Sering Memakai Maskara? Waspadalah Terhadap Bahaya Ini

Hai ladies, apa kabarnya nih? Sehat dong tentunya ya hmmm dan tentunya makin cantik ya kan. Nah sudah tidak asing lagi ya kalau kita membahas tentang penampilan itu adalah hal yang utama di zaman sekarang. Banyak hal yang dilakukan untuk mempercantik diri dan menunjang penampilan.

Dan salah satu make up yang paling sering dipakai selain lipstik adalah maskara. Ya maskara dipakai untuk membuat bulu mata menjadi lentik, tetapi tahukah kamu kalau ternyata riasan mata tersebut berbahaya jika terlalu sering dipakai? Nah di artikel ini kita akan membahasnya lebih jelas lagi, silahkan disimak ya.

Apa Itu Maskara?

Maskara adalah kosmetik yang umumnya digunakan untuk memperindah mata. Fungsinya antara lain untuk mempergelap, mempertebal, memperpanjang dan memperjelas bulu mata. Maskara adalah salah satu kosmetik penting yang dapat menyulap penampilan kamu.

Penggunaan maskara yang tepat dapat secara ampuh membuat mata kamu tampak lebih “hidup”. Maskara bukanlah hanya sekedar kosmetik pelengkap make up saja. Kehadiran maskara sendiri bahkan terkadang penting keberadaannya.

Tahukah kamu siapa pencipta maskara? Eugéne Rimmel adalah seorang ahli parfum asal Perancis sekaligus penemu berbagai kosmetika adalah orang pertama yang menciptakan maskara pada tahun 1830. Penemuannya ini menjadi sangat terkenal hingga kata rimmel di dalam bahasa Perancis, Portugis, Rumania, Turki dan Arab memiliki arti maskara.

Meskipun Rimmel adalah penemu maskara yang pertama, tetapi Tom Lyle Williams seorang pemuda Chicago berusia 19 tahun adalah yang pertama menciptakan maskara modern yang cocok bagi banyak orang. Produknya ini kemudian diberi nama Lash-Brow-ine yang lalu diubah menjadi Maybelline Cake Mascara.

Nama Maybelline sendiri didapat dari kata Vaseline yang merupakan bahan dasar produk tersebut dan nama wanita yang menginspirasinya yaitu Mabel. Mabel sendiri tak lain dan tak bukan adalah saudari dari Williams. Banyak maskara terbuat dari bahan baku bernama guanine yang berasal dari sisik ikan.

Bahan inilah yang membuat maskara menghasilkan kilau pada bulu mata. Orang Mesir Kuno menggunakan kohl untuk menggelapkan bulu matanya. Mereka juga menambahkan madu dan kotoran buaya untuk menjaganya tidak luntur.

Riasan ini adalah kosmetik pertama yang memiliki kemampuan tahan air atau waterproof. Pada tahun 1938, maskara waterproof pertama kali dipasarkan. Tetapi sayangnya kala itu maskara tersebut 50% mengandung turpentine. Beberapa dekade kemudian baru ditemukan kandungan yang lebih baik untuk produk tersebut.

Produk kecantikan yang satu ini susah-susah gampang mengaplikasikannya. Mengapa? Karena salah sedikit kelopak mata atau bagian bawah mata kita bisa sukses menjadi hitam. Dan harus bener-bener dibersihin kalau tidak mau dibilang kurang tidur. Kualitasnya pun harus dijaga karena kalau kering sedikit akan menggumpal dan yang tadinya kita mau membuat bulu mata jadi indah malah jadi tidak enak dilihatnya.

Jika kamu mengalami kesulitan ketika menggunakan maskara, kuncinya adalah dengan membuka mulut kamu dengan lebar. Dengan begitu mata kamu akan lebih sulit untuk berkedip. Jika kamu tidak suka maskara yang menempel hingga ke kelopak mata maka hindari kesalahan ini dengan cara mudah.

Gunakan kartu nama bekas atau sendok plastik di kelopak mata kamu, tepat di atas bulu mata kamu lalu aplikasikan maskara seperti biasa. Dengan cara seperti ini, produk maskara yang berlebih dan menggumpal akan menempel di kartu atau sendok tersebut dan bukannya di kelopak mata.

Untuk tampilan mata yang maksimal, sebaiknya pilih maskara yang cepat kering. Ini adalah salah satu tips yang oke untuk mendapatkan bulu mata yang bagus dalam waktu yang lumayan singkat. Semakin cepat kering maskara, maka semakin kamu bisa lebih cepat mengaplikasikan lapisan berikutnya sehingga akan menghemat waktu kamu dan juga memberi hasil yang sempurna.

Jika kamu ingin maskara menempel dengan awet di bulu mata, maka kamu perlu memberikan sentuhan akhir. Aplikasikan maskara bening setelah kamu mengaplikasikan maskara biasa. Maskara bening akan berperan sebagai pelapis dan membuat maskara lebih tahan lama. Saat ini warna maskara pun beragam, ada yang warna hitam, cokelat, transparan bahkan biru.

Kalau kita bisa menggunakan maskara dengan bagus, keajaibannya akan luar biasa. Maskara bisa membuat bulu mata kita menjadi terlihat lebih tebal, panjang dan indah. Apalagi kalau sebelum mengaplikasikan maskara kita menggunakan pencapit bulu mata. Bulu mata kita pun serasa seperti bulu mata merak, lentik dan indah.

Jenis-Jenis Maskara

Ternyata maskara juga punya jenis dan fungsi yang berbeda-beda loh. Ada tiga jenis fungsi pada maskara seperti yang akan disebutkan di bawah ini:

  • Untuk memanjangkan

Kuas yang digunakan pada maskara jenis ini membuat bentukan sambungan pada ujung bulu mata sehingga kemudian terjadi kesan yang lebih panjang. Hal ini bisa tercipta akibat perkembangan dari teknologi yang semakin maju. Jenis maskara ini cocok untuk kamu yang memiliki bulu mata tebal, baik panjang maupun pendek karena keutamaannya adalah untuk membuat bulu mata terlihat semakin panjang.

  • Untuk menebalkan

Kalau yang ini gunanya untuk menebalkan bulu mata karena maskara ini memiliki kandungan lilin dan silikonnya yang padat mampu menambah volume bulu mata sehingga tampak tebal dan cantik. Namun, kita harus lebih hati-hati dengan pengaplikasian maskara jenis ini. Bulu mata tidak boleh kusut dan cairannya pun tidak boleh menggumpal. Bulu mata yang panjang, tidak lentik dan kurang tebal, cocok menggunakan thickening mascara ini.

  • Waterproof mascara

Sesuai namanya yang tahan air, maka maskara ini pastinya lebih tahan terhadap air (hujan, keringat, air mata) dan terbebas dari luntur selama tidak dipegang atau digosok dengan tangan. Jadi jika memilih mengaplikasikan maskara jenis ini, kamu perlu mengingat bahwa kamu tidak boleh terlalu sering memegang bulu mata atau boleh memegangnya asal sangat berhati-hati. Jenis maskara ini terbuat dari bahan yang memang tidak mudah larut air.

Jenis maskara waterproof sangat cocok untuk wanita yang aktif dan menginginkan maskara lebih tahan lama. Untuk maskara waterproof terkadang memang agak susah untuk membersihkannya. Biasanya meskipun sudah dibersihkan masih meninggalkan kesan hitam-hitam di mata.

  • Untuk melentikkan

Maskara ini fungsinya untuk memberi efek melentikkan bulu mata, yaitu efek mata tampak lebih besar, lebar dan dramatis. Biasanya sikat untuk maskara ini memiliki bentuk yang melengkung karena memang memberikan hasil yang maksimal untuk membuat bulu mata terlihat lebih lentik.

  • Maskara multifungsi

Fungsinya yang lebih dari satu membuat maskara ini bisa menggabungkan beberapa fungsi di atas. Bahkan saat ini banyak maskara yang mengandung cairan yang berfungsi menyehatkan bulu mata.

Fungsi Lain Maskara

Maskara merupakan salah satu produk kecantikan yang wajib dimiliki terutama bagi para perempuan yang memiliki bulu mata tipis dan tidak lentik. Maskara akan membuat bulu mata kita terlihat lebih tebal dan lentik. Tak hanya itu, maskara juga bisa jadi pengganti bagi siapa saja yang tidak menyukai menggunakan bulu mata palsu.

Namun jika menurut kalian maskara hanya bisa digunakan untuk melentikan bulu mata saja, setelah membaca artikel ini pasti kalian akan tahu jika maskara memiliki fungsi lain. Maskara dapat menjadi produk kecantikan dengan banyak kegunaan. Ini dia beberapa kegunaan lain dari maskara:

  • Sebagai eyeliner

Saat terdesak, maskara bisa menggantikan eyeliner gel. Ambil kuas eyeliner, oleskan ujungnya di maskara yang mengumpul di tutup botol lalu gariskan di garis mata. Jika kelopak mata kamu berminyak pilih maskara yang formulanya waterproof.

  • Menebalkan bulu mata dan alis

Minyak jarak digunakan oleh banyak perempuan dengan untuk menumbuhkan rambut mereka. Kamu pun dapat menerapkan hal ini pada bulu mata dan alis kamu. Aplikasikan minyak jarak pada sikat maskara yang telah dibersihkan sebelumnya dan gunakalah pada alis dan bulu mata kamu. Selain dapat menebalkan, minyak jarak dapat membuat bulu mata dan alis lebih kuat dan lebih bersinar.

  • Membuat nail art

Sikat maskara dapat membantu memberikan efek nail art yang menarik yaitu motif abstrak. Mulailah menggunakan warna dasar untuk kuku kamu. Kemudian setelah kering gunakan sikat maskara untuk memberikan warna yang berbeda di atasnya. Kamu bisa membuat motif abstrak atau efek gradasi warna.

  • Gunakan di tas atau sepatu

Ada tanda goresan di tas atau sepatu kamu ? Jika kamu belum sempat memperbaikinya, tutupi tanda gores tersebut dengan maskara yang sewarna dengan warna kulit tas atau sepatu kamu. Maka dari itu jika maskara kamu sudah habis jangan terburu-buru membuang tongkatnya.

Bahaya Yang Timbul Jika Terlalu Sering Memakai Maskara

Pemakaian alat make up yang satu ini terbukti telah membuat pemakainya tampil cantik serta percaya diri, sebab dapat menghasilkan bulu mata yang lentik, lebat serta tajam. Sayangnya di balik kelebihan maskara yang dapat mempercantik penampilan kamu setiap hari, kamu masih harus hati-hati. Pasalnya, pemakaian maskara yang terlalu tidak jarang dapat memunculkan berbagai risiko seperti berikut ini:

  • Bulu mata rontok

Memang terbukti maskara waterproof (tahan air) bikin bulu mata kamu masih sempurna seharian. Tetapi, tahukah kamu apabila pemakaian maskara waterproof setiap hari hanya bakal membikin bulu mata rontok? Hal ini terjadi sebab produk kecantikan yang tahan air mengandung bahan kimia yang menyebabkan bulu mata jadi lebih kaku. Dampaknya ketika dibersihkan, kamu membutuhkan sedikit usaha untuk menghapus bekasnya. Faktor ini berisiko membikin bulu mata lebih rentan rontok.

  • Infeksi

Sebuah studi yang diperbuat oleh International Journal of Cosmetic Science yang meneliti 40 sampel maskara menemukan bahwa 79 persen dari sampel tersebut terkontaminasi bakteri staph yang menyebabkan infeksi staph pada mata. Infeksi staph merupakan infeksi yang dikarenakan oleh bakteri Staphylococcus sp. Gejalanya antara lain timbul ruam alias bisul di area mata alias wajah kamu. Ya, infeksi bakteri ini juga dapat menyebar ke tahap wajah kamu yang lain, tidak hanya area mata.

  • Sarang jamur dan bakteri

Tanpa disadari, tempat maskara kamu adalah lingkungan yang lembap dan gelap, sudah terkontaminasi dengan air mata beserta keringat sehari-sehari yang dipindahkan melalui kuas ke dalam tabung. Lingkungan seperti ini menciptakan tempat yang nyaman bagi bakteri dan jamur untuk tumbuh dan berkembang biak. Sebenarnya tidak hanya maskara, hampir seluruh alat make-up kamu juga berpotensi sebagai tempat perkembangbiakan yang nyaman untuk jamur dan bakteri.

  • Maskara mengandung bahan kimia yang berbahaya

Ada banyak bahan kimia berbahaya yang bisa ditemukan dalam maskara. Namun, beberapa yang paling banyak ditemukan adalah paraben, phtalate, serbuk alumunium dan propilen glikol. Bahan-bahan kimia tersebut berfungsi sebagai bahan pengawet dan mencegah bakteri tumbuh dalam maskara. Sayangnya, mereka juga memiliki dampak negatif pada tubuh.

Misalnya, beberapa jenis paraben diketahui bisa berubah menjadi racun apabila terpapar oleh sinar ultraviolet antara lain metil dan etil paraben yang dapat menyebabkan kerusakan kulit dan penuaan dini. Bahkan penggunaan kosmetik jangka panjang yang mengandung paraben juga dikaitkan dengan peningkatan risiko berbagai jenis kanker.

Apa yang akan terjadi jika maskara terkena mata? Selain perih dan mengganggu penampilan, ternyata ada bahaya kesehatan tersendiri yang mungkin terjadi akibat mata terkena maskara. Mata itu sendiri sudah sangat sensitif. Selain itu, jarak antara bulu mata dengan kornea bisa dibilang sangat tipis yang memungkinkan debu-debu yang tersangkut di antaranya rontok ke bawah termasuk “remahan”tinta maskara.

Tapi tidak hanya pemakaian maskara yang dapat menyebabkan infeksi bakteri di mata. Memakai eyeliner pada garis mata, kadang juga disebut sebagai waterlining bisa mengontaminasi dan menghambat kelenjar mata yang khusus bertugas mengeluarkan minyak untuk melindungi kornea. Kosmetik mata yang masuk ke dalam mata ini baru bisa dibersihkan dalam beberapa jam kemudian. Tak jarang juga partikel yang lama berdiam diri dalam mata kamu bisa menyebabkan mata kering atau mata sensitif.

Tak hanya itu, maskara yang masuk ke mata akan menyebabkan bakteri atau bahan-bahan kimia yang ada dalam make up mata bisa langsung mengenai kornea mata. Hasilnya mata terasa pedih, merah dan berair. Kornea mata yang kecolok sikat maskara juga dapat berisiko tergores dan menyebabkan abrasi kornea. Kondisi ini perlu ditangani oleh dokter mata secara langsung.

Cara Mencairkan Maskara Yang Sudah Kering

Kamu pasti memiliki maskara yang sudah mengering karena terlalu lama tak digunakan padahal masih banyak. Jangan khawatir, kamu bisa memakainya lagi dengan cara mencairkannya kembali. Memang masa pakai kosmetik ini sebaiknya hanya tiga bulan sejak pertama kali di buka. Namun jika masih baik ya tidak apa-apa digunakan kembali bukan? Nah berikut ini tips mencairkannya:

  • Rendam di air panas

Alternatif yang satu ini terbilang mudah dan murah lho. Siapkan saja air panas dalam cangkir, kemudian rendam maskara yang kering. Tunggu beberapa menit lalu lihatlah hasilnya. Maskara yang awalnya kering jadi seperti baru lagi.

  • Lidah buaya

Tanaman lidah buaya mudah ditemukan di sekitar kita. Selain itu, tidak membutuhkan banyak sekali gel lidah buaya untuk mencairkan maskara dan eyeliner yang kering. Cukup satu tetes saja gel lidah buaya, masukkan ke dalam tabung maskara dan eyeliner yang kamu punya kemudian kocok sedikit. Setelah itu lihatlah, maskara dan eyeliner dapat digunakan kembali.

  • Baby oil

Untuk kembali mencairkan maskara dan eyeliner, gunakan saja baby oil. Cukup teteskan dua atau tiga tetes pada tabung maskara dan eyeliner, tutup kembali. Kemudian kocok selama beberapa menit, gumpalan yang bersarang di tabung maskara dan eyeliner akan hilang dalam sekejap.

  • Obat tetes mata

Sama seperti pemakaian pada baby oil di atas. Cukup teteskan beberapa tetes cairan lensa kontak pada tabung maskara dan eyeliner, kemudian kocok beberapa saat. Selain cairan lensa kontak, obat tetes mata juga bisa digunakan lho. Tekstur dari obat tetes mata lebih kental daripada air ini dapat menghilangkan gumpalan-gumpalan yang mengganggu di dalam tabung maskara atau eyeliner dan pastinya cara ini 100% aman.

Nah jika kamu ingin membersihkan maskara yang waterproof, gunakanlah pembersih riasan mata (make up remover). Ada banyak produk di pasaran yang dirancang khusus untuk menghapus maskara anti air. Pembersih riasan mata yang baik akan dapat mengangkat semua lapisan maskara dengan cepat, aman dan efektif. Jika kamu sering menggunakan maskara anti air, maka belilah pembersih riasan mata yang bagus.

Kamu juga bisa menggunakan sampo bayi karena sampo bayi bisa cukup efektif untuk menghapus maskara anti air. Sampo bayi biasanya cukup aman untuk digunakan di sekitar bagian yang sensitif, karena sebagian besar merek sampo bayi bebas pewarna dan pewangi serta hypoallergenic.

Cara lainnya adalah oleskan krim dingin. Gunakan krim dingin untuk menghapus riasan yang sulit dibersihkan seperti maskara anti air. Krim dingin juga bagus untuk menghapus riasan di seluruh wajah. Cuci wajah kamu dengan pembersih wajah biasa, tepuk-tepuk hingga kering dan kemudian oleskan krim dingin sebagai perawatan pendinginan wajah secara mendalam. Biarkan krim meresap ke dalam kulit kamu selama beberapa menit sebelum membersihkannya dengan waslap hangat.

Demikianlah ulasan di atas tersebut ya ladies, tentunya setelah membaca artikel ini kamu akan mendapatkan informasi yang sangat penting bukan? Ya, tentu saja. Nah sekian dulu ya pembahasan kita kali ini, semoga bertemu di artikel selanjutnya. See you bye bye…