Kenapa Kuku Tangan Lebih Cepat Tumbuh Ketimbang Kaki?

Memiliki kuku yang bersih dan indah juga dapat menunjang penampilan agar lebih menawan. Maka tak heran, banyak kaum wanita yang melakukan perawatan kuku ke salon agar kuku tetap terawat dan terjaga. Nah ngomongin soal kuku nih ya, kamu pernah gak sih bertanya-tanya kenapa kuku tangan lebih cepat panjang ketimbang kaki? Nah lho pada bingung pasti kan mau jawab apa? Jangan khawatir guys untuk mendapatkan jawabannya, mari kita simak aja langsung penjelasannya di bawah ini.

Pengertian

Kuku adalah bagian tubuh manusia yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran. Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf serta mempertinggi daya sentuh.

Pada ujung jari terdapat banyak reseptor yang berfungsi menghantarkan rangsang sentuh saat kita menyentuh suatu objek sehingga kita dapat merasakan sentuhan dengan objek yang kita sentuh. Di luar hal-hal tersebut, kuku juga bisa berfungsi sebagai estetika. Jika dirawat dan dipotong dengan baik, kuku dapat menambah keindahan jari-jari kita.

Lebar dan ketebalan lempeng kuku ditentukan oleh ukuran, panjang dan ketebalan matriks sedangkan bentuk jari sendiri menunjukkan jika lempeng kuku datar, melengkung atau bengkok. Matriks akan terus tumbuh selama itu menerima nutrisi dan tetap dalam kondisi sehat sebagai sel lempeng kuku baru yang dibuat, mereka mendorong sel-sel lempeng kuku yang lebih tua maju dan dengan cara ini sel-sel tua menjadi dikompresi, datar dan tembus. Hal ini membuat kapiler di kuku bawah terlihat sehingga menghasilkan warna pink.

Lunula adalah garis berwarna keputihan yang mungkin bisa kamu lihat di bagian bawah kuku kamu. Jika kamu tidak melihat lunula kamu, jangan khawatir. Karena sebenarnya lunula berada tepat di bawah kutikula kamu. Bahkan beberapa orang dengan kuku yang lebih kecil mungkin hanya bisa melihatnya jika menggunakan kaca pembesar.

Kenapa Kuku Tangan Lebih Cepat Tumbuh Daripada Kaki?

Nah selama ini kita berpikir pertumbuhan kuku tangan dan kaki memiliki waktu yang sama. Tapi, ternyata kuku jari tangan tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan kuku kaki. Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya yang sangat sedikit. Kuku terdiri dari protein yang disebut keratin yang juga terdapat pada kulit dan rambut.

Ahli dermatologi mengungkapkan bahwa pertumbuhan kuku tangan lebih cepat dibandingkan dengan kuku kaki, di mana kuku tangan lebih cepat tiga kali dibandingkan dengan kuku kaki. Ahli tersebut mengatakan bahwa kuku tangan tumbuh sekitar 0,1 mm perhari. Itu berarti kuku tangan tumbuh sebanyak 3 mm dalam sebulan.

Menurut para ilmuwan, hal ini terjadi lantaran jari-jari tangan kamu digunakan jauh lebih sering daripada kuku kaki. Nah, hal inilah yang membuat kuku jari kamu tumbuh lebih cepat dari kuku jari kaki. Selain itu, ada pula ilmuwan yang mengatakan jari kuku tangan lebih cepat panjang dibanding jari kuku kaki karena kuku jari tangan lebih dekat dengan jantung sehingga kuku jari tangan mendapatkan sirkulasi aliran darah yang lebih baik dibandingkan kuku jari kaki.

Jadi, secara umum pertumbuhan kuku tangan lebih cepat karena memang sirkulasinya aliran darahnya lebih baik dibandingkan dengan kuku kaki. Kuku membutuhkan tiga sampai enam bulan untuk tumbuh kembali sepenuhnya dan kuku kaki membutuhkan 12 sampai 18 bulan.

Tingkat pertumbuhan yang sebenarnya tergantung pada usia, jenis kelamin, musim, tingkat olahraga, diet dan turun-temurun faktor. Berlawanan dengan kepercayaan populer, kuku tidak terus tumbuh setelah kematian, kulit dehidrasi dan mengencangkan, membuat kuku (dan rambut ) muncul untuk tumbuh.

Kuku tangan diproduksi oleh sel kulit yang hidup pada tangan. Kuku tangan terdiri dari beberapa bagian termasuk nail plate (bagian kuku yang terlihat oleh mata), nail bed (kulit dibawah nail plate),kutikula (jaringan yang melapisi plate dan bagian dasar kuku), nail fold (lipatan kulit yang membentuk kuku dan mendukung kuku dari tiga sisi), lunula (bagian kuku yang berwarna keputih-putihan berbentuk seperti bulan sabit dibagian bawah kuku) dan matriks (bagian kuku yang tersembunyi dibawah kutikula).

Oleh karena itu, jangan heran jika pertumbuhan kuku orang dewasa lebih lambat dari pertumbuhan kuku anak-anak dan kuku kamu akan lebih cepat tumbuh pada saat musim panas. Meskipun berbeda pertumbuhannya antara kuku tangan dan kuku kaki, akan tetapi berilah perawatan yang sama antara keduanya agar terhindar dari infeksi dan jamur yang bisa tumbuh pada kuku kaki dan kuku tangan.

Kuku tangan yang lebih sering terkena paparan sinar matahari sedangkan kuku kaki tertutup (Paparan sinar matahari akan merangsang pertumbuhan sel yang lebih cepat, maka dari itu kuku tangan lebih cepat panjang dari pada kuku kaki yang lebih sering tertutup dari sinar matahari karena memakai kaos kaki dan sepatu).

Aktivitas tubuh yang berat atau orang yang sering melakukan olahraga maka orang itu akan lebih sehat, karena orang yang berolahraga maka, darahnya lebih cepat mengalir untuk menutrisi jaringan-jaringan atau organ yang dilewatinya dan aktivitas sel akan meningkat sehingga apabila terjadi kerusakan pada sel, maka sel tersebut akan langsung me-regenerasi sel yang rusak tersebut.

Nah udah gak penasaran lagi kan? Karena di artikel di atas sudah menjelaskan kenapa kuku tangan lebih cepat tumbuh daripada orang tua. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya, see you…