Pengertian Hipotensi, Gejala Dan Penyebabnya

Apa kamu pernah mengalami yang namanya darah rendah atau hipotensi? Mungkin sebagian orang pernah mengalaminya tekanan darah rendah tersebut, akan tetapi apa kamu tahu apa penyebabnya? Ada makanan yang dianjurkan dan ada makanan yang pantang untuk dimakan untuk orang yang mengalami darah rendah. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang hipotensi. Yuk, silahkan di simak ya.

Pengertian Hipotensi

Hipotensi adalah tekanan darah yang rendah sehingga tidak mencukupi untuk perfusi dan oksigenasi jaringan adekuat. Hipotensi dapat primer atau sekunder. Dengan kata lain, hipotensi adalah tekanan darah rendah yang ditandai dengan nilai sistole/diastole di bawah 100/80mmHg.

Saat darah mengalir melalui arteri, darah memberikan tekanan pada dinding arteri, tekanan itulah yang dinilai sebagai ukuran kekuatan aliran darah atau disebut dengan tekanan darah. Terhambat atau terbatasnya jumlah darah yang mengalir ke otak dan organ vital lainnya seperti ginjal dapat terjadi jika tekanan darah terlalu rendah, sehingga dapat menyebabkan kepala terasa ringan dan pusing. Tubuh juga akan terasa tidak stabil atau goyah, bahkan kehilangan kesadaran.

Tekanan darah yang normal adalah antara 90/60 dan 140/90. Penderita hipotensi memiliki tekanan darah di bawah 90/60 dan disertai dengan gejala hipotensi. Sedangkan jika tekanan darah di atas 140/90, maka orang tersebut menderita tekanan darah tinggi/hipertensi.

Gejala Hipotensi

Tidak semua yang mengalami hipotensi akan merasakan gejala. Kondisi hipotensi juga tidak selalu memerlukan perawatan. Namun jika tekanan darah cukup rendah, kemungkinan besar bisa menimbulkan gejala-gejala seperti berikut ini:

  • Jantung berdebar kencang atau tidak teratur
  • Pusing
  • Lemas
  • Mual
  • Kehilangan keseimbangan atau merasa goyah
  • Pandangan buram
  • Pucat dan badan dingin
  • Napas pendek atau cepat
  • Pingsan
  • Dehidrasi

Penyebab Hipotensi

Sebenarnya tekanan darah bisa berubah sepanjang hari, tergantung kepada kegiatan yang sedang dilakukan dan hal ini dianggap normal. Ada banyak faktor yang menyebabkan tekanan darah seseorang rendah, seperti faktor usia, pengobatan dan kondisi cuaca.

Cuaca udara yang lebih panas bisa membuat tekanan darah menurun. Orang yang sedang rileks atau rajin berolahraga juga umumnya mempunyai tekanan darah yang lebih rendah. Selain itu jika kamu baru saja makan, tekanan darah juga bisa menurun karena banyak darah yang akan mengalir menuju saluran pencernaan untuk mencerna dan menyerap makanan. Tekanan darah pada siang dan malam hari pun berbeda. Biasanya pada siang hari tekanan darah akan meningkat dan malam harinya akan lebih rendah.

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Darah Rendah

Untuk mencegah atau mengatasi hipotensi ini, kamu bisa makan makanan yang memang baik untuk mengobati hipotensi. Berikut ini berbagai jenis makanan untuk darah rendah yang sangat dianjurkan agar tekanan darah kembali normal:

Kismis

Kismis tidak hanya membantu mengurangi hipertensi, namun juga mampu mengobati tekanan darah rendah secara efektif. Kismis dianggap sangat efektif sebagai makanan untuk darah rendah. Oleh karena itu, pastikan kismis menjadi bagian dari menu makanan kamu.

Jus buah

Minum air secukupnya dan minum jus buah sepanjang hari sangat bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Hal itu dikarenakan dengan mengonsumsi makanan untuk darah rendah tersebut akan menghindari dehidrasi tubuh yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Selain itu, mengonsumsi jus buah segar juga baik untuk kesehatan karena mengandung banyak vitamin yang diperlukan oleh tubuh.

Hati

Hipotensi sering dikaitkan dengan kekurangan folat dan vitamin B12. Jadi, penting sekali untuk menambahkan menu makanan yang tinggi nutrisi dalam menu harian kamu. Kekurangan Vitamin B12 dapat dilihat dari munculnya bercak putih pada kuku. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin B12 tinggi seperti hati ayam atau sapi, ikan salmon dan lain sebagainya.

Jus wortel

Wortel adalah salah satu pilihan makanan untuk darah rendah. Jus wortel ternyata dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengendalikan kadar tekanan darah. Untuk hasil terbaik, kamu hanya perlu menambahkan 2 sendok makan madu ke dalam segelas jus wortel. Kemudian kamu minum dengan keadaan perut kosong agar tekanan darah dapat stabil dengan cepat, minumlah jus tersebut dua kali sehari pagi dan sore hari.

Makanan Yang Pantang Untuk Darah Rendah

Selain makanan yang dianjurkan untuk penderita tekanan darah rendah, ternyata ada juga beberapa makanan yang menjadi pantangan atau sebaiknya dihindari selama mengalami tekanan darah rendah. Adapun makanan pantangan darah rendah tersebut adalah:

Makanan yang digoreng atau berminyak

Mengonsumsi makanan yang digoreng atau mengandung kadar minyak yang tinggi dapat memengaruhi tekanan darah dan tidak baik untuk kesehatan tubuh. Hal tersebut dikarenakan makanan-makanan tersebut mengandung lemak trans dan dapat menghambat aliran darah kamu. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan tersebut dan cobalah untuk mengonsumsi makanan yang dikukus atau direbus.

Makanan cepat saji

Banyaknya restoran cepat saji tentu membuat kamu terkadang menjatuhkan pilihan untuk mengonsumsinya. Namun, jika kamu memiliki tekanan darah rendah, sebaiknya untuk menghindari terlebih dahulu jenis makanan tersebut. Hal itu dikarenakan makanan cepat saji mengandung lemak jenuh dan kolesterol jahat yang dapat menyumbat dan membuat aliran darah menjadi tidak lancar.

Makanan pedas

Makanan pantangan darah rendah selanjutnya adalah makanan pedas. Makanan tersebut dapat menggerus dan melukai lambung dan menyebabkan kurangnya nafsu makan. Apabila nafsu makan menurun, maka tubuh akan kekurangan nutrisi termasuk mineral penting seperti natrium, zat besi dan lain-lain sehingga menurunkan tekanan darah dan memperparah kondisi kamu.

Demikianlah kurang lebih penjelasan di atas dan hal yang paling penting adalah tetap menjaga kesehatan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk semua.