Meskipun Indah, Ternyata Menggunakan Henna Juga Berbahaya Lho

Hai guys, apa kabarnya nih? Khususnya buat para cewek-cewek pasti tau dong apa itu henna, apalagi buat yang mau nikah tentu menghiasi tangan dan kakinya dengan henna sebelum pesta berlangsung. Tapi, apa kamu gak penasaran kegunaan lain dari henna selain untuk menghiasi tangan dan kaki di acara pernikahan? Tenang aja guys, dalam artikel ini kita akan membahas tentang henna tersebut. Yuk, silahkan disimak.

Pengertian Henna

Henna merupakan nama tumbuhan tertua yg digunakan sebagai kosmetik. Kata henna berasal dari bahasa Arab untuk tanaman Lawsonia Inermis yang diucapkan sebagai Hinna. Sejak zaman Mesir kuno, wanita memperindah tubuhnya dengan berbagai macam cara dan salah satunya adalah dengan mewarnai tubuh menggunakan henna. Pemakaian henna sudah dikenal pada 400 Masehi di India untuk mewarnai rambut. Pada kebudayaan Romawi dan Spanyol henna juga dikenal untuk menulis pada lembar papyrus sejak abad 16 SM.

Tanaman henna banyak tumbuh di daerah Timur Tengah, Afrika, India dan Australia. Kini zat penghias ini banyak dibudidayakan di India, Bangladesh, Pakistan, Moroko, Yaman, Iran, Afghanistan, Somalia, Tunisia, Libya, Arab Saudi dan Mesir. Pohon henna tersebut berbatang dan daun lebat dengan tinggi 2-6 meter.

Hal yang pertama yang dilakukan ialah mengeringkan daunnya kemudian dihancurkan lalu dicampurkan dengan air untuk membentuk pasta dan siap untuk diaplikasikan pada kulit atau rambut. Zat Lawsone yang terdapat pada daunnya akan diserap kulit terluar dan akan meninggalkan warna merah kecoklatan yang bertahan hingga terjadi pergantian kulit terluar atau eksfoliasi.

Penggunaan pastanya di berbagai wilayah di nusantara juga telah dikenal sejak lama, terutama Kalimantan dan Sumatera. Pembuatannya pun sama dan tujuannya selain untuk mempercantik, penggunaan henna juga dimaksudkan sebagai penangkal gangguan dan penarik berkah, keberuntungan dan kebahagiaan.

Fungsi pasta ini mirip seperti tato, namun pembuatannya lebih mudah ketimbang tato. Kamu tak perlu menusuk tubuh dengan perihnya tusukan jarum. Cukup diaplikasikan dengan kuas khusus layaknya sedang melukis atau langsung dari tubenya. Kalau bosan dengan bentuk atau pola tato, maka harus dihilangkan dengan cara yang sulit dan mahal pula, yaitu dengan teknologi laser.

Manfaat Henna

Nah buat kamu yang belum tahu, ternyata henna juga bermanfaat untuk kesehatan lho. Selama ini yang kita tahu kegunaannya adalah untuk mempercantik diri ataupun sebagai penghias disaat akan melakukan pesta pernikahan. Dibalik keindahannya tersebut, ada manfaat yang baik untuk kesehatan seperti berikut ini:

Mengatasi sakit kepala

Nah ternyata bunga henna juga dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit kepala lho. Kamu bisa merendam beberapa daun dan bunga henna di dalam cuka selama satu jam penuh. Letakkan pada dahi sambil dipijat secara lembut dan lama-kelamaan sakit kepala pun akan reda dan kamu akan merasa lebih segar.

Menghilangkan ketombe

Lupakan shampo dan produk perawatan rambut. Kamu bisa mencoba menggunakan henna untuk mengatasi masalah ketombe yang tak kunjung usai. Caranya adalah dengan mencampur henna dengan biji fenugreek dan minyak mustard. Rebus dan saring ketiga bahan tadi, kemudian oleskan pada kulit kepala secara rutin untuk menghilangkan ketombe.

Mengobati kebotakan

Siapa sih yang mau kepalanya botak seperti tuyul? Eits jangan khawatir guys, untuk mengobatinya kamu bisa memanfaatkan henna. Caranya adalah dengan merebus minyak mustard bersama beberapa daun henna. Setelah nutrisi henna tercampur ke dalam minyak, oleskan pada kulit kepala sambil dipijat secara perlahan.

Menyembuhkan luka

Kalau yang ini mungkin kamu pernah dengar kan atau pernah melakukannya. Salah satu penggunaan yang paling menonjol dari pasta ini adalah untuk melindungi kulit terhadap infeksi dan menghilangkan peradangan. Henna telah banyak digunakan untuk mengobati luka bakar, luka dan goresan karena memiliki kemampuan pendinginan alami yang benar-benar dapat menyerap panas dari kulit.

Cara membuat henna untuk kecantikan

Ambil secukupnya bubuk henna dan letakkan dalam wadah, tambahkan air hangat secukupnya lalu aduk sehingga menjadi pasta. Agar gambar mampu bertahan lama gunakan air mendidih saat menyeduh bubuk henna. Selain air mendidih, bisa ditambahkan larutan asam yang diambil dari perasan buah jeruk untuk menghasilkan efek warna lebih tua dan ketahanan gambar di kulit.

Setelah siap, henna digambarkan pada kulit di bagian tubuh. Setelah penggambaran selesai, biarkan kira-kira 2 jam lebih lalu hapus sisa pasta yang tertinggal di kulit menggunakan tisu lembut atau air hangat. Ingat ya, jangan gunakan sabun karena nantinya akan menghapus gambar yang sudah dibuat. Makin lama membiarkan pasta henna di kulit, maka akan menghasilkan warna yang lebih tahan lama dan awet.

Bahaya Menggunakan Henna

Katanya aman untuk digunakan lalu kenapa bisa berbahaya? Sebuah penemuan yang dilakukan oleh American Academy of Dermatology mengatakan bahwa henna bisa menimbulkan bahaya. Henna alami dari tumbuhan memang tidak berbahaya, tetapi akan menimbulkan efek samping dan berbahaya ketika henna tersebut berwarna hitam yang biasanya lebih cepat kering dan tahan lama dari henna berwarna cokelat atau hijau. Henna hitam ini ternyata menggunakan bahan kimia, Papaphenylenediamine (PPD) yang bisa menyebabkan alergi pada kulit di beberapa orang.

Pernyataan ini juga dikuatkan oleh dr. Linda Katz (Director of Food & Drugs Administration’s Office of Cosmetics & Colors) mengatakan bahwa bubuk henna tersebut (pada umumnya) dicampurkan dengan Phenylenediamine yang merupakan bahan dasar pembuatan cat rambut. PPD dicampurkan dengan tujuan agar warna yang dihasilkan terlihat lebih hitam dan tahan lama meskipun sebenarnya efeknya tidak baik untuk kulit.

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, nah alangkah baiknya sebelum menggunakan henna dalam waktu yang lama, kamu harus mencobanya terlebih dahulu. Caranya tempelkan sedikit pasta henna pada permukaan tangan, kemudian lihat reaksinya dalam beberapa menit. Jika tidak menimbulkan tanda-tanda masalah, kamu dapat meneruskan menggunakannya. Dan sebaliknya, jika kulit kamu terasa gatal-gatal atau kemerahan lebih baik hentikan pemakaian.

Bahaya yang timbul dari pemakaian henna hitam ternyata cukup mengerikan lho guys. Kulit akan berubah menjadi kemerahan, melepuh dan terasa lebih peka terhadap paparan sinar matahari juga jaringan kulit permanen. Selain itu struktur kulit pun bisa berubah dan yang paling berbahaya karena dapat menyebabkan kanker kulit.

Ya, itulah kurang lebih penjelasan tentang henna, kamu sekarang udah tau kan kegunaan, manfaat serta bahayanya pasta tersebut. Memang semua yang ada di dunia ini memiliki risiko, so harus tetap hati-hati ya guys…