Mengalami Gatal Pada Kulit? Coba Gunakan Krim Ini Untuk Mengobatinya

Mungkin hampir semua orang pernah mengalami gatal pada kulit baik itu karena alergi atau digigit serangga. Nah kebanyakan orang sih mengatasinya dengan minyak kayu putih atau balsem. Jika kamu mengalami gatal-gatal, bukan hanya minyak kayu putih atau balsem aja yang bisa mengobatinya. Ada beberapa krim yang bisa dipakai untuk mengobati gatal-gatal yang kamu alami. Yuk, simak aja artikel di bawah ini.

Krim Untuk Mengatasi Gatal Pada Kulit

Mungkin buat se­ba­gian orang gatal pada kulit terse­but adalah hal se­pele. Merasakan gatal pada permukaan kulit tentu bikin siapa saja tidak nyaman. Kamu biasanya akan sibuk menggaruk kulit gatal yang justru bisa memperparah rasa gatalnya.

Mungkin sek­i­las ter­li­hat se­pele, ketika gatal ya di­garuk. Akan tetapi diba­lik kulit yang gatal ter­da­pat ra­tu­san ke­mu­ngk­i­nan penye­bab mu­lai dari masalah seder­hana sam­pai masalah ke­se­hatan yang cukup serius. Penye­bab gatal yang seder­hana con­tohnya ketika kulit kita digigit nya­muk maka akan terasa gatal, mungkin gatal yang ditim­bulkan­nya hanya seben­tar dan tidak parah.  Penye­bab gatal karena penyakit serius mis­al­nya karena gang­guan fungsi hati yang mem­buat pen­ingkatan kadar biliru­bin darah yang menye­bar ke kulit se­hingga ter­li­hat kulit berwarna kun­ing dan terasa gatal.

Oleh karena itu banyak orang yang mencari tahu cara menghilangkan gatal dan membutuhkan obat gatal yang paling ampuh. Obat gatal akan bekerja efektif apabila disesuaikan dengan penyebab gatal itu sendiri. Berikut ini adalah krim oles yang ampuh untuk mengatasi rasa gatal:

  • Dipenhydramine

Dipenhydramine merupakan antihistamin yang banyak terdapat pada krim, gel maupun semprot untuk mengobati kulit gatal. Dipenhydramine ini bekerja dengan menghalangi efek gatal dari histamin, senyawa yang diproduksi di kulit selama reaksi alergi.

Kandungan dipenhydramine direkomendasikan untuk kulit gatal yang disebabkan karena gigitan serangga atau sengatan hewan. Namun, kamu perlu hati-hati sebab penggunaan krim ini dapat mengiritasi kulit dan menimbulkan alergi pada beberapa orang.

  • Krim Kortikosteroid

Obat gatal ini cara pemakaiannya dioleskan pada kulit. Krim kortikosteroid ini berfungsi sebagai anti peradangan dan anti alergi sehingga dapat menghilangkan gatal. Tentunya krim obat gatal ini digunakan pada kasus-kasus gatal pada daerah kulit tertentu bukan pada kasus gatal seluruh tubuh.

Oleskan pada kulit yang terlibat 3-4 kali sehari, penggunaan obat gatal ini sebaiknya atas petunjuk dokter mengingat pada kasus-kasus kulit gatal tertentu tidak boleh menggunakan obat ini seperti kulit gatal akibat jamur contohnya panu. Jika penyebab gatal adalah jamur dan menggunakan obat ini bukannya sembuh malah akan menjadi parah.

  • Kortikosteroid Oral

Obat gatal kortikosteroid oral (minum) pada prinsipnya memiliki kerja yang sama dengan krim kortikosteroid seperti telah disebutkan di atas yakni sebagai anti radang dan anti alergi, perbedaan penggunaannya tergantung dari luas tidaknya gatal kulit yang terlibat. Sebagai contoh jika kulit gatal sangat luas hampir seluruh tubuh akibat alergi makanan maka kortikosteroid oral lah pilihannya. Karena kalau pakai krim mau habis berapa banyak coba dan ribet pula.

  • Menthol

Kandungan menthol pada krim obat gatal berfungsi untuk mengirimkan sensasi dingin ke kulit dan otak dengan mengalihkan perhatian kamu pada gatal yang dirasakan. Menthol ini sangat efektif untuk mengatasi kulit gatal, tapi sayangnya tidak untuk semua orang. Oleh karena itu, kamu perlu mendiskusikannya dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

  • Miconazole

Miconazole bekerja meredakan alergi gatal di kulit dengan cara membunuh jamur penyebab gatal di kulit. Kandungan Miconazole Nitrat dalam obat menjadikan Miconazole sebagai obat gatal kulit karena alergi yang mampu membunuh segala macam jenis jamur pemyebab alergi gatal di kulit.

Obat ini juga cocok sebagai anti bakterial yang mampu menangkal serangan jamur dikulit sehingga kulit kamu akan tetap terjaga kesehatannya. Obat menghilangkan gatal karena alergi ini tersedia dalam kemasan tube yang praktis dan bisa kamu bawa kemana-mana.

  • Calamine

Calamine yang biasanya tersedia dalam bentuk losion memang tidak sepopuler hidrokortison. Namun, kandungan calamine ini mengandung campuran oksida seng dan oksida besi yang sangat efektif untuk menghilangkan gatal dan mengeringkan ruam yang melepuh. Selain itu, gatal pada kulit yang disebabkan oleh gigitan serangga dan sengatan terbukti ampuh teratasi dengan calamine.

  • Antihistamin oral

Obat gatal Antihistamin ini adalah obat minum yang berfungsi untuk menghambat histamin yang merupakan zat kimia tubuh yang menyebabkan rasa gatal. Salah satu contoh obat gatal antihistmain yang populer di masyarakat yakni CTM. Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa efek samping dari obat ini adalah rasa kantuk sehingga banyak yang menyalahgunakannya sebagai obat tidur.

Obat gatal ini memang tergolong masih efektif untuk menghilangkan gatal tapi harus diminum seperlunya dengan frekuensi minum 3-4 x kali sehari masing-masing 4mg. Namun demikian, masih banyak obat antihistamin lainnya yang lebih ampuh dari CTM bahkan yang tidak memiliki efek samping ngantuk seperti loratadine dan cetirizine.

  • Pramoxine

Pramoxine merupakan anastesi ringan yang sering ditambahkan pada produk anti gatal yang juga mengandung hidrokortison atau bahan aktif lainnya. Kandungan ini efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga.

Sebenarnya sebisa mungkin kamu harus menghindari garukan yang berlebihan apalagi menggunakan kuku yang panjang. Garukan akan membuat kulit menjadi lecet akibatnya memperparah kondisi kulit yang terlibat bahkan bisa menimbulkan infeksi. Boleh menggaruk asal dengan lembuh dan tidak terus-menerus intinya jangan sampai lecet.

Ya, itulah krim oles yang bisa kamu pakai untuk mengobati rasa gatal yang kamu alami. Sebagian besar penyebab kulit gatal memiliki perawatan khusus sehingga kamu perlu memperhatikan baik-baik pemilihan obat maupun krim yang tepat untuk mengatasi kulit gatal. Jika kamu tidak yakin dengan penyebab rasa gatal pada kulit kamu, sebaiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter. Semoga artikel ini bermanfaat…..