Money Changer: Pengertian Dan Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Menukar Uang

Jika kalian liburan ke luar negeri, apa sih yang akan kalian lakukan di sana? Tentu saja jalan-jalan dan belanja bukan? Nah dengan begitu berarti kamu harus memerlukan uang untuk membayar semuanya, tapi bukan dengan mata uang negara kamu dong tentunya. Ya misalnya saja kamu ke Malaysia, kamu tentunya harus membayar dengan uang Ringgit bukan dengan Rupiah.

Lalu gimana caranya untuk mendapatkan atau menukar uang Rupiah tersebut dengan Ringgit? Nah kamu bisa pergi ke Money Changer untuk menukarnya. Mungkin kamu belum terlalu memahami apa itu Money Changer, maka dari itu di artikel ini kita akan membahas seputar Money Changer tersebut. Yuk, langsung aja disimak ya.

Pengertian Money Changer

Money Changer pada dasarnya berasal dari kata “Money Exchange” yang berarti pertukaran mata uang, sementara “Money Changer” berarti pedagang valuta asing atau sebuah usaha (bisnis) yang bergerak dalam bidang pembelian dan penjualan mata uang asing. Untuk sebagian orang, hal tersebut mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kamu bukan?

Salah satu hal penting yang harus dipersiapkan sebelum liburan ke luar negeri adalah menukarkan uang Rupiah ke mata uang negara tujuan. Setiap negara mempunyai mata uang dan juga nilai mata uang masing-masing. Kamu pasti akan berusaha menyamakan diri dengan keadaan negara tujuan, salah satunya dengan menyamakan uang di negara tujuan kamu tersebut.

Selain Money Changer, ada beberapa tempat yang bisa dituju seperti bank, bandara, hotel ataupun mengambil uang langsung di ATM di negara tujuan. Biasanya yang membedakan tempat-tempat penukaran uang ini adalah nilai tukarnya. Ada yang memberikan nilai tukar yang lebih tinggi dan ada juga yang memberikan nilai tukar lebih rendah.

Aktivitas penukaran uang disebut juga dengan istilah pedagang uang atau pedagang valuta asing. Kenapa begitu karena dari kegiatan tersebut dapat diambil keuntungan dari jasa yang ditawarkan. Selain untuk para wisatawan yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri, pertukaran uang asing juga sering digunakan dalam perdagangan internasional.

Namun Money Changer adalah tempat yang paling sering dikunjungi untuk menukarkan uang, baik di negara asal maupun di negara tujuan. Salah satu alasannya adalah Money Changer sangat mudah ditemukan seperti di pinggir jalan, di berbagai pusat bisnis dan pusat perbelanjaan maupun di bandara. Selain itu, biasanya Money Changer memiliki nilai tukar yang cukup baik.

Namun tidak semua jenis mata uang negara di dunia tersedia di Money Changer. Mata uang Negara ASEAN seperti Kamboja, Laos, Myanmar dan Filipina masih sulit ditemukan di Indonesia. Jika begitu yang paling aman dilakukan adalah membawa mata uang yang sudah umum digunakan seperti dollar Amerika Serikat dan Euro.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Menukar Uang

Meskipun saat ini sudah banyak jasa money changer yang bisa dikunjungi sebagai pilihan, ada baiknya untuk lebih selektif dalam menggunakan jasa penukaran uang ini. Sebelum kamu pergi dan menukarkan uang ke Money Changer, sebaiknya perhatikan beberapa hal ini:

  • Cari money changer yang resmi

Hati-hati dalam memilih Money Changer, sebelum menukar uang di money changer maka perhatikan dulu Money Changer tersebut masuk ke dalam Authorized Money Changer atau Money Changer berizin. Mungkin nilai tukar kurs mata uang asing ke rupiah yang ditawarkan oleh Money Changer tidak berizin itu lebih tinggi. Tetapi ada kemungkinan jika uang tersebut rusak, sudah tidak beredar bahkan palsu. Meskipun cara menukar uang di Money Changer tersebut diharuskan dengan dokumen lengkap.

Penukaran mata uang luar negeri di Money Changer resmi biasanya mendapat potongan sebaga komisi atas penggunaan Money Changer tersebut. Jadi, sebaiknya kamu jangan terkejut jika perhitungan kamu dan jumlah yang diterima terdapat selisih.

Tetapi hal itu bukanlah masalah, karena kamu memang sangat membutuhkan jasa tersebut. Memilih Money Changer berizin juga akan mengurangi risiko pembohongan atau mendapatkan uang rusak bahkan palsu. jadi pilihlah yang memiliki izin.

  • Mengecek nilai mata uang

Sebelum kamu berpergian ke suatu negara, periksa dahulu nilai mata uang negara tersebut. Biasanya, kita bisa melihat kurs mata uang asing melalui internet atau bisa juga menanyakan ke agen travel atau money changer terdekat. Sehingga kamu dapat memperbandingkan nilai tukar yang akan kamu dapatkan.

  • Hindari menukar uang di luar negeri

Ada banyak kendala saat menukar uang di luar negeri, salah satu masalah utamanya bahasa. Jadi lebih baik belajar tentang percakapan dalam bahasa asing terlebih dahulu agar dapat berkomunikasi dengan mudah. Untuk yang belum bisa menguasai bahasa asing lebih baik penukaran uang di luar negeri menggunakan ATM. Di luar negeri juga menyediakan jaringan internasional yang dapat kamu gunakan untuk tarik tunai dengan mata uang asing.

  • Hindari penukaran mata uang luar negeri di hotel atau bandara

Penukaran uang di bandara maupun hotel sudah terkenal mahal. Bahkan kamu bisa rugi 20% jika kamu menukar di tempat tersebut. Jadi, sebisa mungkin hindari menukar uang di Money Changer bandara kedatangan atau hotel, sebab nilai tukar di Money Changer di bandara kedatangan atau hotel lebih rendah atau dengan kata lain harganya lebih mahal dibandingkan di luar tempat tersebut.

  • Tidak mendadak melakukan penukaran uang

Sebaiknya dalam mempersiapkan apapun tidak dilakukan dengan tergesa-gesa atau mendadak. Termasuk pula dengan persiapan uang untuk beberapa keperluan. Agar mendapatkan nilai tukar terbaik, usahakan menukar uang tidak mendadak sehingga masih ada cukup info berhubungan dengan fluktuasi nilai mata uang yang berlaku.

  • Jangan tergiur dengan nilai jual tinggi

Biasanya di pintu depan Money Changer terpampang papan nilai jual mata uang. Jangan tergiur dulu dengan nilai jual yang tinggi, pasalnya tidak sedikit Money Changer yang mengenakan komisi sebesar 3% sampai 7% setiap kamu menukar uang. Sebaiknya kamu menanyakan komisi yang berlaku pada Money Changer tersebut. Perhitungkan jumlah uang yang didapatkan dari hasil penukaran dengan jumlah komisi yang harus dikeluarkan.

Nah itulah kurang lebih penjelasan tentang Money Changer serta hal yang harus diperhatikan saat menukar uang di tempat tersebut. Semoga saja artikel dapat menambah wawasan kalian semua ya…