Kenapa Lidah Terasa Gatal Setelah Makan Nanas? Yuk, Lihat Jawabannya Di Sini

Siapa nih diantara kamu yang suka dengan buah nanas? Setiap orang tentu saja menyukai buah yang memiliki rasa manis dan terkadang juga berasa asam ini. Buah ini bisa langsung dimakan setelah dikupas kulitnya, buah ini juga bisa dijadikan jus dan menjadi salah satu bahan campuran dalam pembuatan kue, permen dan masih banyak lagi. Nah berhubung lagi bahas tentang buah nanas, pernah gak sih kamu bertanya-tanya kenapa sih setiap habis makan nanas lidah terasa gatal? Nah pada penasaran kan? Yuk, langsung aja kita lihat penjelasannya di bawah ini.

Buah Nanas

Nanas menjadi salah satu buah tropis yang enak dinikmati saat cuaca panas. Tidak hanya itu saja, buah yang berwarna kuning cerah ini juga banyak menyediakan untuk kita vitamin, mineral, antioksidan dan enzim. Nanas berasal dari pulau-pulau di India Barat. Nanas diproduksi di negara-negara Afrika Selatan, Amerika Tengah, Hawai, India, Thailand, Pantai Gading, Philipina, Brasilia, Afrika Selatan dan Kenya. Uni Eropa mengimpor nanas terutama dari Pantai Gading hampir (93%) dan selebihnya dari Kenya, Costa Rica, Equador, Columbia, Brasilia, Afrika Selatan dan Malaysia. Tidak ketinggalan juga Indonesia yang merupakan salah satu negara yang memiliki hasil budidaya nanas yang cukup besar

Buah ini memiliki tinggi mencapai 5-8 kaki dan menyebar sekitar radius 3-4 kaki, daunnya berujung jarum dan kulit buahnya kasar dan sedikit tajam. Secara ilmiah, buah ini dikenal dengan nama Ananas Comosus dan termasuk famili Bromeliaceae, dalam genus Ananas.

Buah nanas sangat mudah ditemukan dipasaran bahkan tersedia sepanjang tahun. Harganya yang sangat terjangkau, sekaligus menjadi pilihan buah terbaik terutama bagi masyarakat yang tinggal di wilayah tropis. Walaupun buah ini banyak khasiat dan manfaatnya, namun perlu berhati-hati bagi wanita yang sedang hamil. Buah nanas mengandung bromelain yang menjadikannya sebagai salah satu buah yang tidak boleh dimakan Ibu Hamil.

Asupan kandungan bromelain yang berlebihan akan mengakibatkan kontraksi rahim yang berpotensi menimbulkan keguguran. Tentu saja bukan berarti ibu hamil tidak boleh makan nanas. Bromelain dalam level membahayakan ini baru bisa didapat jika ibu hamil melahap dua buah nanas utuh sekaligus.

Nanas segar adalah sumber vitamin antioksidan yang sangat baik. Dalam 100 g buah mengandung 47,8 atau 80% vitamin C. Vitamin ini dibutuhkan untuk sintesis kolagen dalam tubuh. Pada 100 g buah nanas mengandung sekitar 50 kalori, setara dengan apel dan dagingnya tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Buah nanas juga merupakan sumber serat larut dan tidak larut seperti pektin.

Manfaat Nanas Untuk Kesehatan

 

Satu buah nanas ukuran sedang yang sudah dikupas biasanya memiliki berat sekitar 165 gram. Sebagian besar buah nanas tersusun dari air dan karbohidrat. Kandungan air buah nanas sekitar 80% dari berat total buah, sisanya mengandung karboidrat yang berasal dari gula dan serat. Berikut ini merupakan manfaat dari nanas untuk kesehatan:

  • Melancarkan sistem pencernaan

Buah nanas secara alami memiliki kandungan yang kaya serat. Fungsi kaya serat ini baik untuk meningkatkan sistem pencernaan. Biasanya makanan yang tinggi serat agak susah larut dicerna, tapi tidak dengan buah nanas. Gangguan saluran cerna seperti sembelit dan rasa mual sering terjadi karena tubuh tidak dapat mencerna protein dengan baik. Enzim bromelain dari buah nanas dapat membantu memecah protein dengan lebih cepat sehingga mengurangi berbagai efek dari sembelit dan rasa mual setelah makan.

  • Mencegah kanker usus

Makan buah nanas untuk pencernaan juga bagus untuk mencegah kanker pada usus. Kandungan antioksidan dari vitamin C mampu melawan sel-sel kanker di dalam tubuh. Selain itu buah nanas juga kaya kandungan antioksidan lainnya termasuk vitamin A, beta karoten, bromelain dan berbagai senyawa flavonoid. Buah nanas juga mampu menangkal radikal bebas yang kuat akan penyebab pertumbuhan kankernya.

  • Menjaga daya tahan tubuh

Enzim bromelain yang merupakan kandungan enzim nanas berguna menjaga tubuh dari serangan mikroorganisme. Efek anti-inflamasi dari enzim berperan dalam memperbaiki kerusakan pada tingkat sel akibat serangan kuman dan membantu stimulasi daya tahan tubuh lebih baik.

  • Mencegah kardiovaskular

Nanas mendukung kesehatan jantung karena memiliki kandungan serat, potassium dan vitamin C. Satu studi menemukan bahwa salah satu manfaat jus nanas memiliki kemampuan proteksi kardio, seperti yang terlihat pada penelitian yang dilakukan pada tikus. Studi tersebut menyimpulkan bahwa jus nanas dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan dapat membantu pembentukan pencernaan dan penyerapan. Buah yang tinggi potassium juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Nanas membantu mengurangi peradangan yang berbahaya dan memulihkan tekanan darah sehat karena kandungan antioksidannya.

  • Mencegah katarak

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah nanas cukup untuk menjaga kesehatan fungsi mata. Suatu penelitian menunjukkan konsumsi vitamin C dapat menurunkan risiko terjadinya buram pada lensa mata akibat katarak yang dapat mengganggu penglihatan.

  • Mengobati asam urat

Enzim bromelain dan kandungan kaliumnya membuat nanas bersifat diuretik yang efektif dalam membantu mengatasi masalah asam urat. Namun, jangan mengonsumsi nanas yang terlalu matang karena kandungan alkoholnya akan mengakibatkan kenaikan kadar asam urat.

  • Menguatkan tulang

Nanas juga salah satu buah yang populer untuk membantu menguatkan tulang. Kandungan mangan di dalamnya dibutuhkan untuk membentuk struktur tulang agar lebih padat. Kamu bisa memperoleh 73% kebutuhan mangan dengan mengonsumsi nanas dalam sehari.

  • Mengatasi perut kembung

Nanas mengandung bromelain yaitu sebuah zat yang mampu membantu memecah makanan sehingga dapat mengurangi kembung dalam perut. Selain itu bromelain juga efetif untuk mengurangi peradangan setelah operasi, mengobati pembengkakan hidung saat mengalami infeksi sinusitis dan mengurangi rasa sakit dari oesteoarthritis.

  • Membantu menyembuhkan luka

Beberapa penyebab luka sulit untuk disembuhkan adalah terjadinya inflamasi dan infeksi bakteri di sekitar luka dan hal ini dapat diatasi oleh efek anti-inflamasi dan peningkatan imunitas pada enzim bromerlain. Ekstrak buah nanas juga dapat diaplikasikan dengan cara dioles di permukaan kulit yang mengalami luka.

Manfaat Nanas Untuk Kecantikan

Kalau tadi sudah disebutkan manfaat nanas untuk kesehatan, nah tidak hanya itu saja tetapi buah bersisik ini juga bermanfaat untuk kecantikan lho dan berikut ini ulasannya:

  • Mencegah timbulnya jerawat

Wajah berjerawat adalah salah satu masalah yang sangat mengganggu penampilan. Jerawat timbul disebabkan adanya penumpukan minyak dan kotoran dari polusi ataupun sisa makeup yang tertinggal untuk dibersihkan. Namun dengan menggunakan nanas, kamu bisa mendapatkan kulit yang bebas jerawat. Hal ini dikarenakan kandungan enzim bromelain didalam nanas yang membuat kulit menjadi bersih dan menghilangkan sisa kotoran yang tersumbat didalam pori-pori wajah.

  • Mengembalikan kesehatan bibir

Buah nanas yang bisa digunakan secara bersamaan dengan minyak kelapa akan membantu mengatasi bibir yang pecah-pecah. Campuran nanas dan minyak kelapa akan memberikan gizi yang berguna untuk penyembuhan bibir pecah-pecah.

  • Menghaluskan kulit wajah

Nanas juga berkhasiat untuk menghaluskan kulit wajah kamu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya jangan hanya menggunakan nanas untuk buah konsumsi. Tapi kamu juga bisa menggunakan olahan nanas sebagai masker wajah ataupun scrub.

  • Memperkuat kuku

Vitamin A dan C yang hadir pada buah nanas juga dapat membantu memperkuat kuku dan mecerahankannya. Kamu yang memiliki kuku kuning, ambillah jus nanas dan tambahkan 1 kuning telur dan 2 sendok minyak almond. Pijatlah kuku dengan campuran nanas dan bersihkan dengan air dingin.

  • Membuat rambut indah

Nanas mengandung sejumlah vitamin dan protein yang membantu meningkatkan kesehatan rambut, aplikasikan nanas secara teratur juga dapat membuat rambut sehat, berkilau dan tetap lembap. Oleskan jus nanas pada rambut dan kulit kepala untuk menjadikan rambut terlihat berkilau, kemudian bersihkan dengan air dingin.

Mengapa Lidah Terasa Gatal Setelah Makan Nanas?

Kamu juga pasti pernah kan mengalami hal yang satu ini, setelah makan nanas maka lidah dan bagian kulit mulut terasa gatal. Kira-kira apa sih yang menyebabkan hal tersebut? Makan nanas memang menyegarkan, apalagi buah ini juga kaya vitamin C. Namun yang jadi masalah adalah biasanya setelah mengonsumsi nanas maka lidah dan kulit wilayah mulut akan terasa gatal dan perih padahal seluruh kulitnya tentu sudah dikupas dengan sempurna.

Nah ternyata dalang di balik keluhan lidah yang terasa gatal setelah makan nanas adalah enzim alami yang disebut bromelain. Bromelain bekerja memecah protein dalam tubuh termasuk protein kolagen yang terdapat dalam jaringan lidah, bibir dan pipi bagian dalam. Efek dari bromelain inilah yang kemudian menimbulkan rasa gatal. Selain gatal, lidah mungkin juga sedikit membengkak setelah makan nanas. Meskipun enzim ini ada dalam semua bagian buah nanas, akan tetapi yang paling banyak terkonsentrasi zat tersebut adalah di bagian tengah buahnya.

Namun jangan khawatir, sebenarnya rasa gatal itu akan hilang dengan sendirinya beberapa waktu setelah kamu mengonsumsi nanas karena begitu kamu mengunyah dan menelannya, air liur dan asam lambung akan bekerja menetralisir bromelain serta memproduksi kembali protein dan asam amino dalam tubuh sehingga rasa gatal ini tidak akan bertahan lama.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa enzim bromelain itu sendiri sebenarnya baik untuk kesehatan tubuh. Sifat antiperadangan bromelain berperan memperbaiki kerusakan sel akibat infeksi bakteri dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh jadi lebih baik.

Cara lainnya untuk mencegah lidah gatal setelah makan nanas adalah dengan melumuri seluruh permukaan dagingnya tipis-tips dengan garam, diamkan sebentar lalu bilas bersih. Mengolah nanas menjadi jus, smoothiesm atau dicampurkan ke dalam yogurt juga dipercaya mampu menghilangkan rasa gatal yang ditimbulkan. Memanaskan atau memanggang nanas juga dapat mengurangi enzim bromelain dan menggantinya dengan kandungan gula yang lebih banyak karena efek karamelisasi.

Tapi, kalau rasa gatal dan perih tidak kunjung hilang dan malah menjalar ke bagian tubuh lain maka bisa jadi kamu alergi dengan buah nanas. Gejala alergi makanan yang parah dan tidak segera ditangani dapat berujung pada syok anafilaksis, anafilaksis adalah keadaan darurat medis. Carilah pertolongan medis segera jika kamu mengalami kesulitan bernapas atau menduga kamu akan mengalami syok anafilaksis.

Demikianlah penjelasan di atas tersebut, nah sekarang kamu udah tau kan alasan kenapa lidah dan bagian dalam mulut terasa gatal setelah makan nanas. Kalau kamu penggila buah berwarna kuning ini dan kamu tidak ingin merasakan gatal, kamu bisa ikuti saran yang udah disebutkan di atas tadi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan kamu. Sampai di sini dulu ya pembahasan kita, see you again…