Selain Memperindah Rambut, Ternyata Memakai Hair Extension Juga Berisiko

Apa sih yang gak bisa dilakukan di zaman sekarang ini, berbagai macam cara untuk membuat diri makin cantik pun sudah lengkap yang penting ada uang. Nah ngomongin tentang kecantikan, kali ini yang akan kita bahas adalah rambut sambung atau yang sering disebut Hair Extension. Mungkin sebagian orang kurang memahami tentang rambut sambung ini, untuk itu di artikel ini akan kita bahas. Silahkan disimak ya.

Apa Itu Hair Extension?

Hair extension atau rambut sintetis yang dilekatkan pada rambut asli dengan cara tertentu telah menjadi tren hingga beberapa tahun belakangan ini. Sebenarnya jika ditelusuri melalui sejarah, hair extension sudah ada sejak beratus tahun silam. Namun penggunaan hair extension menjadi sangat populer ketika banyak selebriti dan tokoh penting dunia juga menggunakannya.

Dan sampai kini pun masih banyak orang memanfaatkan teknologi tersebut untuk mendapatkan tampilan rambut yang diinginkan. Memiliki rambut yang indah merupakan cara menjaga penampilan diri wanita. Maka dari itu tidak sedikit wanita yang rela mengeluarkan biaya untuk mendapatkan tampilan rambut yang cantik, salah satunya penggunaan hair extension.

Dalam satu atau dua jam saja, rambut pendek kamu bisa terurai indah bagaikan rambut rapunzel. Tak perlu menunggu berbulan-bulan bahkan tahunan agar rambut bisa sepanjang yang kamu impikan. Oleh sebab itu, banyak wanita melakukan hal ini.

Rambut merupakan mahkota untuk kaum perempuan, merawat dan membuatnya lebih indah adalah hal yang utama. Apalagi untuk menunjang penampilan, apapun akan dilakukan agar terlihat indah. Tidak cukup hanya dengan keramas dan creambath tetapi juga dengan pewarnaan serta rebonding, bahkan yang sedang trend belakangan ini adalah hair extensions atau menyambung rambut.

Proses pengerjaannya pun hampir mirip dengan memasang wig. Hanya saja, kalau proses hair extension ini lebih memakan waktu dan lebih sulit. Hair stylist harus melekatkan gabungan dari beberapa helai rambut ektensi pada akar rambut dengan menggunakan keratin. Keratin merupakan protein yang mudah larut secara alami di epidermis dan juga rambut serta akan membuat rambut menjadi lebih kuat dan hasilnya akan terlihat lebih natural. Hair extension mampu bertahan selama 2-5 bulan. Selain itu, kualitas rambut ekstensi dan proses pemasangannya pun juga berpengaruh dengan lamanya ekstensi rambut ini bertahan.

Cara Merawat Hair Extension

Rambut extension memang akan membuat rambut jadi lebih cantik dan bervolume. Tapi, jangan lupa kalau kamu juga harus memperhatikan perawatannya. Hal ini dikarenakan rambut extension memerlukan perawatan yang lebih ekstra. Berikut ini adalah beberapa cara merawat rambut sambung yang baik:

Perhatikan cara keramas

Saat memakai hair extension, kamu tidak bisa merasakan manfaat cuci rambut setiap hari. Kamu tidak bisa sembarangan dengan jadwal keramas ketika menggunakan rambut tambahan ini. Keramaslah secara teratur 3 kali seminggu dengan menggunakan sampo berbahan ringan. Jangan mengucek rambut terlalu keras dan jangan keramas dengan cara menundukkan kepala.

Perhatikan cara bersisir

Gunakan sisir sasak untuk rambut asli dan sisir biasa untuk rambut extension. Jangan menyisir ketika rambut dalam keadaan basah, sisir kedua bagian rambut hanya dengan satu arah agar tidak kusut. Jika kamu salah menyisir, hair extension dapat menjadi penyebab rambut keriting. Ketika menyisir, usahakan jangan sampai mengenai sambungan antara rambut asli dan rambut tambahan karena bisa menyebabkan kerusakan.

Menggunakan kondisioner rambut

Untuk rambut yang di hair extension gunakan kondisioner pada ujung rambutnya saja. Begitu juga jika kamu menggunakan leave-in conditioner, menggunakan kondisioner ataupun leave-in conditioner diperlukan agar hair extension tidak mudah kusut dan tetap berkilau. Namun kondisioner tidak digunakan pada sambungan ring karena akan membuat daya rekatnya berkurang.

Melakukan pengecekan hair extension secara berkala

Meski rambut sudah di-hair extension akan tetapi kamu tetap harus melakukan pengecekan kondisi hair extension kamu secara berkala 1 bulan sampai 1,5 bulan sekali.

Risiko Memakai Hair Extension

Hair extension memberikan kesempatan untuk mendapatkan rambut panjang secara instan, namun jangan melakukan hair extension sebelum mengenali efek samping dan risiko yang harus kalian hadapi ketika melakukan hair extension. Berikut ini adalah risiko jika menggunakan rambut sambung:

Merusak rambut

Salah satu alasan terbesar untuk tidak melakukan hair extension adalah kerusakan yang bisa disebabkan pada rambut. Melakukan extension bisa merusak rambut. Hair extension bisa membuat rambut mudah patah serta menyebabkan kebotakan.

Merusak penampilan

Bisa jadi dengan melakukan hair extension adalah pilihan yang salah. Bagaimana jika kalian tidak cocok dengan rambut panjang dan lebih cantik serta menarik dengan rambut pendek atau tak terlalu panjang.

Alergi pada kulit kepala

Bagi sebagian orang yang memiliki kulit kepala sensitif, hair extension bisa menyebabkan kulit kepala alergi seperti timbulnya penyebab kulit kepala gatal-gatal. Hal tersebut juga dapat terjadi karena kuman atau bakteri yang terdapat pada rambut hair extension dan mengganggu kulit kepala.

Nah, demikianlah penjelasan tentang hair extension di atas tersebut, apa kamu udah cukup memahaminya? Nahselain bisa memperindah penampilan, ternyata menggunakan rambut sambung juga punya risiko lho. So, harus pikir-pikir dulu ya ladies sebelum memakainya takutnya entar yang ada rambut jadi bermasalah.