“Juliet Rose”, Bunga Mawar Yang Harganya Setara Rumah Mewah

Banyak berbagai jenis bunga di dunia ini dan semua orang pasti menyukai bunga apalagi para cewek-cewek, salah satu bunga yang disukai adalah bunga mawar. Selain memiliki warna yang indah, bunga ini juga harum mewangi. Nah ngomongin masalah bunga mawar, ada satu jenis bunga mawar yang dijual dengan harga fantastis yaitu seharga miliaran rupiah. Waw memangnya apa sih istimewanya? Yuk, langsung aja kita simak artikel di bawah ini.

Apa Itu Bunga?

Bunga adalah organ tanaman atau alat reproduksi seksual pada tumbuhan biji tertutup, pada bunga terdapat organ reproduksi, yaitu benang sari dan putik. Bunga juga merupakan modifikasi tunas yang berbentuk, warna serta susunannya disesuaikan dengan kepentingan tumbuhan. Bunga juga tempat berlangsungnya penyerbukan dan pembuahan yang akhirnya dapat dihasilkan alat-alat perkembangbiakan.

Mengingat pentingnya bunga bagi tumbuhan maka pada bunga terdapat sifat-sifat yang merupakan penyesuaian untuk melaksanakan fungsinya sebagai penghasil alat perkembangbiakan, pada umumnya bunga mempunyai warna menarik, berbau harum, bentuknya bermacam-macam dan biasanya mengandung madu.

Bagian-bagian bunga serta fungsinya:

  • Tangkai Bunga (pedicellus) berfungsi untuk menahan bagian-bagian bunga yang ada di bagian atapnya. Di atas tangkai bunga terdapat Reseptakel yang berfungsi sebagai tempat menempelnya tangkai sari.
  • Kelopak Bunga (sepal) berfungsi untuk melindungi organ bunga bagian atap, terutama sebagai tempat untuk melekatnya mahkota bunga.
  • Mahkota Bunga (petal) berfungsi untuk menarik serangga agar membantu dalam proses penyerbukan dan fungsi adaptasi pada beberapa tanaman tertentu.
  • Kepala sari (anthera) berfungsi sebagai tempat melekatnya serbuk sari (polen). Polen berfungsi sebagai alat perkembangbiakan generatif, di mana polen ini merupakan alat perkembangbiakan jantan pada bunga.

Bunga juga bisa dikatakan bunga sempurna dan tidak sempurna, berikut penjelasannya:

  • Bunga Sempurna. Bunga disebut bunga sempurna jika mempunyai dua macam alat kelamin, yaitu benang sari dan putik. Perhiasan bunga berupa kelopak dan mahkota bunga tidak selalu haru ada pada bunga sempurna.
  • Bunga Tidak Sempurna. Bunga disebut bunga tidak sempurna jika hanya mempunyai satu macam alat kelamin, benang sari saja atau putik saja. Ada juga dikatakan monoesis dan diesis, monoesis adalah bunga yang memiliki alat kelamin jantan dan bunga yang memiliki alat kelamin betina terdapat pada satu tumbuhan, contohnya tumbuhan jagung dan mentimun sedangkan diesis adalah bunga jantan dan bunga betina terdapat pada individu tumbuhan yang berlainan maka disebut tumbuhan berumah dua. Contohnya adalah tumbuhan salak dan siwalan.

Jenis-jenis bunga yang indah

Banyak berbagai macam bunga yang indah dan bunga juga bisa dipakai untuk hiasan atau tanaman di halaman rumah. Tanaman hias bunga memiliki kelopak yang menarik dan juga cantik sehingga membuatnya banyak disukai dan menjadi primadona bagi para pecinta tanaman hias. Berikut ini adalah bunga-bunga yang indah:

Bunga mawar

Bunga ini Merupakan sebuah tanaman hias yang melambangkan cinta. Bunga mawar terdiri dari berbagai macam spesies dan juga merupakan salah satu jenis bunga yang sangat populer di seluruh dunia. Meskipun tidak wangi, namun bunga mawar sangat banyak diminati karena kecantikan dan juga variasi warnanya yang sangat menarik dan juga indah.

Banyak yang memanfaatkan bunga mawar ini sebagai tanaman hias outdoor ataupun tanaman hias indoor yang dapat mempercantik ruangan. Mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter.

Bunga anggrek

Bunga anggrek dijuluki sebagai “puspa pesona” merupakan salah satu jenis bunga khas nusantara. Di Indonesia banyak sekali jenis bunga anggrek yang tumbuh secara liar ataupun yang sengaja dibudidayakan. Ada sekitar 5.000 – 6.000 jenis bunga anggrek yang ada di Indonesia dan sebagian besarnya tergolong langka seperti anggrek kebutan, anggrek hitam dan anggrek koribas. Keindahan bunga anggrek seringkali diidentikan sebagai salah satu simbol rasa cinta, keindahan dan kemewahan. Bunga asli dari Indonesia ini merupakan salah satu jenis bunga tanaman hias dalam pot yang banyak disukai dan juga banyak dibudidayakan oleh orang–orang.

Bunga melati

Bunga ini merupakan jenis tanaman hias yang memiliki wangi yang sangat khas sehingga menjadikannya salah satu jenis bunga pewangi yang banyak digunakan baik sebagai campuran minuman, perayaan–perayaan tertentu ataupun sekedar sebagai pewangi biasa. Bunga melati sering dijadikan sebagai tanaman hias dalam ruangan ataupun di luar ruangan, tergantung dari selera dan keinginan dari pemiliknya.

Bunga melati sering digunakan dalam upacara tradisional dan juga sering digunakan sebagai penghias rambut pengantin Jawa dan Sunda. Bunga melati sangat mudah ditanam dan tidak memerlukan perawatan khusus, kamu cukup melakukan pemangkasan untuk merapikan ranting yang tidak diinginkan. Tidak hanya indah, bunga melati juga memiliki bau yang sangat harum sehingga sangat menjadi salah satu tanaman hias daun yang memiliki banyak penggemar.

Bunga kamboja

Bunga yang sering dijadikan sebagai tanaman hias berikutnya adalah bunga Kamboja. Bunga ini memiliki warna putih yang cantik dan menarik serta ditambah dengan keindahan daunnya yang juga menawan. Bunga Kamboja sering dijadikan sebagai tanaman hias outdoor yang menjadi penghias teras, pekarangan ataupun ruang tamu di rumah.

Di daerah Bali selain digunakan sebagai tanaman hias, bunga ini juga digunakan untuk melengkapi berbagai upacara tradisional. Bukan hanya itu saja tetapi tanaman ini juga memiliki manfaat sebagai tanaman obat, yaitu mampu menghambat disenteri, TBC, radang saluran pernapasan dan juga hepatitis.

Bunga kertas

Siapa yang tak tahu dengan bunga ini, secara sudah sangat populer. Memiliki bentuk pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. Keindahannya berasal dari bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian karena tumbuh dengan rimbunnya. Bunga yang berupa semak dan perdu kecil ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan yang memiliki mahkota bunga yang sangat tipis dan kaku mirip dengan lembaran kertas dan bunga kertas ini terdiri dari 20 jenis tumbuhan. Bunga ini merupakan tanaman tropis yang mudah berkembang di daerah tropis sehingga sangat cocok untuk dikembangkan di Indonesia.

Bunga kembang sepatu

Ya, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan bunga sepatu bukan? Tanaman yang biasa disebut kembang sepatu ini memang mempunyai warna dan bentuk yang indah. Bunga yang mempunyai nama latin Hibiscus rosa-sinensis L ini mempunyai variasi warna yang beragam seperti kuning, putih, orange, pink atau pun warna lain.

Bunga ini merupakan jenis tanaman biasa yang bisa tumbuh dengan mudah pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Tanaman ini bisa tumbuh besar sehingga disarankan untuk menanamnya menggunakan pot karena dengan begitu pertumbuhan tanaman bisa dikendalikan.

Bunga kemuning

Bunga ini biasanya tumbuh di semak-semak, tepi hutan atau ditanam sebagai tanaman hias dan pagar. Umumnya ditanam untuk pagar halaman, spesies kecil berdaun padat, pohonnya kecil, banyak bercabang, tinggi 3-8 m, batang keras, beralur, tidak berduri, daun majemuk. Tanaman hias bunga kemuning merupakan salah satu tumbuhan yang banyak tumbuh di halaman Rumah Gadang di Minangkabau yang dijadikan sebagai pautan kuda. Pada kemuning terdapat senyawa terisolasi dari golongan kumarin seperti murremeranzin, isopropylidene murrangatin, murralonginal dan pranferin. Oleh masyarakat Indonesia dan Filipina, daun kemuning biasa dipakai untuk obat diare dan disentri.

Bunga kenanga

Kenanga dikenal juga dengan nama latin Cananga odorata. Bunga Kenanga adalah bunga yang memiliki harum yang khas. Tanaman bunga kenanga sering kita jumpai bunga kenanga dalam pot namun juga kadang di sekitar pekarangan kita. Bunga ini merupakan tanaman asli Indonesia, namun sudah tersebar sampai Filipina. Pertumbuhan kenanga dipengaruhi oleh sinar matahari. Tanaman yang menghasilkan bunga cantik ini menyukai tanah dengan kandungan asam pada habitat aslinya di dalam hutan tadah hujan. Warna bunganya hijau kekuningan, menggulung seperti bintang laut, daunnya panjang, halus dan berkilau

Bunga Mawar Dengan Harga Fantastis

Mawar merupakan bunga yang identik dengan cinta dan kasih sayang, maka tak heran para pria sering memberikan bunga mawar merah atau putih untuk kekasihnya. Walau hanya setangkai bunga, namun bunga ini akan membuat para wanita akan merasakan kebahagiaan jika kekasihnya memberikan bunga mawar. Tapi, gimana dengan bunga mawar yang diberi nama “Juliet rose” ini ya? Yap, Juliet rose adalah bunga mawar yang harganya miliaran rupiah. Juliet rose tidak seperti bunga mawar biasa dan tidak mudak dimiliki karena hanya orang tertentu saja yang bisa memilikinya. Apa sih yang buat bunga tersebut mahal?

Bunga Juliet rose satu ini terkenal karena harganya yang sangat mahal. Harga dari bunga ini adalah 200,7 Miliar di mana itu adalah harga yang dibutuhkan untuk melakukan riset dan menghasilkan bunga ini. Muncul pada tahun 2006 pada acara Chelsea Flower yang kemudian memukau semua orang dalam acara tersebut dengan warna persik dan penampilannya yang luar biasa.

Dikembangkan oleh David Austin, ia membutuhkan waktu hingga 15 tahun lama untuk membudidayakan bunga Juliet Rose ini sebelum akhirnya dipublikasikan ke orang-orang di seluruh penjuru dunia. Bunga ini biasanya digunakan di berbagai acara yang sangat mewah maupun kegiatan penting seperti pernikahan.

Diawal kehadirannya, Juliet Rose dibandrol sekitar $ 3 juta. Oleh karena itu, bunga ini sering disebut dengan nama lain yaitu ‘$ 3 million rose’. Harga itu senilai dengan Rp 29,9 milyar dan semakin hari bunga ini semakin mahal. Meski harganya selangit, penjualan Juliet Rose tetap laris manis. Orang-orang di berbagai belahan dunia membeli bunga ini untuk berbagai keperluan istimewa.

Cara budidaya Juliet rose

Pada dasarnya, jenis mawar apapun dapat dikembangbiakan dengan beberapa cara diantaranya adalah dengan stek maupun dari benih mawar itu sendiri. Namun dengan alasan kepraktisan maka benih mawar jadi lebih diminati dibandingan dengan bibit mawar yang sudah dalam bentuk pohon. Tentu akan lebih sulit dan lebih mahal jika dibandingan mengirim benih mawar yang masih dalam bentuk biji dengan pohon mawar setinggi 40cm.

Yang pertama, masukkan biji mawar ke dalam air murni atau air kemasan selama semalam atau 24 jam. Pemilihan waktu menanam juga sangat penting, yaitu pada saat musim semi atau bukan pada saat cuaca dingin yang memungkinkan terjadi pembekuan pada biji. Tapi, karena di negara kita tidak mempunyai iklim dingin atau salju, jadi aman-aman saja untuk menanam mawar dari biji kapan saja karena mawar dapat hidup di iklim tropis dan subtropis.

Demikianlah ulasan tentang bunga mawar di atas tersebut, bunga mawar memang yang paling populer diantara bunga-bunga yang lain. Tapi, gimana menurut kalian tentang bunga mawar Juliet Rose yang harganya setara dengan mobil atau rumah mewah tersebut? Berminat untuk memilikinya? Hmmm kalau dipikir-pikir sayang banget ya ngeluarin uang sebanyak itu hanya untuk bunga, mendingan uangnya ditabung aja deh. Oke sampai di sini dulu ya pembahasan kita, sampai bertemu di artikel berikutnya. See you…