Bukan Hanya Pelembap Bibir, Ternyata Ini Manfaat Lain Dari Lip Balm

Banyak berbagai produk pelembap bibir, salah satunya lip balm. Kira-kira lip balm tersebut sama gak ya dengan lip gloss? Mungkin sebagian orang belum mengetahui apa sebenarnya perbedaan dari keduanya. Maka dari itu untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Lip Balm?

Lip balm adalah sejenis salep yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah bibir yang kering dan pecah-pecah. Tidak semua lip balm memiliki pewarna dan digunakan sebagai alat kecantikan. Kalau kamu ingin menggunakan lip balm hanya untuk meredakan masalah bibir pecah-pecah, kamu bisa menggunakan lip balm yang lebih tradisional dan tidak berwarna. Ada lip balm dalam bentuk stick yang disebut juga dengan chapstick.

Kandungan lip balm pun berbeda-beda, kebanyakan mengandung vitamin E, SPF ataupun kandungan lain yang dapat mencegah ataupun mengatasi kondisi bibir pecah-pecah. Terkadang di dalam lip balm pun ditambahkan aroma maupun perisa agar nyaman digunakan. Supaya bisa digunakan sebagai kosmetik, kini mereka pun ditambahi pewarna. Tapi, warna lip balm biasanya tidak sepekat pewarna bibir lainnya.

Lalu apa itu lip gloss? Lip gloss lebih identik dengan lipstick atau pewarna bibir. Lip gloss berfungsi membuat bibir tampak lebih penuh, lebih cerah dan segar karena memberi kesan glossy atau mengkilap dan basah. Meski beda fungsi, tetapi kamu bisa mengkombinasikan keduanya. Kamu bisa menggunakan keduanya dalam waktu bersamaan dan jika kamu ingin menciptakan kesan make up natural tanpa lipstik maka aplikasikan lip balm dan lapisi dengan lip gloss.

Fungsi Lain Lip Balm

Selain untuk bibir, sebenarnya ada banyak kegunaan lain dari lip balm. Ya, mungkin yang kamu tahu fungsi lip balm hanya untuk bibir. Namun ternyata dibalik benda kecil tersebut, tersimpan beberapa fungsi lain seperti berikut ini:

Untuk mata

Membuat make up mata terlihat lebih indah bisa dilakukan dengan cara mengaplikasikan lip balm. Pada lipatan kelopak mata, oleskan sedikit lip balm untuk menciptakan kesan bayangan yang unik.

Hair conditioner

Selain untuk bibir, lip balm juga bisa memberikan manfaat lain yaitu sebagai hair conditioner. Caranya gampang, kamu cukup memanaskan sebentar lip balm agar cair. Setelah cair, bisa langsung dioles ke rambut kamu. Lumayan kan sebagai penolong di kala akhir bulan. Saat hair conditioner habis tapi belum ada budget buat beli lagi, sedangkan rambut kering kamu harus tetap dikendalikan.

Untuk siku dan lutut

Bagian yang kering pada tubuh bukan hanya bibir, siku dan lutut atau tumit pun juga begitu. Jadi tidak ada salahnya mengoleskan lip balm di daerah tersebut untuk lebih melembapkan kulit.

Untuk jari

Kutikula pada kuku juga sering tampak kering dan kusam, terutama jika kamu malas pakai body lotion. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Oleskan saja lip balm pada bagian sekitar kuku yang kering.

Mengatasi iritasi

Saat pilek, bukan hanya kepala pusing saja yang kamu rasakan. Kulit di sekitar lubang hidungmu pun akan ikut terasa menyakitkan. Gimana tidak iritasi, kalau setiap saat hidungmu harus diseka saputangan atau tisu. Tapi tenang, kamu bisa mengatasi iritasi dengan mengoleskan lip balm di hidungmu yang terkelupas dan kering tersebut. Cukup oleskan saja 2-3 kali sampai terasa lembap dan tak sakit lagi.

Untuk kaki

Lagi-lagi masalah kulit kering, di mana lagi kalau bukan kaki? Namun jangan khawatir, kegunaan ajaib lip balm lainnya adalah untuk mengatasi masalah itu. Jadi jangan ragu mengoleskan lip balm pada area kaki yang kering.

Sebagai pengganti gel alis

Alis yang terlihat tebal itu idaman hampir setiap cewek dan pensil alis salah satu jalan untuk mendapatkannya. Namun si pensil alis pun punya kekurangan, yaitu mudah luntur saat terkena air atau keringat. Kalau kamu enggan buat touch-up, kamu bisa menggunakan eyebrow gel setelah pensil alis. Tapi kalau kamu juga mau lebih hemat, lip balm-mu bisa jadi pengganti gel alis yang sama baiknya. Tinggal dioleskan tipis-tipis, warna alis pun akan tetap bertahan manis.

Sebagai krim mata

Sifatnya yang menghidrasi secara intens membuat lip balm cocok pula untuk dikenakan sebagai krim mata karena mampu mengoreksi garis-garis halus dan kerutan yang sering muncul di sekitar area tersebut. Akan tetapi, hindari menggunakan lip balm yang mengandung unsur mint.

Menghentikan darah

Inilah kegunaan paling ajaib dari lip balm, apa itu? Ya, menghentikan darah pada luka iris. Jadi ketika jari tak sengaja teriris pisau, segera oleskan lip balm untuk menghentikan aliran darah.

Pengganti lilin

Tiba-tiba mati lampu, tapi tidak ada persedian lilin? Mau ke luar rumah juga tidak bisa, soalnya di luar sana hujan sedang bertandang bersama petir dan angin. Jadi gimana dong? Tidak usah panik. Ambil lip balm punyamu, masukkan batang korek api di tengahnya. Batang korek api inilah yang menjadi pengganti sumbu yang menyerap lilin dari lip balm buat menjaganya tetap terbakar. Memang tidak bisa awet seperti lilin, tapi bisa mengusir gelap untuk sementara.

Ya itulah kurang lebih penjelasan tentang lip balm serta perbedaannya dengan lip gloss. Nah sekarang kamu udah tahu kan kalau ternyata lip balm tidak hanya untuk pelembap bibir saja melainkan banyak fungsi lainnya. Semoga dengan adanya informasi ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk semuanya.