Siapa Bilang Tato Cuma Bisa Di Kulit? Lihat Aja Trend Kecantikan Baru Ini

Hai guys, apakah kamu pecinta tato? Ya, mungkin sebagian orang suka dengan seni ukiran ini dan ada juga sebagian orang yang tidak menyukainya. Selama ini mungkin yang kita tahu kalau membuat tato itu pasti di bagian tubuh, ya palingan di tangan, di kaki ataupun di leher. Nah, kali ini tatonya bukan lagi dibuat di tubuh tapi di gigi, yap di gigi guys. Nah, pada penasaran kan gimana tampilannya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Sejarah Tato

Tato berasal dari bahasa Tahiti “tatu” yang konon artinya tanda. Walaupun bukti-bukti sejarah tato ini tidak begitu banyak, tetapi para ahli mengambil kesimpulan bahwa seni tato ini udah ada sejak 12.000 tahun SM. Budaya tato menyebar ke seluruh dunia termasuk suku Dayak di Indonesia.

Orang Mentawai sudah menato badan sejak kedatangan mereka ke pantai barat Sumatera. Bangsa Proto Melayu ini datang dari daratan Asia (Indocina) pada Zaman Logam 1500 SM-500 SM. Itu artinya, tato Mentawailah yang tertua di dunia. Bagi orang Mentawai, tato merupakan busana abadi yang dapat dibawa mati. Dengan kata lain, tato tradisi orang Mentawai hanya menjadi sebuah karya seni selama manusia yang memakainya hidup. Bahkan ada yang menyebut konon orang Mentawai menato tubuh mereka agar kelak setelah meninggal dapat saling mengenali leluhur mereka.

Dalam beberapa penelitian yang pernah dirilis, salah satunya penelitian Ady Rosa yang juga dikenal sebagai ‘Jenderal Tato Indonesia’, disebutkan bahwa tato juga terdapat di Siberia (300 SM), Inggris (54 SM), Indian Haida di Amerika, suku-suku di Eskimo, Hawaii dan Kepulauan Marquesas. Khusus di Mentawai, Ady menemukan 160 motif tato tradisional Mentawai. Hal itu dia tuangkan dalam tesis program pascasarjana di ITB Bandung tahun 1994.

Salah satu fungsi dari tato di Mentawai adalah menunjukkan identitas diri dan perbedaan status sosial seseorang. Seorang dukun sikerei akan berbeda rajahnya dengan tato ahli berburu. Ahli berburu dikenal melalui gambar binatang tangkapannya seperti babi, rusa, kera, burung atau buaya.

Jenis-jenis aliran tato:

  • Treebal: Berbagai gambar tattoo yang sering dibuat menggunakan blok warna atau hitam. Umumnya banyak dipakai oleh suku Mauri.
  • Natural: Bisa dilihat dari gambar-gambar tattoo yang berupa pemandangan alam atau bentuk muka.
  • Oriental: Aliran ini banyak dipakai oleh gang Yakuza di Jepang, gambarnya bisa berupa naga, koi atau sekumpulan ikan.
  • Newschool: Gambarnya cenderung mengarah ke bentuk grafiti, anime ataupun gambar-gambar di tembok.
  • Outschool: Gambar yang dibuat berupa gambar-gambar zaman dulu seperti : perahu, jangkar atau simbol love yang tertusuk pisau.
  • Biomekanic: Berupa aneka gambar aneh yang dulu tidak ada sekarang diadain, contohnya tato gambar robot.

Jenis-Jenis Tato

Bukan hanya seni musik saja yang ada jenis-jenisnya, tetapi tato juga ada jenis-jenisnya lho seperti berikut ini:

Tato budaya

Banyak masyarakat atau suku di dunia memiliki budaya merajah tubuh, termasuk suku Dayak di Indonesia. Tato di sini lebih sebagai tanda atau memiliki tujuan tertentu. Pembuatan tato juga biasanya dilakukan dengan proses ritual terlebih dahulu.

Tato kosmetik

Ada jenis tato yang tidak berupa gambar/lambang atau bentuk-bentuk tato yang umumnya kita lihat. Jenis tato tersebut adalah tato kosmetik. Ya, tato jenis ini digunakan sebagai make-up permanen. Misalnya tato untuk membentuk garis bibir dan mewarnai bibir, blush, alis dan lainnya. Tato kosmetik dilakukan oleh seorang spesialis dan pewarnaan biasanya harus diulangi secara periodik karena tinta tato yang dapat memudar seiring waktu.

Tato medis

Beberapa orang memiliki tato untuk kepentingan medis, misalnya jika ada seseorang yang perlu melakukan terapi radiasi secara rutin, dokter bisa menggunakan tato untuk menandai lokasi yang diterapiradiasikan tersebut atau jika seseorang setelah menjalani proses rekonstruksi payudara, tato bisa digunakan untuk menggambar puting.

Tato profesional

Tato jenis ini dibuat oleh ahli tato dengan menggunakan mesin tato/pistol tato. Hasil yang diberikan jauh lebih baik dan lebih berseni dibandingkan tato amatir. Tato profesional juga sangat memperhatikan kehigienisan alat-alat yang dipergunakan untuk mentato.

Trend Baru Tato Di Gigi

Ada trend baru lagi yaitu tato gigi. Sesuai namanya, gigimu bakal ditato dengan gambar-gambar mini yang menghiasi gigimu. Banyak wanita yang tidak takut melakukan tato ini, karena warnanya sangat cantik dan dipercaya membuat penampilan lebih keren.

“Ada anak-anak muda yang meminta tato nama mereka atau kekasih mereka pada gigi. Karena ingin memperlihatkan tatonya, maka mereka menato gigi bagian depan,” kata Dr Anil Chandan, seorang dokter gigi di Delhi Dental Council. “Tato gigi mulai marak ketika seorang penyanyi hip hop Amerika mulai menato giginya dan memperlihatkannya di panggung. Tren ini cocok untuk sosialita yang suka berpesta,” kata Dr Prashant Bhasin, seorang asisten profesor di Dental College.

Lantas bagaimana prosedur tato gigi? Apakah sama dengan pembuatan tato pada umumnya yaitu mengukir tinta dengan jarum di atas kulit? Dokter gigi Jennifer Churchill asal Amerika Serikat yang juga menerima pembuatan tato gigi ini menjelaskan prosedurnya pastinya tidak semengerikan yang dibayangkan. Tato gigi pelaksanaannya tidaklah sama seperti tato di kulit.

Teknik crown ini di Amerika Serikat kini bukan hanya sekadar untuk mengatasi gigi rusak. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, crown menjadi metode untuk membuat tato gigi. “Untuk membuat sebuah crown harus dipanaskan di dalam oven dengan suhu 212 derajat. Jadi kamu tidak akan pernah melihat tato di gigi asli,” kata Churchill.

Tato tersebut dibuat di atas crown yang memang karakteristiknya mirip seperti gigi asli. Ahli gigi akan mengukir gambar yang diinginkan di atas crown tersebut sebelum kemudian dipasang di dalam mulut. Crown atau penjaketan gigi yang sudah dihiasi tato ini tidak akan merusak gigi dan bisa tinggal permanen selama bertahun-tahun. Tato gigi tidak akan merusak gigi dan dapat dibiarkan selama bertahun-tahun. Pemakainya juga tidak akan merasakan sakit seperti jika membuat tato pada kulit.

Demikianlah ulasan tentang tato gigi tersebut, gimana? Keren kan guys? Apakah kalian tertarik menato gigi juga? Ya, semoga aja di negara kita secepatnya ada teknik menato gigi tersebut ya.