Waspadalah Dengan “Brazilian Blowout”, Cara Meluruskan Rambut Berbahan Formalin

Hallo guys apa kabarnya nih? Tentunya dalam keadaan sehat-sehat ya amin. Di artikel kali ini kita akan membahas tentang penampilan dan kecantikan, salah satunya urusan rambut ya. Hampir kebanyakan kaum perempuan mempercantik rambut mereka dengan cara meluruskannya. Dan yang sekarang lagi ngetren adalah meluruskan rambut dengan formalin? Penasaran kan gimana caranya? Yuk, kita simak sama-sama.

Meluruskan Rambut Dengan Bahan Formalin

Rambut merupakan mahkota untuk kaum perempuan, merawat dan membuatnya lebih indah adalah hal yang utama. Apalagi untuk menunjang penampilan, apapun akan dilakukan agar terlihat indah. Rambut tidak memiliki syaraf perasa sehingga rambut tidak terasa sakit kalau dipangkas.

Dengan adanya rambut, selain berfungsi sebagai mahkota juga berfungsi sebagai pelindung kepala dari panas terik matahari dan cuaca dingin. Rambut memberikan kehangatan pada kulit dan memberikan keindahan. Rambut membutuhkan penataan dan perawatan secara teratur supaya rambut tetap sehat, indah dan berkilau.

Berba­gai pro­duk per­awatan ram­but bisa saja di­gu­nakan un­tuk men­da­p­atkan ram­but yang se­hat dan ter­awat, se­bab di luar sana ada banyak je­nis per­awatan yang bisa di­beli dan dip­ilih sesuai den­gan ke­bu­tuhan ram­but itu sendiri. Hal ini akan mem­buat per­awatan ram­but men­jadi lebih mu­dah dan mu­rah karena bisa di­lakukan sendiri di rumah.

Tidak cukup hanya dengan keramas dan creambath tetapi juga dengan pewarnaan serta rebonding atau meluruskan rambut. Pelurusan rambut termasuk dalam alasan utama para perempuan datang ke salon. Bila kamu termasuk salah satu diantaranya, sebaiknya kamu harus mewaspadai bahaya bahan kimia yang terdapat dalam produk pelurusan rambut.

Kabarnya di Amerika telah diperingatkan bahwa produk pelurus rambut menggunakan formaldehyde yaitu sebuah bahan kimia yang membantu keratin rambut untuk menjadikan rambut lurus. Formaldehyde ini sejak lama diidentifikasi sebagai bahan karsinogenik di banyak negara. Selain dalam produk pelurus rambut, zat kimia ini dalam berbagai level juga ditemukan pada produk smoothing (pelurusan dan pelembutan rambut), meski dalam kemasannya tertulis “bebas Formaldehyde”.

Peringatan bahaya produk pelurusan rambut pun dikeluarkan OSHA dan menyusul laporan dari para pekerja salon yang mengeluhkan berbagai reaksi alergi seperti iritasi mata dan mimisan. Beberapa konsumen juga melaporkan efek samping rambut rontok, gatal-gatal serta kulit kepala melepuh.

Teknik pelurusan rambut yang disebut dengan Brazilian Blowout” ini menjadi fokus perhatian OSHA karena teknik sekaligus merek produk ini sedang ngetren di Amerika. Produk ini pertama kali muncul di Brazil tahun 2005 dan terus menyebar ke seluruh Amerika Utara dan Eropa. Beberapa selebriti Hollywood juga didapuk menjadi juru bicara produk ini.

Teknik Brazilian Blowout menggabungkan antara panas dari hair-dryer dan catok rambut untuk meluruskan rambut yang sudah diberi produk pelurus rambut. Asap formaldehyde yang terlepas ke udara bisa terhirup oleh orang di ruangan yang sama. Selain di Amerika, pemerintah Kanada juga memperingatkan warganya akan bahaya Brazilian Blowout dan mulai menarik produk ini dari pasaran.

Salah satu keuntungannya, rambut dengan brazilian blowout ini akan bertahan selama 3 sampai 4 bulan. Lalu setelah proses pengerjaan, kamu bebas melakukan apapun pada rambut kamu seperti mengucir, menjepit atau bahkan menekuk rambut. Rambut tidak akan menimbulkan bekas tekukan atau jepitan, karena menggunakan proses pelurusan yang menggunakan krim dari bahan keratin, bahan alami yang sebelumnya sudah ada di dalam rambut kamu.

Apa Itu Formaldehyde?

Formaldehyde atau senyawa formalin adalah bahan kimia yang biasa dipakai untuk membasmi bakteri atau berfungsi sebagai disinfektan. Zat ini termasuk dalam golongan kelompok desinfektan kuat, dapat membasmi berbagai jenis bakteri pembusuk, penyakit, cendawan atau kapang. Disamping itu juga dapat mengeraskan jaringan tubuh dan biasanya formalin memang digunakan salah satunya sebagai pengawet mayat.

Formalin dapat menyebabkan sakit perut, pusing, muntah dan yang lebih parah lagi dapat menyebabkan kematian. Selain terhirup melalui udara, seseorang dapat terkena formalin dari makanan dan minuman. Paparan jangka pendek dari kontak fisik dengan formalin dapat menyebabkan iritasi kulit dan mata berair. Selain itu, formalin ditengarai bersifat karsinogen, yaitu dapat menyebabkan kanker terutama pada paparan jangka panjang.

Meskipun Peraturan Menteri Kesehatan sudah menyatakan bahwa formalin merupakan bahan tambahan makanan terlarang, ternyata pada kenyataannya masih banyak para pedagang/produsen makanan yang “nakal” tetap menggunakan zat berbahaya ini.

Pembuatan Formalin

Formaldehid atau formalin merupakan senyawa yang paling sederhana dari kelompok Aldehid dengan jumlah rantai karbon hanya satu. Pembuatan Formaldehid pertama kali dilaporkan oleh ilmuwan kimia asal Rusia bernama Aleksander Butlerov (1828-1886) yang kemudian dikembangkan oleh August Wilhelm von Hofmann.

Formaldehid diproduksi pada skala industrial dengan reaksi oksidasi katalitik dari metanol. Senyawa Katalis yang paling sering digunakan dalam raksi ini adalah logam perak. Persamaan Reaksi yang terjadi ialah:
2 CH3OH + O2 → 2 CH2O + 2 H2O

Reaksi ini terjadi pada temperatur 650 dengan katalis perak. Setelah diperoleh formaldehid, kemudian dilakukan pembuatan formalin dengan mencampurkan 37% formaldehid dengan 15% methanol dan 48% Air. Saat ini banyak orangtua mengkhawatirkan akan kandungan formalin pada vaksin. Padahal sebenarnya pada vaksin, kadar formalin jauh lebih kecil daripada yang terbentuk secara alami di dalam tubuh.

Tindakan Pencegahan Dari Formalin

  • Terhirup

* Untuk mencegah agar tidak terhirup gunakan alat pelindung pernafasan, seperti masker, kain atau alat lainnya yang dapat mencegah kemungkinan masuknya formalin ke dalam hidung atau mulut.
* Lengkapi sistem ventilasi dengan penghisap udara (exhaust fan) yang tahan ledakan.

  • Terkena mata

* Gunakan pelindung mata atau kacamata pengaman yang tahan terhadap percikan.
* Sediakan kran air untuk mencuci mata di tempat kerja yang berguna apabila terjadi keadaan darurat.

  • Terkena kulit

* Gunakan pakaian pelindung bahan kimia yang cocok.
* Gunakan sarung tangan yang tahan bahan kimia.

  • Tertelan

Hindari makan, minum dan merokok selama bekerja. Cuci tangan sebelum makan.

Pertolongan Pertama

  • Bila terhirup

Jika aman memasuki daerah paparan, pindahkan penderita ke tempat yang aman. Bila perlu, gunakan masker berkatup atau peralatan sejenis untuk melakukan pernafasan buatan. Segera hubungi dokter.

  • Bila terkena kulit

Lepaskan pakaian, perhiasan dan sepatu yang terkena formalin. Cuci kulit selama 15-20 menit dengan sabun atau deterjen lunak dan air yang banyak dan dipastikan tidak ada lagi bahan yang tersisa di kulit. Pada bagian yang terbakar, lindungi luka dengan pakaian yag kering, steril dan longgar. Bila perlu segera hubungi dokter.

  • Bila terkena mata

Bilas mata dengan air mengalir yang cukup banyak sambil mata dikedip-kedipkan. Pastikan tidak ada lagi sisa formalin di mata. Aliri mata dengan larutan dengan larutan garam dapur 0,9 persen (seujung sendok teh garam dapur dilarutkan dalam segelas air) secara terus-menerus sampai penderita siap dibawa ke rumah sakit. Segera bawa ke dokter.

  • Bila tertelan

Bila diperlukan segera hubungi dokter atau dibawa ke rumah sakit.

Meluruskan Rambut Secara Alami

Setiap wanita pastinya selalu ingin tampil maksimal setiap saat. Tak jarang untuk mempercantik diri, mereka rela menghabiskan gaji bulanan seperti salah satunya untuk meluruskan rambut. Mengingat wanita yang memiliki rambut lurus terlihat lebih anggun dan elegan. Nah daripada mengeluarkan biaya yang besar dan agar terhindar dari bahayanya produk yang tidak berkualitas, berikut ini adalah beberapa cara untuk meluruskan rambut secara alami:

  • Telur dan susu

Telur dan susu merupakan dua bahan yang cukup efektif untuk merawat rambut kamu. Kedua bahan ini diperkaya dengan berbagai macam kandungan nutrisi yang bisa menjaga kesehatan kulit kepala, mencegah ketombe dan tentunya meluruskan rambut secara alami.

Cara meluruskan rambut dengan telur dan susu:

  1. Siapkan 1 butir telur ayam kampung, lalu pecah dan pisah putih telurnya
  2. Selanjutnya tambahkan dua cangkir susu putih tanpa tambahan pemanis
  3. Kemudian oleskan masker rambut tadi keseluruh bagian rambut setiap kelompok helai demi helai
  4. Jika sudah, tutup rambut dengan shower cap atau tutup mandi selama lebih kurang 15 menitan
  5. Kamu dapat menggunakan masker rambut dari telur dan susu ini 30 menit sehabis keramas dan menggunakan kondisioner
  • Gel Lidah Buaya

Ekstrak lidah buaya banyak dijadikan bahan makanan, minuman dan juga produk perawatan rambut. Ini karena lidah buaya mengandung senyawa yang penting bagi kesehatan rambut. Jika kamu tertarik, coba ikuti langkah meluruskan rambut dengan lidah buaya berikut.

Ikuti langkah demi langkah berikut:

  1. Patahkan satu batang lidah buaya dan ambil gelnya dengan cara memotongnya
  2. Panaskan potongan gel lidah buaya hingga meleleh dan berbentuk cairan
  3. Aplikasikan sebagai kondisioner sehabis keramas, diamkan selama 30 menit
  4. Akhiri dengan mencuci rambut dengan air biasa
  5. Ini akan membuat rambut kamu benar-benar lurus dan berkilau
  • Minyak Zaitun

Minyak ini memiliki kandungan lemak jahat hanya sedikit sehingga manfaatnya bisa digunakan untuk apa saja dan kapan saja, terlebih harga dari minyak zaitun ini tergolong murah. Hampir semua toko kecantikan dan toko bahan masakan menjual minyak zaitun untuk menambah cita rasa. Ketika minyak ini mengenai rambut kamu, maka manfaatnya akan berlipat ganda. Selain menghitamkan rambut, minyak ini juga mampu memberikan efek rambut lurus. Bahkan sampai dikenal dengan zat yang memperindah rambut secara alami.

Berikut ini caranya:

  1. Tuang minyak zaitun pada setengah gelas
  2. Panaskan minyak tersebut dengan menggunakan api kecil
  3. Jika sudah panas, campurkan dengan setengah gelas daun rosemary kering
  4. Di angkat dari kompor, remas remas dengan daun rosemary tadi
  5. Tunggu sampai benar benar dingin, oleskan pada rambut serta kepala kamu dan pijat dengan lembut
  6. Biarkan selama setengah jam agar nutrisi dari minyak zaitun dan roemary tersebut bisa di serap dengan baik oleh rambut dan kulit kepala kamu
  7. Bersihkan dengan menggunakan air atau boleh juga dengan keramas jika risih
  8. Gunakan kondisioner jika di perlukan
  9. Jika sudah, tutup dengan handuk kering atau biarkan rambut mengering dengan sendirinya
  • Yoghurt Dan Telur

Sebenarnya masker telur dan yohurt ini hampir sama dengan masker susu dan telur di atas. Tetapi dengan menambahkan yoghurt biasanya bau amis telur akan hilang. Selain bermanfaat untuk membuat rambut lurus, masker ini juga terbukti mampu menutrisi rambut hingga bagian akarnya.

Cara meluruskan rambut permanen dengan yoghurt dan telur:

  1. Siapkan 1 buah telur ayam kampung dan 4-5 sendok makan yoghurt
  2. Pisahkan putih telur dengan kuningnya lalu campur dengan yoghurt rata
  3. Setelah selesai keramas, aplikasikan masker ini keseluruh rambut
  4. Pijat sebentar selama 5 menit lalu diamkan 30 menit supaya meresap
  5. Bilas dengan cara keramas seperti biasanya
  • Madu Dan Susu

Secara individu ataupun bersamaan, madu dan susu dapat bertindak sebagai pelurus alami rambut. Kedua bahan tersebut dikenal efektif, jadi kamu tidak perlu ragu akan kemampuannya. Cara menggunakannya sebagai berikut ini:

  1. Siapkan segelas susu tawar dan tambahkan dua sendok makan madu ke dalam gelas
  2. Jika punya, tumbuk beberapa buah stroberi segar dan masukkan dalam campuran susu madu
  3. Aduk beberapa kali, langsung oleskan pada rambut
  4. Diamkan minimal selama 2 jam karena waktu yang cukup lama agar kandungannya terserap sempurna, kamu bisa habiskan waktu menunggu dengan membaca majalah fashion ataupun melakukan kegiatan yang tidak membosankan
  5. Jika sudah pada waktunya, cuci rambut dengan shampo
  • Cuka

Pemakaian cuka secara langsung dapat berbahaya bagi kulit kepala yang cukup sensitif terhadap asam. Maka dari itu, kita lebih baiknya melakukan pengenceran sebelum memakai cuka untuk perawatan rambut. Pada pemakain cuka encer yang harus kamu siapkan adalah berbagai jenis alat yang mampu mempertahankan rambut dalam waktu lama seperti jepit rambut. Kandungan dalam cuka akan membuat rambut kamu mengeras sehingga disarankan untuk melakukan penjepitan agar rambut lurus terjadi dengan sedemikian rupa.

  • Pisang Dan Pepaya

Sekarang ini telah banyak sekali beredar masker pelurus rambut yang terbuat dari bahan dasar pisang dan pepaya. Nah, jika kamu tak ingin keluar banyak modal maka saya sarankan membuat sendiri di rumah. Dengan kandungan beragam nutrisi dalam pisang dan pepaya, dijamin rambut kamu akan lurus.

Cara meluruskan rambut dengan pisang dan pepaya:

  1. Sediakan mangkuk berukuran sedang yang sudah bersih
  2. Ambil daging pepaya dan pisang lalu letakan kedalam mangkuk secukupnya saja
  3. Tumbuk keduanya, lalu remas-remas sampai menyatu dan membentuk masker. Apabila terlalu pekat, kamu bisa menambahkan sedikit air hangat
  4. Jangan lupa tambahkan juga beberapa sendok makan madu. Setelah itu aplikasikan masker pisang dan pepaya keseluruh bagian rambut
  5. Diamkan sejenak selama 30 menitan, lalu bilas dengan cara keramas.
  6. Hanya dalam beberapa menit saja, kamu sudah bisa merasakan perbedaan di rambut. Seperti teksturnya lebih lembut dan halus
  • Air Santan Kelapa

Air santan merupakan salah satu jenis air yang banyak digunakan sebagai campuran masakan dan bahan makanan. Seperti dalam memasak gulai, tengkleng dan lain sebagainya. Siapa sangka, ternyata air santan kelapa ini mampu membantu kamu meluruskan rambut secara alami. Dengan catatan kamu harus mengaplikasikan cara ini secara rutin, seminggu satu sampai dua kali untuk hasil yang maksimal. Bagaimana caranya? Yakni dengan menggunakan kelapa yang sudah berusia tua.

  1. Campurkan kelapa dengan beberapa perasan jeruk nipis, diaduk sampai benar-benar menyatu semua komponennya
  2. Lalu langkah selanjutnya adalah mendinginkan ke dua campuran tersebut, bisa di masukkan dalam kulkas selama 3 jam
  3. Intinya ramuan tersebut memang benar benar dingin hingga mengental. Setelah itu baru bisa digunakan
  4. Penggunaannya dengan cara meratakan ke seluruh rambut. Bisa dilakukan dengan cara di sisir
  5. Setelah semua rata, tutup rambut kamu dengan menggunakan shower sampai kering
  6. Jika sudah, bilas dengan menggunakan air sampai bersih
  • Seledri

Cara meluruskan rambut dengan seledri sebenarnya cukup ampuh sekali, namun caranya agak ribet dan banyak memakan waktu. Karena kamu harus menjadikan seledri ekstrak jus, lalu disimpan selama semalam. Meski demikian, kamu masih bisa menggunakan seledri apabila tertarik. Setelah membuat ekstrak jus, lalu aplikasikannya ke seluruh bagian rambut. Diamkan semalaman agar meresap. Ketika pagi, sisir rambut sampai halus dan tutup kembali selama setengah hari.

  • Jeruk Nipis Dan Santan

Apabila jeruk nipis dan santan dicampurkan, maka akan menjadi obat pelurus rambut yang cukup mujarab. Keduanya bertindak layaknya sebagai kondisioner yang bermanfaat untuk meluruskan rambut dengan cepat. Caranya campurkan kedua bahan tersebut dengan takaran yang wajar. Setelah itu aplikasikan ke seluruh bagian rambut kamu secara merata. Tunggu saja sampai kering, kemudian bilas dengan cara keramas seperti biasanya. Agar hasilnya maksimal, lakukan maksimal 2x dalam seminggu saja.

  • Minyak Jarak

Di beberapa tempat minyak jarak mendapat julukan minyak katsor, mungkin kamu pernah mendengarnya. Minyak ini bermanfaat bagi kesehatan juga kecantikan seperti yang akan kamu lakukan ini. Berikut cara meluruskan rambut dengan minyak jarak:

  1. Panaskan minyak jarak secukupnya
  2. Selagi hangat, oleskan langsung pada kulit kepala secara menyeluruh dan beri pijatan rileksasi
  3. Bungkus rambut dengan handuk hangat yang sebelumnya sudah direndam ke dalam air hangat
  4. Setelah 30 menit lamanya, cuci rambut
  5. Minyak dari biji jarak akan membantu dalam meluruskan rambut secara alami, sangat aman karena senyawa yang terkandung tidak bersifat negatif
  • Tepung Beras dan Telur

Masker rambut dari tepung beras dan telur juga efektif untuk meluruskan rambut. Tepung beras dikenal mampu membuat rambut lurus dengan cepat. Namun penggunaan masker tepung beras dan telur tidak boleh secara berlebihan, karena bisa mengakibatkan rambut mengalami berbagai macam masala mulai dari patah hingga kerontokan. Ada baiknya gunakan masker rambut ini setiap 1 kali dalam seminggu, setelah lurus hentikan pemakaian. Berikut ini caranya:

  1. Pecahkan satu butir telur, ambil bagian putihnya saja
  2. Campurkan lima sendok makan tepung beras dengan putih telur, aduk hingga berbentuk pasta kental
  3. Terapkan dengan mengoleskan pada rambut, kemudian gunakan sisir untuk meluruskan rambut dengan satu arah
  4. Diamkan selama satu jam dan terakhir bilas dengan shampo ringan

Demikianlah ulasan di atas untuk kamu pahami, daripada kamu harus mengeluarkan biaya yang besar ke salon untuk memperindah rambut, lebih baik kamu ikuti cara alami di atas. Selain tidak mengeluarkan biaya yang besar, kamu juga gak harus takut akan produk yang tidak berkualitas dan berbahaya seperti yang sudah disebutkan di atas.Yap, sampai di sini dulu ya pembahasan kita kali ini dan semoga bertemu lagi di artikel selanjutnya….