Gigi Gingsul, Trend Unik Yang Melanda Wanita Jepang

Sekarang ini banyak sekali trend yang bisa diikuti oleh anak-anak remaja bahkan oleh semua orang untuk mempercantik diri atau untuk menunjang penampilan agar terlihat lebih kece. Misalnya saja mewarnai rambut atau pun sekarang sedang banyak-banyaknya orang memakai behel. Tapi, gimana kalau ada gigi gingsulnya ya guys? Apa harus dicabut dulu ya gingsulnya biar bisa pakai behel? Hmmm sayang banget deh kayaknya kalau dicabut padahal itu pemanis alami hehehe. Ngomongin soal gigi gingsul, ternyata adanya gigi gingsul adalah trend para remaja di Jepang. Lho kok bisa ya? Nah untuk lebih jelasnya lagi, yuk kita simak artikel di bawah ini.

Pengertian

Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Mereka memiliki struktur yang bervariasi yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan dan pada beberapa hewan terutama karnivora dijadikan sebagai senjata. Akar dari gigi tertutup oleh gusi dan gigi memiliki struktur pelindung yang disebut email gigi yang membantu mencegah lubang di gigi. Pulp dalam gigi menciut dan dentin terdeposit di tempatnya.

Gigi manusia dibedakan menjadi 4 macam gigi yang terdapat di mulut berdasarkan bentuknya. Macam-macam gigi manusia serta fungsinya antara lain sebagai berikut:

  • Gigi seri (identis insisivus) adalah gigi yang terdiri satu akar yang berfungsi untuk memotong dan mengerat makanan atau benda lainnya. Gigi seri berada pada bagian depan dengan bentuk yang tegak dan tepi yang tajam. Seperti sekop atau tatah.
  • Gigi taring (identis kaninus) adalah gigi yang terdiri satu akar yang berfungsi untuk mengoyak makanan atau benda lainnya. Bentuk dari gigi taring adalah tinggi dan runcing.
  • Gigi geraham depan (pramolar) adalah gigi yang terdiri dari dua akar yang berfungsi untuk menggilas dan mengunyah makanan atau benda lainnya. Bentuk gigi gerahan depan adalah lebih rendah dan lebih rata dengan benjolan-benjolan kecil.
  • Gigi geraham belakang (molar) adalah gigi yang terdiri dari tiga akar yang berfungsi untuk melumat, menghancurkan, menghaluskan dan mengunyah makanan atau benda-benda lainnya.

Jumlah Gigi Susu anak adalah 20 buah :

  • Gigi seri : 8 buah
  • Gigi taring : 4 buah
  • Gigi geraham : 8 buah

Jumlah Gigi Dewasa atau gigi tetap (identis permanen) adalah 32 buah :

  • Gigi seri : 8 buah
  • Gigi taring : 4 buah
  • Gigi geraham depan : 8 buah
  • Gigi geraham belakang : 12 buah

Gigi Gingsul Gadis Jepang

Apa yang kamu pikirkan saat melihat senyum seseorang yang memiliki gingsul? Manis-manis gimana gitu ya kan? Di Indonesia, susunan gigi yang rapi dan putih adalah bentuk kesempurnaan. Tak hanya di Indonesia, hampir semua orang di berbagai penjuru dunia rela menghabiskan banyak uang demi memiliki gigi yang rapi dan putih sehingga gigi yang cantik dan bersih terpancar ketika tersenyum. Tetapi trend gigi rapi tak berlaku bagi remaja Jepang, mereka lebih suka gigi gingsul yang menyembul keluar. Remaja Jepang ini mengoperasi giginya untuk menambahkan gingsul. Tujuannya agar saat tersenyum maka gingsul mereka akan terlihat.

Di Jepang, “yaeba” atau “gigi gingsul” seringkali memunculkan kesan positif dan lucu lho seperti saat melihat anak kucing yang lucu. Lain halnya di negara lain, bergigi gingsul seringkali disamakan dengan vampir dan terkesan menyeramkan. Oleh karena itu, pemasangan kawat gigi atau behel pun seringkali dilakukan untuk menghilangkan gingsul. Dapat disimpulkan bahwa gigi gingsul merupakan bagian dari budaya yang unik di Jepang.

Dengan anggapan masyarakat seperti “mempunyai gigi gingsul membuat kamu akan terlihat lebih manis” atau “senyum lebih manis dengan gigi gingsul”, popularitas gigi gingsul ini dijadikan sebagai aksesoris yang terus melonjak di Jepang hingga saat ini. Pesona unik dari gigi gingsul seringkali dideskripsikan sebagai “wabi” atau “kecenderungan orang Jepang untuk mencari kecantikan di ketidaksimetrisan atau ketidaksempurnaan dan gigi gingsul menjadi bagian dalam hal tersebut”.

Selain itu, gigi gingsul pun dianggap dapat membuat seseorang menjadi tampak lebih muda, imut dan menggemaskan. Bahkan bagi mereka yang memiliki gigi gingsul akan diberikan peringkat di Jepang. Beberapa artis Jepang yang memang memiliki gigi gingsul alami tetap mempertahankan gigi gingsulnya demi mendapatkan peringkat yang tinggi.

Operasi penambahan gingsul yang dikenal sebagai yaeba di Jepang dibandrol US$ 390. Namun ada diskon khusus bagi pelajar dan mahasiswa yang dapat menunjukkan kartu identitas pelajar mereka. Prosedur operasi yaeba yaitu, dokter menambahkan taring kecil dengan cara menempelkan di gigi yang sudah ada. Hal tersebut akan menambah kesan bahwa gigi mereka bergingsul atau bertaring lebih panjang. Gigi gingsul memang menjadi ciri khas wanita Jepang yang tidak hanya terlihat menarik tapi juga membuat indah di pandang saat tersenyum.

Artis Indonesia Yang Memiliki Gigi Gingsul

Kalian pasti punya temen yang mempunyai gigi gingsul atau bahkan kalian sendiri yang punya. Gigi gingsul memang membuat senyum seseorang menjadi lebih manis dan tidak bosan untuk dipandang. Nah berikut ini adalah artis-artis yang memiliki gigi gingsul:

Chelsea Olivia

Salah satu personel Bukan Bintang Biasa (BBB) ini juga punya gigi gingsul lho guys. Tak heran jika Chelsea Olivia begitu diidolakan oleh kaum pria. Chelsea merupakan gadis yang memiliki keturunan darah Tionghoa-Indonesia-Amerika Serikat. Pantas saja sosoknya sangat cantik dan manis.

Gita Gutawa

Penyanyi bersuara emas yang tak lain anak dari Erwin Gutawa ini juga memiliki gigi gingsul. Gita Gutawa terlihat cantik alami dengan senyuman khas gingsulnya.

Nabilah ‘JKT48’

Siapa sih yang tak kenal dengan personel JKT48, Nabilah. Parasnya yang ayu membuat kaum adam tak berkedip saat memandangnya. Eits, tak cuma cantik saja tetapi Nabilah juga memiliki senyum manis lantaran ia bergigi gingsul. Wah sangat manis bukan?

Masayu Clara

Kamu mungkin pernah lihat artis cantik yang satu ini di salah satu sinetron dan berperan antagonis. Tapi kalau dilihat dari senyum manisnya, Masayu Clara ini kayaknya gak cocok ya guys jadi pemeran antagonis?

Marcella Daryanani

Aktris kelahiran 8 Maret 1998 kini tengah naik daun, karena memerankan tokoh Tari di sinetron “Anak Langit”. Perannya yang protagonis menjadikan Marcella sebagai salah satu aktris yang disukai penonton. Selain itu, ia pun memiliki gigi gingsul. Semakin bertambah deh aura kecantikannya.

Irish Bella

Artis cantik berdarah Indonesia-Belgia, Irish Bella sangat terlihat cantik dengan gigi gingsulnya. Wanita yang mengawali kariernya di bidang Modeling ini sangat percaya diri dengan gigi gingsulnya yang membuat senyumnya lebih terlihat indah. Terlebih lagi dengan wajah indo nya yang sangat rupawan, maka tak heran jika artis muda yang pernah membintangi sinetron “Jakarta Love Story” ini digadang-gadang akan menjadi artis muda yang paling bersinar di tanah air.

Anisa Rahma

Artis cantik Anisa Rahma yang namanya mulai terkenal lewat Girl Band CherryBelle. Ini nampak terlihat lebih cantik dengan gigi gingsulnya. Paska Annisa mengundurkan diri dari CherryBelle, gadis kelahiran Bandung 12 Oktober 1990 ini tetap berkecimpung di dunia hiburan. Namun Anisa tak lagi fokus di bidang musik melainkan tengah merambah dunia seni peran, hal tersebut terlihat dari 23 ftv dan 2 film layar lebar yang telah ia bintangi.

Apakah gigi gingsul berdampak pada kesehatan? Gingsul pada gigi memang memiliki dampak negatif yang serius jika hal tersebut tidak dibenahi segera. Gigi tersebut akan menimbulkan dampak seperti gigi impaksi. Impaksi adalah gigi yang tidak tumbuh berkembang dengan baik sehingga akan terasa sangat menyakitkan, jika dilihat dari posisi giginya yang mendorong bahkan menumpuk di beberapa susunan gigi yang lain.

Gigi gingsul bisa jadi merepotkan si pemilik karena tumbuh tidak seperti gigi yang lain yang rata dan normal. Satu hal yang mesti diperhatikan adalah cara membersihkannya. Ada baiknya untuk langsung mengonsultasikan ke dokter gigi bagaimana cara menyikat gigi yang benar untuk gigi gingsulnya tersebut. Jangan pernah dibiarkan begitu saja ya.

Menurut Periodontist Universitas Indonesia, drg. Dedy Yudha Rismanto, SpPerio, “Jangankan gigi gingsul, gigi normal saja bersihinnya susah, bukan? Kenapa susah? Karena kita biasanya tidak pernah diajarkan cara menyikat gigi yang benar seperti apa. Padahal menyikat gigi itu sifatnya individu”.

Sebenarnya banyak cara yang dapat dikerjakan yaitu tidak lagi menyikat gigi secara horizontal bagi orang bergigi gingsul, akan tetapi menyikat gigilah secara vertikal. “Kalau gigi atas, caranya dari atas ke bawah. Kalau gigi bagian bawah, caranya menyikatnya dari bawah ke atas,” tambahnya. Yang terpenting adalah pada saat menyikat gigi kondisi mulut harus dalam keadaan menganga. “Biasanya kita kan kalau menyikat gigi itu rapat. Itu justru mengakibatkan perpindahan kuman”.

Lalu bagaimana cara merapikan gigi gingsul? Ada dua langkah yang harus dilakukan untuk memperbaiki gingsul pada gigi, yaitu melakukan pengawatan pada gigi (pakai behel) dengan memberikan ruang baru pada gingsul, tetapi setelah melalui operasi pencabutan gingsul tersebut.

Prosedur ini memerlukan waktu 1-2 jam untuk dilakukan dan biasanya akan dipasangkan selama 1-3 tahun. Meski tergolong sangat aman, prosedur ini tetap memiliki risiko seperti risiko infeksi. Terutama bila memang kamu memiliki masalah kesehatan sebelumnya. Lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu mengenai gigi yang ingin dicabut pada dokter.

Kondisi yang bisa meningkatkan risiko kamu untuk mengalami infeksi setelah operasi yaitu penyakit hati, sistem imun terganggu, penyakit sendi dan cacat jantung bawaan. Dokter mungkin akan memberikan obat antibiotik sebelum dan sesudah pencabutan dilakukan guna menghindari infeksi.

Sebelum gigi kamu dicabut, dokter akan menyuntikkan obat bius lokal di area gusi sekitar gigi yang ingin dicabut. Tapi, jangan khawatir karena pembiusannya tidak terlalu sakit. Usai pencabutan gigi, kamu bisa langsung pulang ke rumah dan pemasangan behel dilakukan ketika area gigi yang dicabut sudah pulih untuk meratakan jarak antar ruang gigi yang sebelumnya tertutup oleh gingsul.

Demikianlah penjelasan di atas tersebut tentang gigi gingsul, nah kamu masih gak bersyukur udah punya gingsul tapi malah dicabut. Di Jepang aja sangat nge trend lho kalau punya behel, masa kamu tidak menyukainya. Hmmmm cewek bergigi gingsul itu punya senyum yang manis lho. Jadi, buat kamu yang memiliki gigi gingsul jangan pernah minder atau mencabutnya ya. Justru kalian harus bangga dengan adanya gigi gingsul karena memiliki daya tarik tersendiri.