Khusus Ibu Hamil, Inilah Gerakan Senam Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Pada saat masa kehamilan terkadang bingung bagaimana cara memilih ataupun melakukan gerakan senam untuk ibu hamil. Salah sedikit saja bisa-bisa kandungan akan bermasalah, nah untuk itu di sini akan kita bahas bagaimana cara melakukan gerakan senam yang aman dan bisa dilakukan di rumah tanpa instruktur. Yuk, langsung aja kita simak sama-sama ya moms.

Gerakan Senam Ibu Hamil Yang Bisa Dilakukan Di Rumah:

Untuk moms yang sedang hamil ataupun baru pertama kali hamil pasti bingung mau melakukan senam apa agar kehamilan tetap sehat. Kehamilan merupakan keadaan yang sangat penting dalam suatu rumah tangga, sebagian moms selalu khawatir dengan keadaan janin yang ada di dalam kandungan dan bagaimana perkembangannya. Maka dari itu, untuk semua moms yang sedang hamil bisa melakukan gerakan senam seperti di bawah ini:

Gerakan jongkok

Yang pertama moms perlu menyiapkan bola, lakukan gerakan seperti: Berdiri tegak membelakangi dinding, himpit bola senam diantara punggung dan dinding, buka kaki sedikit, turunkan badan secara perlahan hingga kaki menekuk membentuk sudut 90 derajat dan kembali berdiri tegak seperti semula dan ulangi hingga 10 kali. Lakukan berulang-ulang selama 10 detik.

Duduk bersila

Moms harus duduk bersila, punggung harus tegak dan kedua tangan diletakkan di atas paha seperti gerakan meditasi saat yoga. Kemudian aturlah nafas, hirup dan keluarkan secara perlahan kemudian cobalah merilekskan tubuh dan pikiran moms. Lakukan beberapa kali dengan teratur, gerakan ini bermanfaat untuk melatih pernafasan pada ibu hamil saat menghadapi persalinan nantinya.

Memiringkan panggul

Gerakan yang satu ini bertujuan untuk menguatkan otot perut. Ini juga gerakan yang bisa meredakan keluhan sakit pinggang yang mungkin moms rasakan. Pertama-tama, ibu harus duduk dilantai. Kemudian letakkan kedua tangan pada lantai. Lalu luruskan punggung dengan lutut menyentuh lantai sehingga posisinya seperti moms akan merangkak. Ulangi gerakan ini kurang lebih sebanyak 8 kali.

Jalan kaki

Jalan kaki merupakan gerakan yang sangat mudah dan biasanya memang telah dilakukan oleh ibu hamil. Jalan kaki juga dapat membantu mengurangi waktu persalinan. Jalan kaki juga dapat membantu posisi sang bayi untuk masuk ke jalur lahir.

Manfaat Senam Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Moms yang sedang hamil bukan berarti harus bermalas-malasan dong, moms bisa melakukan gerakan senam yang sudah disebutkan di atas. Senam saat hamil bertujuan untuk meningkatkan kesehatan tubuh moms yang sedang hamil dan janin yang ada di dalam kandungan serta untuk membantu dalam melancarkan proses persalinan secara normal. Mulailah melakukan gerakan senam ini pada saat usia kehamilan menginjak 7 bulan. Nah berikut ini adalah manfaat dari gerakan senam yang moms lakukan:

Menekan resiko obesitas saat kehamilan

Ibu hamil memang dianjurkan untuk memiliki bobot dari bulan ke bulan mengalami kenaikan. Akan tetapi tentu saja hal ini harus tetap terkontrol selama dalam batas sehat. Dengan melakukan latihan atau senam hamil dapat menekan resiko kenaikan berat badan yang berlebih pasca kehamilan.

Dapat mengurangi rasa lesu

Terkadang kehamilan trisemester pertama dan akhir trisemester ketiga moms sering merasa lesu. Dengan melakukan gerakan senam ini dapat membantu moms dalam meningkatkan energi sehingga lebih semangat dalam menjalani hari. Melakukan gerakan atau latihan ringan dapat memperkuat kesehatan kardiovaskular (kesehatan jantung dan pembuluh darah) sehingga tubuh tidak cepat lelah untuk melakukan aktifitas sederhana misalnya berbelanja ataupun duduk cukup lama dikantor.

Melatih teknik pernapasan

Senam hamil juga sangat bermanfaat untuk melatih pernapasan moms karena senam hamil akan melatih moms untuk mendapatkan oksigen yang optimal dan jika masa melahirkan akan tiba, moms tidak akan kesulitan untuk mengatur pernapasan.

Memperbaiki kualitas tidur

Masalah tidur kerap kali dialami oleh para ibu hamil, hal ini dikarenakan sulitnya ibu hamil untuk mendapatkan posisi tidur yang nyaman atau ideal. Nah dengan melakukan senam hamil, moms bisa tidur lebih nyenyak.

Mengurangi rasa tidak nyaman

Lakukan latihan atau gerakan senam hamil dapat membantu tubuh untuk mengurangi rasa pusing dan nyeri karena kehamilan. Nah, dengan melakukan gerakan senam ini dapat mengurangi rasa nyeri punggung, dapat meningkatkan peredaran darah sekaligus memperkuat otot perut.

Melatih relaksasi

Ketika moms sedang menjalani proses kehamilan, sebuah relaksasi pada tubuh sangat dibutuhkan selain untuk mencegah timbulnya stres, relaksasi juga baik untuk perkembangan janin sehingga bisa mengurangi rasa tegang saat proses persalinan nanti.

Setiap olahraga pasti ada risiko cidera, begitu pula dengan olahraga senam ibu hamil. Agar ketika melakukan gerakan senam kehamilan aman dan tidak cidera, moms harus memakai pakaian yang khusus untuk olahraga aerobik. Sekarang sudah ada pakaian senam khusus ibu hamil, kainnya lembut dan lentur.

Nah, demikianlah penjelasan di atas untuk para ibu yang sedang hamil agar melakukan gerakan senam yang mudah tanpa instruktur. Untuk melakukan senam ibu hamil, lebih baik moms melakukannya di tempat yang terbuka seperti di halaman belakang rumah. Gunakan alas yang empuk agar moms merasa aman dan nyaman. Dan yang paling penting, moms harus utamakan kesehatan janin yang ada dalam kandungan moms ya.