Apa Itu Amandel Dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Siapa diantara kamu yang pernah mengalami radang amandel? Apakah kamu melakukan operasi untuk menghilangkannya? Penyakit amandel ini bisa menyerang siapa saja mulai dari anak-anak sampai orang yang sudah lanjut usia. Tapi, apakah kamu tahu kalau amandel ini bisa sembuh tanpa operasi? Untuk mendapatkan info yang lebih jelas lagi, mari kita simak aja langsung artikel ini.

Radang Amandel

Radang amandel adalah peradangan yang terjadi pada amandel atau tonsil. Amandel merupakan sekumpulan jaringan berbentuk kelenjar yang terletak pada bagian belakang tenggorokan kamu. Memiliki fungsi melindungi tubuh dari infeksi yang akan menyerang tubuh melalui mulut dengan sel darah putih yang tonsil miliki. Penyakit amandel ini bisa menimbulkan rasa sakit luar biasa serta akan dirasakan pada daerah tenggorokan. Bahaya penyakit amandel yang terbagi menjadi dua jenis yakni adalah:

  • Muncul rasa nyeri saat sedang mengonsumsi makanan atau juga minuman dan biasanya disertai juga dengan demam
  • Memang tidak terasa nyeri saat sedang menelan, tetapi lama kelamaan ukurannya akan semakin membesar. Dan kondisi yang seperti ini sering disebut dengan hipertrofi yang menyebabkan gejala si penderita tidak bisa menelan.

Penyebab Amandel

Sebenarnya amandel berfungsi untuk kesehatan, namun amandel juga bisa mengalami pembengkakan. Amandel terbentuk dari jaringan yang memiliki lubang-lubang kecil dan tidak mampu dilihat dengan mudah. Semua bagian lubang ini menampung bakteri, virus dan kuman yang masuk ke dalam tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh sedang lemah maka amandel akan lebih mudah mengalami peradangan. Orang yang menderita peradangan akan mengalami sakit kepala, demam, nyeri tenggorokan saat menelan, sakit telinga dan batuk. Berikut ini adalah penyebab lain amandel membengkak:

  • Penyakit asam lambung (GERD)
  • Kebiasaan merokok
  • Radang amandel

Hampir 70% penyebab amandel dikarenakan oleh faktor makanan. Jika dibiarkan maka akan sangat mengganggu saluran tenggorokan yang merupakan jalannya sistem pernapasan dan juga sistem pencernaan tubuh. Jika sudah begini maka akan membuat bahaya amandel semakin kronis dan berikut inilah bahayanya:

Menurunnya pasokan oksigen

Radang amandel yang semakin menerima serangan bakteri dan virus akan membuat tonsil semakin membesar, kondisi ini disebut hypertrofi. Pembesaran tonsil ini akan membuat ruang pernapasan semakin sempit, dampaknya adalah suplai oksigen di dalam tubuh akan semakin sedikit dan kondisi ini akan memperburuk sistem pernapasan.

Menurunnya daya konsentrasi

Sedikitnya suplai oksigen di dalam tubuh yang kemudian akan diikat oleh darah untuk disalurkan ke dalam otak akan membuat fungsi otak bisa menurun. Otak sangat membutuhkan suplai oksigen untuk tetap berfungsi dengan baik, kurangnya oksigen akan mengurangi daya konsentrasi dan daya ingat.

Nafsu makan berkurang

Kondisi peradangan amandel akan terasa sangat tidak nyaman. Untuk menelan ludah saja akan terasa nyeri, apalagi makan atau minum. Tidak jarang penderita penyakit amandel merasa tidak nafsu untuk makan atau bahkan pola makan tidak akan teratur. Penderita amandel berusaha untuk tidak banyak makan saat radang amandel.

Kekurangan gizi

Kebutuhan nutrisi yang kurang dalam tubuh, dampak terburuknya adalah tubuh kita akan kekurangan nutrisi. Kebutuhan tubuh akan kalori untuk menjaga stamina tubuh dan zat besi yang di butuhkan darah akan sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita. Jika asupan nutrisi kita kurang maka akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh kita menurun. Kondisi ini akan sangat berbahaya karena peradangan amandel akan semakin membesar.

Komplikasi saluran THT

Jika radang amandel semakin kronis yang artinya sudah sangat membesar dan bahkan hampir menyumbat sistem pernapasan maka akan berpotensi terjadinya komplikasi pada saluran THT lainnya. Jika sudah begini maka diperlukan tindakan medis yang pada umumnya akan dilakukan pembedahan.

Cara Mencegahnya

Banyak cara untuk mencegah amandel agar tidak kambuh lagi dan salah satunya operasi. Namun masih banyak orang yang takut menjalani operasi. Tapi, jangan khawatir lagi karena mencegah amandel juga bisa tanpa menjalankan operasi. Lakukan hal di bawah ini untuk mencegahnya:

Menjaga kebersihan mulut

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan mulut dan gigi, itu menjadi faktor yang sangat penting untuk mencegah amandel. Orang yang sudah sering mengalami peradangan amandel harus menjaga kesehatan mulut dan gigi. Sikat gigi dan berkumur dengan larutan yang mengandung nitrat bisa meningkatkan kesehatan mulut dan gigi. selain itu usaha ini juga bisa membunuh kemungkinan bakteri dan kuman yang bersarang di mulut dan gigi.

Konsumsi minuman probiotik

Minuman yang mengandung probiotik sangat penting untuk mencegah amandel. Kamu bisa mengkonsumsi yogurt alami atau yogurt produksi rumahan. Hal ini untuk mencegah minuman probiotik dari campuran bahan perasa, pemanis dan pewarna. Bahan-bahan ini akan menyebabkan peradangan pada amandel. Probiotik bisa membantu membersihkan bakteri dan kuman lain yang ada pada amandel dan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Bawang putih

Bawang putih juga bisa menjadi obat ampuh untuk mengatasi amandel. Penderita bisa mengunyah bawang putih mentah yang sudah dibersihkan. Bawang putih mengandung senyawa khusus yang bisa melawan pertumbuhan bakteri dan kuman pada amandel. Selain itu antioksidan yang tinggi pada bawang putih bisa menyembuhkan peradangan amandel dengan cara yang aman. Cara ini bisa dilakukan selama beberapa hari sebelum tanda-tanda peradangan muncul.

Tips agar terhindar dari amandel:

  • Pastikan makanan yang dikonsumsi adalah makan higienis
  • Ganti kebiasaan ngemil dengan makan buah-buahan
  • Hindari makanan bersantan dan juga berminyak
  • Atur waktu makan, jangan makan berkali-kali di waktu yang berdekatan
  • Pastikan lingkungan tempat tinggal bersih
  • Gunakan masker jika berada pada lingkungan kotor
  • Perbanyaklah minum air putih, namun jangan air yang dingin

Ya, itulah penjelasan tentang amandel, apa kamu sudah memahaminya? Pada intinya kita harus menjaga kesehatan diri sendiri dan mengatur hidup yang sehat. Semoga bermanfaat.