“Lo Han Kuo”, Buah Yang Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Tahukah kamu apa itu buah lo han kuo? Ya, mungkin hanya sebagian orang saja yang mengetahui apa itu buah lo han kuo. Buah yang katanya berasal dari negeri bambu Cina tersebut ternyata memiliki banyak manfaat lho. Nah untuk itu mari kita simak artikel di bawah ini agar mendapatkan informasi yang lebih jelas.

Mengenal Tentang Buah Lo Han Kuo

Buah Lo Han Kuo (Momordica Grosvenori) atau sering disebut juga buah lohan adalah buah dari tanaman merambat asal Cina. Buah Lo Han Kuo ini berbentuk luat seperti buah sawo dengan diameter berkisar 4-6 cm. Buah lo han kuo merupakan tanaman yang tumbuh di daratan Cina bagian selatan dan paling banyak ditemukan di Provinsi Guangxi terutama di daerah Yongfu dan Ligui.

Buah lo han kuo memiliki kulit luar yang ringan dan kering, jika ditekan buah ini bisa hancur. Di dalam kulit terdapat semacam gumpalan busa yang berwarna kuning kecoklatan. Jika kulit luar buah lo han kuo kering dan bagian dalamnya basah artinya buah sudah sempurna dan harus disimpan di dalam lemari es untuk mencegah timbulnya jamur.

Buah lo han kuo juga memiliki nama lain diantaranya Lo Han Guo, Luo Han Guo, Lor Hon Gor, Ge Si Wei Ruo Guo, Ra Kan Ka, buah biksu, buah arhat, buah Momordica, Momordicae Grosvenori Fructus, buah panjang umur dan buah ajaib. Sebelumnya pada tahun 1983, di Jepang ada seorang profesor yang mengadakan penelitian dan menemukan bukti bahwa buah lo han kuo mengandung glucoside-terpene dan sedikit fruktosa di mana rasa manisnya 400 kali lipat dari gula pasir biasa, tetapi tidak mengandung kalori.

Kandungan di dalam buah lo han kuo

Buah lo han kuo memiliki kandungan berbagai macam zat dan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan seperti vitamin A, B, C, D, E, betakaroten serta zat besi, fosfor, natrium, kalsium, magnesium, kalium, zinc dan triterpenoid Glycosides (merupakan komponen utama buah Lo Han Kuo yang menyebabkan rasa manis alami pada buah ini serta kandungan asam amino sebagai sumber utama protein dan vitamin C).

Lo han kuo mengandung S. grosvenori extract, the cucurbitane glycosides mogroside IV, mogroside V, 11-oxo-mogroside V, and siamenoside yang berfungsi sebagai antioksidan atau penawar racun di dalam tubuh. Studi kultur in-vitro mencoba menghubungkan khasiat buah Lo Han Kuo dengan penyakit Kanker. Dan hasilnya unsur 11-oxo-mogroside V and mogroside V yang tedapat di dalam Lo Han Kuo dapat mereduksi pertumbuhan sel-sel kanker.

Di dalam buku karangan C, Jeffrey, Siraitia Groseenorii disebutkan bahwa buah lo han kuo memiliki sifat dingin, rasanya manis serta tidak beracun. Sedangkan menurut buku yang berjudul ”Fruit As Medicine” karangan dari Dai dan Liu disebutkan bahwa buah Lo han kuo memiliki daging buah, ciri kulit serta biji yang dingin, memiliki rasa yang manis serta tidak beracun yang bisa memperlancar buang air besar, melindungi kulit dari sinar matahari, mengatasi batuk kering dan berdahak serta gangguan pernafasan.

Lo han kuo biasanya digunakan sebagai campuran dalam minuman dingin dan pengobatan tradisional Tiongkok. Konsentrat buah lo han kuo juga biasa digunakan untuk membuat sup, kaldu, kue, permen, sirup obat batuk hingga sari buah. Baik buah kering maupun ektrak mudah didapatkan di pasar swalayan atau toko bahan makanan Asia atau toko obat Tiongkok.

Luo han kuo bergabung dengan makanan lain pada saat penyerapan dan mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sebuah lo han kuo mengandung fruktosa yang setara 50-80 gram gula pasir. Satu gelas ramuan lo han kuo mengandung 0,1 gram kadar fruktosa. Konsumsi gula yang berlebih bisa menjadi pencetus kegemukan yang tentu saja akan menimbulkan berbagai penyakit. Sebaliknya, lo han kuo tidak membuat tubuh gemuk.

Buah ini memiliki rasa manis dan dipercaya memiliki banyak khasiat sejak dahulu kala. Namun buah lo han kuo yang mentah tidak memiliki rasa manis sehingga tidak digunakan sebagai obat. Buah ini banyak dijumpai dalam bentuk kering dan biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal.

Manfaat Lo Han Kuo Untuk Kesehatan

Buah lo han kuo memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Berikut merupakan beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari buah Lo Han Kuo :

  • Obat Batuk (Sebagai Antitussive dan Eskpektoran)

Buah lo han kuo juga dapat bermanfaat sebagai antitussive dan eskpektoran yang dapat mencegah paru-paru sesak, asma, kerongkongan nyeri, batuk dan penyakit lain yang berhubungan dengan pernafasan.

  • Buah Panjang Umur

Bagi masyarakat Cina, dengan mengkonsumsi buah Lo Han Kuo dipercaya dapat memperpanjang usia seseorang. Seperti yang dijelaskan diatas di daerah dimana buah ini banyak tumbuh yaitu daerah Yongfu dan Ligui memiliki populasi manusia yang berumur 100 tahun lebih cukup tinggi, mungkin itu salah satu alasan kenapa buah ini juga disebut sebagai buah Panjang Umur (longevity fruit).

  • Pereda Panas

Buah lo han kuo juga dipercaya dapat menyeimbangkankan panas tubuh yang disebabkan oleh kondisi panas internal maupun eksternal. Buah lo han kuo ternyata juga bisa menghilangkan rasa dingin pada tangan dan kaki.

  • Anti Radang

Buah lo han kuo juga bermanfaat mengatasi radang tenggorokan, tenggorokan kering, batuk dan bisa mencegah suara yang serak. Salah satu manfaat buah Lo han kuo ini sangat cocok bagi penyanyi yang ingin menjaga kualitas suaranya agar performanya maksimal apabila dikonsumsi secara rutin. Untuk mengobati radang tenggorokan pun buah lo han kuo cukup dapat dihisap layaknya permen. Caranya adalah dengan menyiapkan buah luo han kuo lalu direbus dengan 2 liter air selama 25 menit sampai warnanya berubah menjadi agak kecoklatan.

  • Merawat Kulit

Buah ini memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah mengandung vitamin C yang dapat membuat kulit tetap sehat dan cegah penuaan dini, anti kanker dan perawatan kulit. Buah lo han kuo ini juga dimanfaatkan untuk membuat kulit menjadi mengkilat, licin serta tidak kering. Selain itu, buah ini juga dapat mengatasi radang kulit, mencegah keriput, flek dan jerawat.

  • Penghilang Gatal

Rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga ternyata dapat dihilangkan dengan buah lo han kuo. Selain itu, buah ini juga dapat mengatasi alergi yang terjadi pada kulit yang disebabkan oleh faktor lain.

  • Menjaga Saluran Pencernaan

Konsumsi buah lo han kuo juga dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, mengatasi gangguan lambung, memperlancar buang air besar dan mengatasi diare.

  • Menjaga Pankreas

Selain manfaat-manfaat di atas, buah lo han kuo ternyata juga dapat membantu menjaga kesehatan organ pankreas dan hati.

  • Mengobati Paru-paru

Buah lo han Kuo juga bermanfaat mengobati penyakit paru-paru dan juga bermanfaat mencegah penyakit pernafasan seperti asma. Sangat cocok dikonsumsi oleh perokok berat agar tidak terjangkit penyakit pernafasan.

  • Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan alami pada lo han kuo terbukti dapat mencegah kolesterol dari oksidasi, di mana kolesterol jahat tidak akan menumpuk menjadi plak didalam arteri dan pembuluh darah sehingga buah lo han kuo memiliki potensi untuk menurunkan resiko serangan jantung, stroke dan mencegah perkembangan penyakit Atherosclerosis (penumpukan kolesterol pada arteri).

  • Mengatasi Diabetes Mellitus

Dari segi pengobatan tradisonal, buah lo han kuo dapat dijadikan salah satu alternatif untuk memerangi diabetes. Hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwasanya konsumsi buah lo han kuo juga dapat membantu mengatasi kencing manis.

  • Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Buah lo han kuo banyak mengandung vitamin C yang merupakan salah satu vitamin paling penting bagi kesehatan tubuh. Salah satu fungsi vitamin C yaitu memproduksi sel darah putih dan kolase yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki sel, jaringan otot dan pembuluh darah. Selain itu kandungan Mogrosides pada lo han kuo dapat mencegah penyakit yang disebabkan oleh berbagai infeksi virus.

  • Membantu Menghilangkan Alergi

Kandungan dari lo han kuo sudah teruji melalui percobaan terhadap hewan pengerat bahwa lo han kuo memiliki efek sebagai antihistamine (meredakan alergi) yang dapat melawan reaksi alergi dengan cara menenangkan sel-sel mast tubuh yang mengeluarkan zat kimia seperti histamin, di mana histamine merupakan zat kimia yang dapat menimbulkan alergi dan asma.

  • Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang sedang dalam proses diet, buah lo han kuo juga dapat membantu menurunkan berat badan seseorang. Buah lo han kuo juga tidak membuat tubuh menjadi gemuk.

  • Mengobati Kelainan Pada Uterus

Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwasanya buah lo han kuo dapat mengatasi kelainan pada uterus. Selain itu buah ini juga dapat bermanfaat untuk mengurangi gejala penyakit menjelang menopause.

Cara penyajian dan cara mengkonsumsi buah Lo Han Kuo

Langkah-langkah:

  • Cuci Buah Lo Han Kuo dengan bersih dan pecah menjadi beberapa bagian dan buang bijinya
  • Rebus buah Lo Han Kuo hingga mendidih dalam 1 liter air (setelah mendidih jangan langsung di angkat, akan tetapi biarkan terus mendidih hingga 5-10 menit agar kandungan zat yang terdapat pada buah Lo Han Kuo dapat keluar).
  • Apabila telah di biarkan mendidih dan air berubah menjadi kecoklatan seperti warna air teh, baru dapat diangkat dan di dinginkan.
  • Air rebusan siap diminum. Ampas sisa rebusan tadi jangan langsung di buah karena masih dapat digunakan sebanyak 1-3 kali tergantung dari hasil warna dan kadar kekentalan air rebusan.

Catatan : Penggunaan sisa ampas rebusan dapat di gunakan 1-3 kali, hal ini tentunya bisa di lihat lagi dari hasil warna dan kadar kekentalan airnya. Semakin lama waktu merebus buah Lo Han Kuo, maka akan semakin terasa manis pada air rebusan buah Lo Han Kuo. Untuk hasil maksimal air rebusan buah Lo Han Kuo dapat diminum 2 x sehari pada pagi dan sore hari.

Saat ini LO HAN KUO dibuat dalam bentuk kemasan dari ekstrak kualitas tinggi dipadu dengan metode desain modern dan dikenal sebagai alternatif untuk pengganti minum teh. Dengan rasa dan aroma khas dan dengan mudah bisa diabsorb oleh tubuh. Cocok untuk pria dan wanita, tua dan muda serta cocok untuk segala musim. Minum secara teratur dapat memperkuat liver dan meningkatkan vitalitas.

Demikianlah ulasan di atas tersebut, sekarang kamu udah tahu kan apa itu buah lo han kuo? Buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kamu juga udah bisa beli di mana saja karena sekarang lo han kuo udah dikemas seperti teh. Simple kan? Yap, sampai di sini dulu ya informasi kali ini dan semoga ketemu di artikel berikutnya. See you bye bye…