Suka Main Salju? Waspadalah Terhadap “Snow Blindness”

Tak setiap negara dituruni salju, misalnya saja negara kita Indonesia. Tentu akan terasa asing bagaimana sebenarnya bentuk salju itu bagi orang yang tinggal di daerah beriklim tropis, hampir tidak mungkin bisa melihat salju secara langsung. Namun harus berhati-hati dengan Snow Blindness, apa itu kira-kira ya? Mari kita simak langsung artikel di bawah ini.

Pengertian

Kata salju berasal dari bahasa arab yaitu “Tsalju” yang artinya air jatuh dari awan yang telah membeku menjadi padat dan seperti hujan. Salju terdiri atas partikel uap air yang kemudian mendingin di udara atas (lihat atmosfer, biosfer, iklim, meteorologi, cuaca) jatuh ke bumi sebagai kepingan empuk, putih dan seperti kristal lembut.

Pada suhu tertentu (disebut titik beku, 0° Celsius, 32° Fahrenheit), salju biasa meleleh dan hilang. Proses saat salju atau es berubah secara langsung ke dalam uap air tanpa mencair terlebih dulu disebut menyublim. Proses lawannya disebut pengendapan.

Mungkin bagi orang yang tinggal di daerah yang beriklim sub tropis atau dingin sudah tidak asing lagi dengan salju. Namun bagi orang yang tinggal di daerah beriklim tropis, hampir tidak mungkin bisa melihat salju secara langsung. Mereka umumnya hanya melihat melalui media televisi, koran, majalah atau media lain. Kecuali di puncak gunung Jaya Wijaya di Papua, Indonesia. Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 5030 m sehingga memungkinkan terjadinya salju.

Proses Terbentuknya Salju

Salju terbentuk dari uap air yang berkumpul di atmosfer bumi, kemudian kumpulan uap air mendingin sampai pada titik kondensasi (temperatur dimana gas berubah bentuk menjadi cairan atau padatan) dan kemudian menggumpal menjadi awan. Karena massanya jauh lebih kecil daripada massa udara, maka awan dapat mengapung dan bergerakan di udara dipengaruhi oleh pergerakan angin.

Seiring berjalannya waktu kumpulan uap yang terus bertambah dan menjadi awan semakin banyak. Ketika mencapai suatu titik tertentu dimana massa awan lebih besar dari massa udara maka komponen penyusun awan tersebut akan jatuh kembali ke permukaan bumi.

Tetapi bukan hanya suhu rendah saja yang berperan dalam pembentukan salju, saat uap air turun ke bumi, uap air murni ini akan tercampur dengan partikel partikel pengotor yang disebut nukleator. Nah nukleator inilah yang dapat mempercepat fase pembekuan dan perekatan antar uap air sehingga partikel air (yang tidak murni lagi) bergabung dengan partikel lain membentuk kristal yang lebih besar.

Jenis-Jenis Salju

Berdasarkan bentuknya, ada beberapa jenis salju dari seluruh dunia, yaitu :

  • Prisma

Salju ini bentuknya mirip dengan badan pensil kayu yang biasa kita pakai di Indonesia. Salju jenis ini sangat tipis dan kecil sehingga sulit untuk melihat bentuk sempunanya dengan mata telanjang.

  • Stellar Plate

Salju tipis ini bentuknya menyerupai piring dengan 6 lengan seperti bintang. Biasanya dihiasi dengan tanda-tanda pemisah antar bagian menjadi beberpa bagian simetris. Terbentuk ketika suhu antara -2 sampai -15 derajat celsius.

  • Stellar Dendrites

Jenis salju ini berukuran besar sekitar 2-4 mm yang bentuknya seperti pohon dengan cabang-cabang khusus. Salju dengan bentuk Stellar dendrites bisa dilihat dengan mata telanjang.

  • Hollow Columns

Jenis salju ini bentuknya seperti tabung dengan lubang kerucut di dalamnya. Bentuknya termasuk sangat kecil sehingga dibutuhkan kaca pembesar untuk melihat bentuk sempurna dari salju jenis ini.

Manfaat Salju

  • Menjaga kelembaban bumi
  • Menjaga kehidupan beberapa tanaman
  • Mempengaruhi kesuburan tanah
  • Menlindungi hewan-hewan kecil dari predator

Hati-Hati Dengan Salju Berwarna Putih

Di berbagai belahan dunia, daerah bersalju adalah tempat terbaik untuk bermain. Ada banyak permainan yang bisa dimainkan di salju, misalnya ski, berseluncur dan membuat bola salju atau manusia salju. Nah pada zaman dahulu, orang-orang Inuit dari Kanada bagian utara dan Greenland membangun rumah dari salju yang disebut Igloo. Pada kasus-kasus ekstrem di pedesaan, gundukan salju bisa sangat tinggi dan mengisolasi seluruh desa. Selain membuat mobil tidak bisa mengirim makanan, salju juga bisa merobohkan tiang listrik dan memutuskan sambungan listrik.

Meskipun punya banyak manfaat, tapi salju juga bisa membahayakan bagi manusia. Dalam angin kencang, salju dapat tertiup menjadi tumpukan yang disebut gundukan salju. Tak hanya itu, kalian juga harus berhati-hati dengan salju putih dapat menyebabkan kamu mengalami snow blindness.

Snow blindess merupakan salah satu bentuk gangguan penglihatan yang bernama photokeratitis atau ultraviolet keratitis. Kondisi ini pada umumnya akan menyebabkan gangguan pada lapisan tipis pada permukaan bola mata yaitu kornea dan konjungtiva. Keduanya merupakan lapisan sel yang menyusun bagian berwarna putih pada mata dan bagian dalam kelopak mata.

Photokeratitis yang berdasarkan namanya merupakan gangguan pada mata akibat paparan sinar UV(ultraviolet) yang dipantulkan oleh permukaan air, salju atau es. Pantulan ini sering terjadi pada daerah ketinggian, ditambah lagi dengan cuaca yang dingin dan kering.

Jika kalian sering melihat para pendaki gunung yang bersalju, pasti mereka memakai kacamata hitam. Itu bukanlah kacamata biasa, karena benda tersebut memiliki manfaat yang penting. Tujuan pemakaian kacamata tersebut adalah untuk melindungi mata agar terhindar dari snow blindness.

Nah, jika kamu mengalami snow blindness, pertolongan pertama yang harus kamu lakukan adalah kompres mata dengan menggunakan kompres dingin atau kain basah dalam keadaan mata tertutup agar dapat mengurangi keluhan yang dirasakan.

Apabila rasa nyeri terasa cukup mengganggu, kamu dapat menggunakan obat pereda nyeri yang dianjurkan oleh dokter. Apabila keluhan masih terasa sangat mengganggu setelah satu hingga dua hari, tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri anda langsung ke dokter mata.

Ya itu dia penjelasan tentang snow blindness di atas tersebut dan karena itu kamu harus berhati-hati serta memakai pelindung mata seperti kacamata hitam. Nah sepertinya sampai di sini dulu ya pembahasan kali ini, semoga artikel ini bermanfaat.