Cantik Tak Harus Putih, Inilah Keuntungan Memiliki Kulit Sawo Matang

Setiap perempuan pastinya menginginkan kulit yang putih dan mulus dan terkadang sebagian perempuan yang tidak memiliki kulit putih alias sawo matang merasa tidak percaya diri dan menganggap dirinya berbeda. Ya ampun buang jauh-jauh deh pikiran itu, karena cantik itu tidak selalu berkulit putih girls. Kamu harus tau kalau memiliki kulit sawo matang itu ada keuntungannya lho, gak percaya? Yuk, langsung aja check it out.

Cantik Itu Nggak Harus Putih

Tak bisa dipungkiri jika memiliki kulit putih sepertinya masih saja jadi obsesi sebagian besar perempuan di Indonesia. Pasalnya, banyak yang setuju bahwa perempuan berkulit putih dianggap lebih menarik daripada yang berkulit gelap alias sawo matang. Kulit sawo matang itu menjadi ciri khas kaum perempuan Indonesia. Tampilan eksotik dengan kulit sawo matang justru menjadi impian kaum perempuan berkulit putih dari Eropa dan Amerika. Jadi, sekarang tentu sudah waktunya kamu berbangga hati dengan kulit sawo matangmu yang sehat.

Agar kulit sawo matang kamu tetap sehat maka kamu juga harus tetap merawat dan menjaganya. Kulit sawo matang akan terlihat kusam jika dipenuhi oleh kotoran dan sel kulit mati. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu melakukan eksfoliasi kulit secara teratur minimal seminggu sekali. Hal ini akan membuat kulitmu lebih mulus alami meskipun warnanya sawo matang. Gunakan peeling gel atau scrub berbahan alami untuk mempertahankan kelembaban kulit saat eksfoliasi.

Memiliki kulit sawo matang bukan berarti mengabaikan kelembaban kulitmu. Faktanya, kulit sawo matang juga harus selalu dijaga kelembabannya. Gunakan body lotion secara teratur pada pagi dan malam hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kulitmu. Maka kamu tidak akan terganggu lagi oleh kulit yang kering dan pecah-pecah.

Nah satu lagi nih girls, kamu pasti pernah berpikir ngapain takut matahari secara kulit udah berwarna gelap. Hmmm kulit sawo matang memang memiliki daya tahan terhadap sinar UV yang lebih tinggi dibandingkan kulit putih. Tetapi kulit sawo matang tetap butuh perlindungan SPF (Sun Protecting Factor) agar tetap sehat dan lembap. Semakin lama kamu beraktifitas di luar ruangan, maka semakin tinggi pula tingkat SPF yang kulitmu butuhkan.

Untuk masalah baju, tak ada beda dengan cewek yang berkulit putih karena model apapun bisa diaplikasikan ke tubuhmu. Namun satu hal yang wajib diperhatikan adalah soal warna pakaian. Cobalah untuk menghindari warna-warna lembut pastel seperti mauve, rose atau kuning. Pasalnya, warna-warna itu membuat kulitmu semakin terkesan kusam dan kering.

Kamu justru akan tampil mempesona ketika menggunakan pakaian dengan warna hitam, putih, biru, merah, biru lembut, fuchsia, kuning lemon atau pink tua. Warna-warna itu akan menonjolkan warna kulitmu yang eksotis. Kemampuan mix and match pakaian juga tetap perlu untuk memaksimalkan penampilan.

Keuntungan Memiliki Kulit Sawo Matang

Dibalik kulit gelap kamu sebenarnya ada hal yang patut kamu syukuri. Kenapa? Soalnya menurut beberapa penelitian para ahli dermatologi, kulit gelap itu memiliki kekuatan untuk mencegah datangnya penuaan dini berupa keriput. Nah di bawah ini juga keuntungan lainnya untuk kamu yang memiliki kulit sawo matang:

Kulit gelap itu eksotis

Kulit gelap itu eksotis lho girls. Kulit gelapmu punya kilau sehat alami yang harus didapat orang-orang berkulit pucat dengan susah payah. Kalau mereka harus pakai tanning spray atau menggelapkan kulit di salon tanning, sedangkan kamu cukup merawat kecantikan alami kulitmu dengan produk perawatan kulit yang bagus.

Berisiko kecil terserang kanker kulit

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh para ahli, orang berkulit putih memiliki risiko lebih tinggi untuk terserang kanker kulit. Hal tersebut disebabkan karena melanin (pigmen penghasil warna) pada kulit putih berjumlah lebih sedikit dibandingkan kulit berwarna sawo matang. Melanin pada kulit putih yang tipis lebih mudah merusak jaringan sel-sel kulit karena paparan sinar UV. Sedangkan jika kamu berkulit sawo matang, melanin pada kulit kamu akan lebih melindungi sel-selnya dengan baik.

Awet muda

Melanin dalam kulit gelapmu tidak hanya berfungsi melindungi kulit dari kanker, tetapi juga untuk melindungi kulit dari efek merusak sinar ultra violet. Paparan sinar ultra violet bisa membuat kulit mengalami penuaan dini. Jadi jangan malu punya kulit gelap. Justru karena kulit gelapmu itu kamu bisa awet muda lebih lama daripada mereka yang berkulit putih.

Lebih efektif dalam beraktivitas

Kulit sawo matang juga bermanfaat untuk beberapa organ tubuh kamu seperti otak, saraf serta alat indra lainnya yang dapat berfungsi lebih baik. Hal tersebut dipengaruhi oleh banyaknya jumlah melanin yang dapat mengolah radiasi menjadi sumber energi pada tubuh. Tubuh kamu juga akan lebih menjadi sehat sehingga dapat beraktivitas lebih efektif.

Reproduksi lebih baik

Fungsi lain dari melanin yang harus kamu ketahui adalah menyaring sinar ultraviolet yang dapat mencegah kerusakan DNA. Oleh karena itu, kamu yang berkulit sawo matang memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk bereproduksi lebih baik. Selain itu, kamu juga cenderung memiliki risiko yang rendah dalam kasus kelahiran bayi cacat.

Kelebihan melanin membuat tulang kuat

Pemilik kulit sawo matang dipercaya memiliki kesehatan tulang yang lebih kuat. Kenapa? Hal ini dikarenakan karena banyaknya kandungan pigmen yang dimiliki menyimpan cadangan vitamin D3 yang berasal dari matahari lebih banyak daripada kulit yang berwarna putih. Nah, dimasa tua nanti kesehatan tulangmu pun masih prima. Tidak usah khawatir lagi deh mengalami masalah tulang.

Cantik natural

Kamu pun bisa tampil cantik natural tanpa perlu banyak dempulan agar dilirik banyak orang. Kulit sawo matangmu justru punya daya tarik tersendiri lho! Tampilan yang apa adanya membuatmu terlihat lebih cantik alami. Tidak perlu deh make up tebal dan menor, cukup dengan polesan minimalis agar terlihat manis di depan para lelaki.

Artis Yang Tetap PD Dengan Kulit Sawo Matang

Cantik memang tidak harus putih girls, buktinya para artis-artis ini tetap percaya diri dengan kulit sawo matang mereka. Siapa sajakah mereka? Yuk, langsung aja lihat di bawah ini.

Anggun C. Sasmi

Penyanyi legendaris Anggun C. Sasmi pun tidak lepas dari keanggunan kulit sawo matang yang ia miliki. Bagi Anggun, kulit sawo mengidentikkan jati dirinya sebagai orang asia. Di salah satu kutipan wawancara dengan TAnggun mengungkapkan bahwa sebagai perempuan Indonesia harus bangga punya kulit sawo. Tak perlu malu dan minder karena kulit berwarna kecoklatan sebab itulah ciri khas kulit orang Indonesia.

Titi Rajo Bintang

Terkenal dengan keahliannya dalam memainkan beragam alat musik membuat Titi Rajo Bintang kerap dijadikan juri pada ajang pencarian bakat. Selain keahlian bermusik, Titi juga selalu memukau dengan kulit sawo matang pada setiap adegan film yang ia perankan. Tak heran jika di tahun 2008, Titi pernah dinobatkan sebagai pemeran pendatang baru terbaik pada ajang Indonesia Movie Award 2008.

Farah Quinn

Siapa sih yang tidak kenal Farah Quinn? Chef cantik yang terkenal lewat salah satu ajang memasak di televisi nasional ini tampak begitu cantik dengan kulit sawo matangnya. Selain berprestasi dalam bidang memasak, Farah Quinn justru bangga dengan kulit sawo matang yang dimilikinya. Farah mengaku ia merasa lebih eksotis dengan warna kulit warm seperti itu. Ditambah dengan senyumnya yang manis membuat Farah Quinn semakin menarik di pandang, bukan?

Tara Basro

Sejak melejit lewat layar lebar berjudul Srikandi, Tara Basro makin terkenal sebagai salah satu artis Indonesia yang identik dengan kulit sawo matang. Perempuan kelahiran tahun 1990 ini memang sudah sejak kecil memiliki kulit sawo matang. Meski begitu, dengan kulit gelapnya ini Tara berhasil menepis bahwa menjadi seorang public figure tidak selalu berkulit putih. Sebaliknya, Tara sudah mendapatkan banyak tawaran dari Production House untuk membintangi beberapa film.

Kulit sawo matang Tara Basro juga sanggup memikat hati para pria bule. Rahang tegas yang dimilikinya juga semakin menambah pancaran eksotisme penampilannya. Ditambah kualitas akting yang patut diacungi jempol pasti membuat para pria semakin tergila-gila.

Nadine Alexandra

Nadine Alexandra termasuk dalam deretan artis Indonesia yang punya kulit sawo matang. Mantan Puteri Indonesia tahun 2010 memang terkenal hobi traveling juga. Sehingga tak heran jika Nadine yang keturunan Inggris ini kulitnya berubah menjadi lebih coklat. Berkulit gelap tidak membuat Nadine tampak kusam. Sebaliknya, di setiap kesempatan ia berada di layar kaca atau layar lebar ia tetap tampak manis untuk dipandang.

Shanty

Dikenal sebagai VJ MTV dan penyanyi, Shanty tampak percaya diri dengan kulit sawo matangnya. Ia tidak berusaha untuk mengubah warna kulit. Sebaliknya, Shanty justru makin bangga dengan warna kulitnya itu. Shanty mengungkapkan bahwa yang terpenting adalah selalu menjaga dan merawat kulit. Bukan putih atau hitam karena yang terpenting itu adalah kulit kita bersih. Bagi Shanty bersyukur adalah kunci dari kecantikan dalam diri. Apapun warna kulitnya sebagai manusia harus merawatnya dengan baik sebagai tanda syukur atas apa yang diberikan oleh Tuhan.

Prisia Nasution

Coba lihat wajah cantik Prisia Nasution ini, kulit sawo matang dengan senyum khas wanita Indonesia terpancar dari wajahnya. Jadi, tidak heran kalau pesona artis yang jago beladiri ini bisa bikin kaum adam terhipnotis. Pemain FTV dan layar lebar ini selalu terlihat cantik apa adanya. Ia pun jarang mengenakan make up tebal apalagi berniat untuk memutihkan warna kulitnya.

Konsisten mempertahankan warna kulit asli walaupun sawo matang adalah sebuah prinsip. Menjaga dan merawatnya dengan baik menunjukkan jika kita mensyukuri apa yang Tuhan berikan pada diri kita. Cewek yang bisa bangga memiliki kulit sawo matang tentu patut diapresiasi. Sikap ini menunjukkan dia punya karakter dan kepribadian yang lekat dengan rasa percaya dirinya. Tentu saja, cewek-cewek jenis ini yang pastinya akan menjadi cewek idaman banyak pria.

Gimana girls? Masih tetap gak percaya diri juga setelah membaca artikel di atas? Yaelah, kamu itu harus bangga dengan apa yang udah kamu miliki. Karena di luar sana masih banyak orang yang kekurangan fisik tetapi tetap semangat menjalani hidupnya. Nah kamu yang hanya karena memiliki kulit sawo matang aja udah minder. Ya, semoga aja dengan membaca artikel ini kamu bisa berprinsip bahwa cantik itu tidak harus putih dan tetap bersyukur karena memiliki kulit sawo matang. Oke sampai di sini dulu ya girls pembahasan kita, see you….