Apa Itu Double Chin Dan Bagaimana Cara Menghilangkannya?

Hai guys, pernah tau atau pernah dengar kata-kata double chin gak? Kalau dari kata double sih udah pasti ganda atau lebih dari satu artinya, nah kalau double chin lebih tepatnya adalah dagu yang berlipat. Hayoo siapa yang dagunya berlipat? Kebanyakan sih orang gemuk yang memiliki double chin ini, tentu gak mau dong punya dagu seperti itu. Mau tau gimana cara menghilangkannya? Yuk, simak artikel ini.

Double Chin

Double chin adalah dagu yang berlipat dikarenakan lemak yang berlebihan. Double chin ini membuat dagu seperti berlipat-lipat dan leher jadi tidak kelihatan. Memiliki dagu yang berlipat ini sungguh sangat menganggu penampilan bukan? Apalagi bagi seorang wanita, pasti akan merasa kurang percaya diri. Banyak salon kecantikan yang bisa membantu kamu menghilangkan double chin tersebut, tapi kamu tau sendiri dong berapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk itu semua. Eits jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sendiri tanpa harus ke salon.

Penyebab

Faktor berat badan

Saat mengalami kondisi berat badan naik sehingga memicu kelebihan bobot tubuh, secara natural tubuh akan menyimpan lemak dari yang seharusnya. Setelah mengisi area-area biasa, seperti lengan, perut dan paha maka lemak kemudian akan mengisi tempat lainnya, salah satunya ialah area leher dan dagu yang biasanya memang sedikit agak longgar dan kosong.

Faktor genetik

Ternyata double chin pada sebagian orang bisa disebabkan oleh faktor genetik alias diwarisi garis keturunan. Faktor genetik sendiri memang kurang lebih mempengaruhi bentuk wajah dan penempatan lemak-lemak. Jika seseorang di dalam suatu keluarga memiliki double chin, maka tidak menutup kemungkinan bahwa ada anggota keluarga lainnya yang juga mempunyai dagu berlipat.

Faktor penambahan usia

Penambahan usia secara alami akan membuat metabolisme tubuh akan berkurang dan menurun dengan sendirinya. Saat kondisi ini terjadi, maka kamu akan mulai kehilangan masa otot-otot dan tulang menjadi lemah secara perlahan dan tentunya keelastisitasan kulit menjadi berkurang dari waktu ke waktu. Dalam kasus ini, training olahraga dengan fokus penguatan otot-otot disebutkan sebagai cara yang efektif untuk mengurangi tampilan double chin.

Cara Menghilangkan

Untuk menghilangkan double chin, kamu harus melakukan sedikit usaha misalnya olahraga atau diet. Kamu juga bisa melakukan beberapa cara di bawah ini:

Masker putih telur

Masker putih telur juga sangat membantu untuk menghilangkan dagu ganda. Hal tersebut dikarenakan putih telur memiliki efek pengetatan kulit dan berfungsi juga untuk kesehatan keseluruhan kulit. Caranya pun sangat mudah, yaitu: Kocok dua butir putih telur, satu sendok makan susu, madu dan jus lemon. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint. Oleskan masker ini ke kulit di daerah sekitar dagu dan leher kamu. Setelah itu, biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini satu kali dalam sehari.

Kunyah permen karet

Wah apa hubungannya double chin dengan mengunyah permen karet ya? Dengan mengunyah permen karet itu bisa memberikan latihan pada otot rahang kamu dan hal ini akan membakar lemak sekitar dagu. Tidak hanya itu saja, mengunyah permen karet dapat membuat kulit wajah tetap kencang.

Pilihlah permen karet yang bebas gula, karena permen karet yang bebas gula tersebut dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi. Maka dari itu, kamu tidak perlu repot pergi ke salon, cukup kunyah permen karet tanpa gula beberapa kali sehari untuk mengurangi dagu ganda kamu.

Minyak gandum

Pijat leher secara teratur dengan menggunakan minyak biji gandum, Minyak biji gandum memiliki kebaikan vitamin E yang berfungsi memberikan nutrisi kepada kulit dan membantu mengencangkannya. Perhatikan cara ini untuk menghilangkan dagu ganda menggunakan minyak biji gandum. Sebelum tidur, gunakan minyak biji gandum untuk memijat di daerah sekitar dagu. Pijat lembut ke atas dari bawah leher hingga dagu selama 10 sampai 15 menit. Biarkan minyak di kulit kamu selama semalaman. Lakukan terus hal tersebut secara teratur, maka kamu pun akan segera melihat perubahan pada dagu kamu.

Konsumsi vitamin E

Tingkatkan asupan vitamin E karena hal itu dapat meningkatkan elastisitas kulit dan kesehatan umum kulit kamu. Banyak sekali makanan yang mengandung vitamin E tinggi, seperti sayuran hijau, minyak biji gandum, susu, beras merah, kacang polong, kacang-kacangan, biji-bijian, kedelai, kacang tanah dan hati. Pastikan salah satu makanan yang mengandung vitamin E tinggi tersebut ada dalam menu harian kamu. Nutrisi merupakan hal yang sangat penting jika kamu ingin menghilangkan double chin. Tidak hanya membuat kulitmu menjadi sehat, diet rendah kalori yang membuatmu menghindari gula dan makanan berlemak lainnya juga akan membantu menstabilkan berat badan.

Menguap

Siapa sangka dengan melakukan hal ini bisa menghilangkan double chin. Ternyata ketika menguap, otot mulut, dagu dan leher akan tertarik sehingga bisa membakar lemak di pipi dan dagu. Karena itu, tidak ada salahnya dong kamu melakukan gerakan menguap meskipun pada saat itu kamu sedang tidak mengantuk atau ingin menguap. Ya gak apa-apa dong melakukannya yang penting dagu berlipat itu hilang, benar gak?

Susu

Gunakan susu untuk mengencangkan dan mencerahkan bagian dagu kamu. Susu juga bermanfaat menjaga kulit kamu tetap lembut dan cantik. Cara menghilangkan double chin menggunakan susu sebagai berikut: Oleskan susu pada dagu berlipat kamu, kemudian pijat selama beberapa menit dan bilas dengan air suam-suam kuku. Ulangi hal tersebut beberapa kali dalam sehari. Pilihan lainnya adalah membuat masker dengan susu dan madu. Campurkan susu dan madu, kemudian campuran tersebut dioleskan di atas area dagu. Biarkan selama 10 menit, setelah itu bilaslah dengan air suam-suam kuku. Lakukan hal ini sebanyak satu kali dalam sehari.

Senam wajah

Kamu bisa lakukan hal ini seminggu sekali, cara ini bisa mengencangkan otot-otot bagian wajah kamu. Caranya adalah coba berdiri tegak, angkat kepala seperti gerakan sedang menatap ke atas sampai dagu ikut terangkat. Buat gerakan bibir seperti ingin mencium sampai terasa otot pipi dan dagu tertarik, lalu tahan selama 10 detik. Kembali ke posisi tegak, lalu ulangi 10 kali.

Itu dia hal-hal yang berkaitan dengan double chin dan buat kamu yang memiliki dagu berlipat jangan khawatir lagi ya, kamu udah bisa kok lakukan hal di atas tanpa harus pergi ke salon lagi. Selamat mencoba…