya: Seluruh kehidupan yang Kamu jalani pasang surut antara kebahagiaan dan kegagalan. Namun, jika Kamu terus bergerak melangkah. Kamu akan mendapatkan kehidupan yang damai dan tumbuh dalam kedewasaan.

  • Bentuk: WWWOO

Artinya: Kamu orang yang sangat baik dan akan ada orang baik dalam kehidupanmu, karena Kamu akan menarik orang-orang seperti ini ke arahmu. Dengan bekerja keras, maka Kamu akan mendapat imbalan yang sesuai dengan keinginan.

  • Bentuk: OWWOO

Artinya: Kamu akan mendapatkan pengakuan dan terkenal setelah bertahun-tahun bekerja keras. Kamu akan mencapai kematangan dan mendapat hidup yang lebih baik.

  • Bentuk: WWOOW

Artinya: Kamu termasuk orang yang mampu tapi cenderung kurang memiliki penilaian yang baik. Kamu juga cenderung untuk memulai sesuatu dan kemudian kehilangan minat. Jika ingin sukses, tetaplah fokus.

  • Bentuk: OWOOW

Artinya: Kamu memiliki karakter yang baik, senang membantu teman-teman sehingga menjadi populer. Kamu selalu berpikir panjang dan peka terhadap orang lain, Kamu akan menikmati kesuksesan di bidang kreatif.

  • Bentuk: OWOWO

Artinya: Kamu memiliki kecerdasan, tangguh, dan agresif. Kamu bisa bekerja sangat cepat dan efektif. Namun, Kamu memiliki sikap mengintimidasi orang lain. Sebaiknya Kamu memperbaiki sikap ini.

  • Bentuk: WWOOO

Artinya: Kamu termasuk orang yang terbuka, cenderung agak naif dan berpikir dangkal. Meskipun memberi saran yang baik, jika Kamu tidak memikirkan apa yang Kamu katakan, jangan heran apabila orang lain mengabaikan pandangan Kamu.

  • Bentuk: OOWOW

Artinya: Kamu memiliki jiwa besar, mampu melihat dan meraih peluang sehingga Kamu cocok bekerja di bidang keuangan dan investasi.

  • Bentuk: OOWWO

Artinya: Kamu orang yang jujur dan terpercaya namun memiliki kecenderungan mengejar materi. Jika Kamu tidak dapat mengurus diri sendiri, Kamu dapat dengan mudah tertipu dan dimanfaatkan orang lain.

  • Bentuk: OOOWO

Artinya: Kamu memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik sehingga dapat menarik bimbingan dan bantuan orang berpengaruh. Banyak orang yang akan membantu Kamu dalam hal yang Kamu inginkan.

  • Bentuk: OOWOO

Artinya:Kamu orang yang sangat berani dan pekerja keras. Banyak yang mempercayai Kamu ketika Kamu masih muda. Namun, sifat berani tersebut dapat menimbulkan banyak musuh jika Kamu tidak berhati-hati dalam bertindak.

  • Bentuk: OWOOO

Artinya: Kamu memiliki karakter yang mudah bergaul, tidak pandai berbisnis, namun dapat berhasil di bidang akademis.

  • Bentuk: WOOWW

Artinya: Kamu memiliki reputasi yang baik dan karakter yang tenang. Namun, Kamu memiliki sifat membanggakan diri yang dapat menyinggung orang lain.

  • Bentuk: WOOWO

Artinya: Kamu orang yang sederhana namun logis. Jika Kamu fokus pada sesuatu hal dan memiliki kesabaran, maka Kamu akan mendapat keuntungan, keberuntungan dan dihormati.

  • Bentuk: WOOOW

Artinya: Kamu orang yang selalu berterus terang, kuat dan menyenangkan. Namun, terkadang mudah menyinggung perasaan orang lain.

Demikianlah penjelasan tentang sidik jari di atas tersebut, cukup jelas bukan? Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah pengetahuan kamu ya. Oke deh karena semua udah dijelaskan, maka sampai sini dulu deh pembahasan kita ya, see you bye bye……